Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Cara Menghasilkan "Cuan" di Media Sosial, Mau Ikutan?

10 Juli 2023   09:58 Diperbarui: 11 Juli 2023   10:51 10816
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media Sosial Penghasil Uang (Photo by BiljaST on Pixabay)


Pengantar dikit dulu ya, boleh kan? Kalau gak dilewati saja langsung ke inti pembahasan, ok?

Setelah lama tidak menulis tentang sosial media atau yang berhubungan dengan IT atau ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) banyak teman bertanya,. Jawabannya singkat saja, itu dahulu kala (kurang lebih 13 tahun yang lalu).

Berbeda dengan keadaan sekarang dengan perkembangan ICT yang brgitu pesat, khususnya Internet yang didalamnya terkat media sosial atau platform lain yang secara visual lebih suka ditonton pengguna untuk memperoleh berbagai informasi yang terkait dengan kebutuhannya.

Mulai dari Tutorial penting, baik tentang mengatasi masalah menggunakan device, review device, troubleshooting, bermacam-macam testimoni tentang manfaat dan kegunaan berbagai jenis perangkat hingga penjelasan mendapat cuan di media sosial juga ada.

Belum lagi dengan tekonologi AI (Artificial Intelligence) yang dkembangkan cukup menajubkan, ya minimal anda bisa menonton video dari platform youtube dari berbagai bahasa tanpa kendala, karena bisa di aktifkan caption untuk sub title dari apa yang dijelaskan.

Ini adalah alasan, saya jarang bahkan sedikit mengulas tentang topik ini. Lagian sekarang, kanal (kategori) yang dahulu sudah berubah saat ini. Paling tidak hanya mereview saja bagian-bagian yang saya anggap penting, sebagai pengingat bila terdapat beberapa hal yang dapat merugikan saat mereka online. Misalnya dalam hal keamanan data, efek buruk dan pengaruh lainnya dalam kehidupan pengguna ICT.

Namun bukan berarti tidak menulis, tidak mengikuti perkembangan yang terkini. Nah kok sekarang nulis lagi? Ada pemicunyanya nih yang membuat saya agak serius melihat lebih jauh perkembangan sosial media, terutama perubahan kebijakan serta fitur barunya yang turut berkembang maju.

Paling tidak dalam beberapa bulan terakhir ini, keinginan menulis dan melakukan penelitian langsung karena dipicu dengan oleh perkembangan yang cukup fantastis dari media sosial TikTok, yang sebenarnya pada awal mengenalnya, saya tidak menaruh perhatian, karena secara subjective memiliki penilaian kurang baik, antara lain memiliki kebijakan yang terlalu bebas, sehingga secara instan user dengan euforia mempertontonkan bagian tumbuh yang terbuka dan tidak ramah bagi anak-anak.

Ternyata, setelah mengetahui perubahan besar, kebijakan di platform atau media sosial TikTok, ternyata benar bahwa kebijakannya menurut saya berubah cukup significant. Aturan-aturan yang dilarang super ketat termasuk perlindungan kepada anak-anak.

Ditambah lagi dengan berbagai fitur yang disediakan kepada pengguna untuk mencari "Cuan" dari media sosial ini. Apalagi menurut sproutsocial.com per maret 2023, merilis berita bahwa TikTok adalah platform dengan pertumbuhan tercepat dengan tingkat pertumbuhan pengguna 100% yang mengejutkan antara tahun 2020 dan 2022.

Seperti yang dilansir juga oleh Stokel-Walker pada 21 Februari 2022 dengan judull "TikTok Wants Longer Videos-Whether You Like It or Not" dan beberpa refernsi lain menjelaskan lebih lanjut bahwa,

TikTok cenderung menarik bagi pengguna yang lebih muda, karena 41% penggunanya berusia antara 16 dan 24 tahun. Orang-orang ini dianggap sebagai Generasi Z . Di antara para pengguna TikTok ini, 90% mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi ini setiap hari. Penggunaan TikTok secara geografis menunjukkan bahwa 43% pengguna baru berasal dari India.

