Ketinggalam Kreta rasanya, saya ngebahas hal ini sebenarnya, namun karena beberapa periode waktu yang kurang dalam setahun, ada beberapa pertanyaan yang dilayangkan kepada saya. Lha, udah telat nanya jadinya ngerasa bukan tempat untuk bertanya sebenarnya. Tapi mau apa lagi, sekalipun seharusnya mengulasnya