Pada kuartal pertama tahun 2022, terdapat lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan di Amerika Serikat dan 23 juta di Britania Raya. Rata-rata pengguna, setiap hari, menghabiskan 1 jam 25 menit di aplikasi dan membuka TikTok sebanyak 17 kali.

Akibatnya saya menelusuri semua fitur-fiturnya, dan membaca kebijakannya bahkan dalam perlindungan bagi penggunannya. Jujur cukup takcup, apalagi melihat berbagai fitur yang cukup menjanjikan untuk mencari "cuan"

Tau kan "cuan", yang sekarang diaangap sebagai bahasa gaul pengguna sosial media dikalangan generasi muda. Anda boleh seraching diinternet, yang secara umum mengartikan bahwa Cuan adalah kata yang diserap dari bahasa Hokkien yang memiliki arti untung.

Cuan awalnya digunakan oleh orang Hokkian ketika suatu keadaan sedang berpihak padanya. Paling tidak jika diartikan bebas lagi, frasa untung itu dapat diartikan uang. Sehingga dalam pemahaman paling sederhana saya selalu menanggapi pembicaraan dengan kaum muda dengan pemahaman tersebut.

Iya memang, Istilah cuan juga populer di kalangan anak muda sehingga membuatnya menjadi salah satu istilah gaul di dekade ini. Nah, karena cuan telah menjadi istilah gaul, para marketer menggunakan istilah tersebut saat memasarkan produk sehingga relate dengan anak muda.

Nah sekarang kita bahas ke judul nih, selain mencari tahu sendiri dengan membaca dari sumbernya, yaitu masing-masing platform tentang perubahan kebijkan, serta melihat fitur-fitur yang menjanjikan "cuan" tetapi perlu usaha juga.

Menurut Sproutsocial (23/03/2003), analisa mereka dengan mengumpulkan juga sumber analisa yang sama dari situs-situs analisa yang sama yang sebenarnya bertujuan untuk memberikan gambaran kepada investor, pengguna dalam hal pemasaran.

Menurut mereka pada tahun 2023, diperkirakan ada 4,89 miliar total pengguna media sosial di seluruh dunia. Dengan beberapa penjelasan bahwa

  • Jumlah waktu yang dihabiskan pengguna internet di media sosial kini lebih tinggi dari sebelumnya - 151 menit per hari .
  • TikTok adalah platform dengan pertumbuhan tercepat dengan tingkat pertumbuhan pengguna 100% yang mengejutkan antara tahun 2020 dan 2022.
  • Jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia hanya tumbuh 3% YoY dari Januari 2022 hingga Januari 2023 (+137 juta pengguna.)
  • Jumlah rata-rata platform sosial yang digunakan pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun setiap bulan

Nah dengan data itu saja, siapa yang dapat mencari peluang untuk mencari cuan, dari fitur marketing atau bisnis yang ditawarkannya. Ada istilah yang paling saya sukai dalam keadaan seperti ini,

Kabar baiknya: Ada begitu banyak cara menghasilkan uang di media sosial!

Berita buruknya: Ada begitu banyak cara menghasilkan uang di media sosial...

Kenapa ada berita buruknya? Justru itu sama isi berita atau kabarnya? Maksudnya ini sebuah penekanan, bahwa ada sisi baik dan buruknya, saking banyak media sosial yang menawarkan anda untuk mendapatkan keuntungan, tentu saja untuk tujuan ini, anda harus prepare diri anda sendiri, mau libas semua media sosial, atau fokus benar-benar dengan beberapa sosial media saja.

Bagi saya dua cukup, agar anda bisa menguasainya secara baik dan perlu dicatat mencari cuan bukan sesuatu yang mudah juga, anda harus memahami algoritma media sosial tersebut dan berapa kemampuan anda mempengaruhi pengikut atau audiens secara luas sebagai asset penting di dalam pemasaran affliate misalnya.

Nah sekarang di mana anda akan memulai? Mencari nafkah sebagai pencipta, atau user sebagai pengguna dihadapkan dengan strategi dan pola pikir yang harus tepat, tetapi untuk mencari tahu caranya bisa sangat melelahkan.

Beberapa hal, diawal pembahasan perlu dijelaskan sedikit bahwa seperti yang Anda ketahui, media sosial terus berubah. Lantas apa yang berhasil mendorong penjualan dari media sosial saat ini? Bagaimana cara mereka bekerja dengan kreator? Ini salah satu pertanyaan awal

Jadi jangan berpanjang lebar lagi, langsung saja ke kiat-kiat dari judul tulisan ini untuk mencari cuan di media sosial

Ada beberapa cara menghasilkan "cuan" di media sosial sebagai kreator. Nah perlu anda paham dulu jika anda sudah mengikuti program bisnis di sosial media, maka saya boleh menyebut anda sebagai konten kretaor atau disingkat kreator saja. Sekalipun keahliannya hanya menyanyi, ngooceh memberikan motivasi. Entah dengan membuat video untuk diupload nantinya atau secara live. 

Yuk ikuti beberapa kiatnya, paling tidak menurut saya, dan refrensi tambahan yang saya butuhkan.

Pertama, bermitra dengan pemilik merek dagang

Inilah yang dipikirkan kebanyakan orang ketika mereka mendengar "menghasilkan uang di media sosial". Metode OG: Menjadi influencer .

Santai. Itu tidak harus berarti mengambil selfie untuk postingan bersponsor yang menampilkan "teh diet". Anda tidak hanya harus menghindari melakukan itu karena Anda cantik, tetapi juga karena audiens Anda akan melihatnya dari sisi lain juga.

Untuk menjaga integritas Anda, bekerjalah dengan pemilik merek dagang yang:

  • Sesuaikan konten dan kepribadian Anda secara alami
  • Memiliki produk yang benar-benar Anda gunakan

Kemudian Tawarkan nilai kepada audiens Anda. Dengan siapa pun Anda bermitra, pastikan konten di akun media sosial Anda tetap terasa seperti Anda, sesuai dengan keinginan anda dalam artian dengan mengukur kemampuan, waktu yang diluangkan, skill khusus dan konsisten .

Adapun apa yang harus ditagih, itu terserah Anda, tetapi lihat tolok ukur pendapatan influencer ini untuk mendapatkan inspirasi. (coba nanti pelajari lebih lanjut tentang konten bersponsor, alias sponcon. )

Kedua, bergabunglah dengan program afiliasi

Pemasar afiliasi membagikan tautan ke produk atau layanan dan mendapatkan komisi ketika seseorang membeli melalui tautan itu (atau melalui kode kupon unik).

Ada tiga cara untuk memulai pemasaran afiliasi:

  • Bergabung dengan jaringan afiliasi: Ada banyak opsi, seperti Impact dan ShareASale , di mana Anda dapat bergabung dengan beberapa program afiliasi dalam satu jaringan.
  • Bergabunglah dengan program afiliasi perusahaan tertentu: Banyak pemilik merek dagang menjalankan program afiliasi mereka sendiri, yang seringkali membayar lebih baik daripada bergabung melalui jaringan yang lebih besar.
  • Buat hubungan afiliasi khusus: Pembuat konten yang sudah mapan sering kali menegosiasikan tarif dan kontrak khusus dengan merek untuk kemitraan jangka panjang.

Afiliasi pemasaran adalah efek bola salju. Pada awalnya, jika Anda tidak memiliki audiens yang besar, Anda mungkin tidak akan menghasilkan banyak. (Namun, tidak selalu benar!) Berbagi konten afiliasi dari waktu ke waktu akan terbayar, selama Anda fokus melayani audiens Anda terlebih dahulu.

LTK (sebelumnya Like to Know It) adalah salah satu program afiliasi paling populer untuk pembuat mode, Penyajian layanan dimanage dengan rapih, anda dapat berbelanja seluruh pakaian yang tertata rapi. Konten kreator dapat menambahkan item hampir dari mana saja, mendapatkan komisi untuk setiap penjualan, dan LTK menambahkan penafian yang diperlukan FTC di bagian atas,

Perhatikan beberapa aturan penting yang harus diikuti untuk pemasaran afiliasi, hal ini digambarkan secara umum:

  • Selalu ungkapkan tautan Anda. Saat memposting konten yang menampilkan produk afiliasi, jujurlah dan beri tahu audiens Anda bahwa Anda akan mendapat komisi jika mereka membeli. Anda dapat menggunakan tagar seperti #affiliatelink atau #ad. Ini diperlukan oleh FTC .
  • Tidak semuanya harus berupa link afiliasi. Jangan segan untuk merekomendasikan barang favorit Anda jika mereka tidak memiliki program afiliasi. Anda di sini untuk melayani audiens Anda terlebih dahulu, anda harus ingat itu?

Ketiga, mendaftar dalam program monetisasi khusus platform

Platform media sosial membutuhkan pembuat agar pengguna tetap terlibat sehingga merek terus menjalankan iklan.

Oleh karena itu, mereka terus meluncurkan fitur ramah kepada pembuat konten untuk membantu anda menghasilkan lebih banyak uang. Maksud saya, bantu mereka menghasilkan lebih banyak uang dari anda. Paham kan?

Tetapi karena Anda memyukai dan membuat konten, buatlah konten semenarik mungkin dan daftar ke setiap program yang anda bisa lakukan. Kenapa tidak, kan?

Sebagai contoh saya ulas sedikit tentang beberapa media sosial, dimulai dari TikTok kreator

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang di TikTok , termasuk konten bermerek, kiat, hadiah, dan Pasar Pencipta khusus mereka. Dana Pencipta itu sederhana: TikTok membayar Anda untuk penayangan.

Tidak ada salahnya jika Anda memenuhi kriteria kelayakan yang sangat ketat. Patuhi itu dan hasilkan lebih banyak dengan konten yang sudah anda buat.

Untuk Pinterest kreator

Pinterest saat ini sedang menguji program hadiah baru untuk Idea Pins. Mereka juga menawarkan dana berbasis aplikasi yang unik karena dimaksudkan untuk mengangkat kreator yang kurang terwakili.

Program Mitra YouTube

Kombinasi pendapatan tampilan video dan pendapatan iklan parsial berarti pembuat YouTube dapat mulai menghasilkan uang yang layak dengan pemirsa beberapa ribu (atau satu video yang benar-benar viral). Untuk mendaftar program , Anda memerlukan setidaknya mendapatkan kan 1.000 subscriber dengan jam tayang 4.000 waktu nonton yang valid selama 12 bulan.

Ada cara lain untuk menghasilkan uang di YouTube juga, coba anda cari

Langganan (Subscribe) Instagram

Berlangganan memungkinkan Anda untuk menambahkan keanggotaan ke akun Instagram anda. Pengikut dapat membayar biaya dalam aplikasi bulanan untuk mengakses konten eksklusif, yang dapat berupa apa saja mulai dari postingan dan Reel khusus pelanggan hingga obrolan grup, streaming langsung, dan lainnya.

Hal ini Ini pada dasarnya menggabungkan fungsionalitas Patreon tepat di dalam Instagram. Saat ini, Langganan Instagram tersedia untuk kreator yang berbasis di AS.

Tidak perlu khawatir, ada banyak cara lain untuk menghasilkan uang di Instagram ok?

Program Bonus Instagram dan Facebook

Meta menjalankan program bonus yang selalu berubah yang membayar Anda untuk tampilan Instagram Reels , atau mencapai pencapaian lainnya di Facebook . Saat ini, ini adalah program khusus undangan yang tersedia untuk kreator terpilih yang berbasis di AS. Jika Anda memenuhi syarat, Anda akan mendapatkan notifikasi dalam aplikasi untuk mendaftar.

Tingkatkan peluang Anda untuk masuk dengan:

  • Menggunakan Instagram untuk membuat Reels Anda. Instagram mengisyaratkan bahwa pembuat konten yang menggunakan "alat kreatif Instagram" mendapat prioritas.
  • Memproduksi konten secara reel (nyata) atau asli dan positif. Instagram menginginkan penentu tren, bukan pengikut tren.
  • Menghapus tanda air (Watermark/Coyright). 
  • Jangan memposting ulang langsung dari TikTok. Hapus tanda air apa pun dan pastikan kualitas unggahan anda atur degan resolusi dan berkualitas tinggi. 
  • Aktifkan setelan ini di aplikasi dengan memilih menu Pengaturan -> Akun -> Penggunaan data .

Keempat, menjual merchandise

Menghasilkan uang yang layak dari barang dagangan Anda sendiri membutuhkan pengikut yang berdedikasi. Anda tidak membutuhkan satu juta pengikut, tetapi mungkin menginginkan lebih dari, misalnya, 100.

Ada juga pembuatan merchandise yang sebenarnya. Apa yang akan kamu buat? Bagaimana Anda membuatnya-sendiri, atau melakukan outsourcing?

Ada banyak cara untuk melakukan outsourcing produksi pakaian jadi dan hadiah dengan situs seperti Printful . Dan, cara menjualnya dengan toko Etsy atau Shopify .

Kuncinya, selain followers setia, merchandise yang masuk akal. Misalnya, untuk aksesoris teknologi yang diulas (reviewer) teknologi Sara Dietschy cocok dengan slogan mereknya "berima dengan sangat bagus" dan selaras dengan minat audiensnya pada teknologi.

Kelima, buat dan jual e-book atau kursus online

Punya keterampilan untuk mengajar? Diversifikasi penghasilan Anda dengan membuat kursus atau buku Anda sendiri.

Pengalaman Emil Pakarklis yang ingin menjadi lebih baik dalam fotografi. Dia berhasil menaikan pengikut saat dia mengembangkan keterampilannya hanya dengan iPhone. Dia mengubah pengalamannya menjadi kursus. Lebih dari 319.000 orang telah mengikuti Sekolah Fotografi iPhone dengan biaya sekitar $75 USD.

Ia juga memanfaatkan strategi dia dengan menggunakan TikTok untuk mempromosikan kursusnya.

Keenam, selenggarakan acara atau lokakarya

Acara dan lokakarya adalah cara cepat untuk memonetisasi keberadaan media sosial Anda.

Mereka membutuhkan banyak pekerjaan untuk disiapkan dan dipromosikan jika Anda membuat sesuatu dari awal. Namun, Anda dapat merekamnya dan menggunakan konten tersebut untuk banyak hal lain: Memotongnya menjadi banyak postingan media sosial, atau mengubah semuanya menjadi kursus dan menjualnya.

Contoh Ide acara untuk dibuat dan diluncurkan/dipromosikan:

  • Kursus atau lokakarya tatap muka.
  • Webinar online atau presentasi streaming langsung.
  • Penggalangan dana amal dan acara networking.
  • Seminar atau konvensi, bermitra dengan sponsor atau pemilik merek dagang yang dapat anda jangkau

Alternatifnya, ada cara untuk menuai keuntungan dari acara tanpa harus membuatnya sendiri, seperti:

  • Menjadi pembicara berbayar untuk seminar/webinar dan sejenisnya.
  • Podcast dan wawancara media. (Tidak selalu dibayar, tapi bisa.)
  • Mensponsori atau memasang iklan di acara orang lain.

Coba anda berpikir untuk mengadakan acara virtual dengan ide kreatif

Maksimalkan potensi penghasilan anda dengan mengelola semua pemasaran dan publikasi media sosial Anda. Libatkan dan temukan audiens Anda dengan alat inovatif seperti Waktu Terbaik untuk Mempublikasikan dan kotak langsung yang masuk DM terpadu

Cukup kali ya gambaran umumnya, 

Sekarang di akhir tulisan saya mencoba memberi highlight yang perlu anda perhatikan dan pahami dalam mencari "cuan"

  • Anda punya panggilan, ketertarikan, keseriusan ditengah-tengah kesibukan anda?
  • Anda type cepat bosan atau cepat menyerah atau tidak?
  • Perlu anda sadar bahwa untuk mencari cuan, bukan duduk manis saja. Ide kreatifitas bahkan keahlian pengeditan, keahlian bermusik dan bernyanyi membutuhkan perlatan pendukung agar konten live dan video anda menarik perhatian audiensi yang dihubungkan dengan produk yang dipasarkan. (jika tantangannya, sehari anda harus membuat paling tidak 5 konten untuk setiap produk dan mempromosikannya, anda sanggup?).
  • Sehingga perlu dana awal, passion, ide kreatif, waktu dan tidak mudah menyerah.
  • Jangan sekedar ikut-ikutan, belajar dari pakarnya, beli buku panduannya dari mereka yang telah berhasil.
  • Tonton dan baca tips-tips penting cara menambahkan follower (audiens) yang potensial dan bagaimana membuat konten yang baik sesuai kebijakan masing-masing media sosial. Jangan pernah melakukan pelanggaran.
  • Selalu memperhatikan dan membaca perubahan kebijakan setiap media sosial yang kadang berubah tanpa anda sadar.
  • Berdiskusi dengan mereka yang lebih berpengalaman dan lakukan kontak untuk menjalin hubungan baik dengan pemilik merek dagang atau seller, agar anda mendapat contoh produk untuk anda review secara live maupun dengan membuat videonya. Anda juga bisa mendapat potongan harga, sehingga anda dapat menawarkan itu kepada audiens anda, dan mereka akan melirik promosi anda
  • Untuk promosi konten produk affiliate misalnya, dengan punya (anggaplah) toko sendiri dengan produk-produk yang terjangkau dan dibutuhkan audiens, lakukan promosi sekalipun harus mengeluarkan dana tambahan sedikit.
  • Ingat bahwa Media Sosial tidak mau rugi juga, baca istilah saya di atas anda memanfaatkan fitur mereka, anda menghasilkan cuan, mereka juga kecipratan dari upaya anda tersebut. Anda harus menerima ini sebagai konsekwensi
  • Masih banyak fitur mencari cuan yang ditawarkan media sosial, carilah yang cocok untuk anda, khususnya anda memiliki waktu untuk mengelolanya. Sehingga dalam hal ini, anda perlu focus pada fitur yang cocok dengan kondisi anda.
  • Konsisten sebagai kesimpulan point-point di atas, anda harus dapat menjalankannya dengan pilihan dan strategi yang baik, tanpa menganggu kehidupan anda secara nyata.

Mungkin sekian dulu, saya mengulas mencari cuan di media sosial secara umum. Di lain waktu, saya akan membahas mencari cuan untuk beberapa fitur untuk setiap media sosial. Sekalipun sudah banyak ditampilkan dalam artikel dan video berbagi gratis. Karena semua kelihatan mudah, namun dibalik itu banyak kiat-kiat yang meringankan anda serta strategi yang sesuai.

Tentu berdasarkan pengalaman saya terjun langsung menelitinya, maupun mencari sumber refrensi yang dapat dipercaya terutama dari mereka yang telah berhasil di dalam menekuni niat mencari cuan di media sosial.

Ok? Semoga berguna... selanjutnya anda bisa compare dengan refrensi atau sumber lain untuk lebih anda pahami secara baik.

Semoga berhasil....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun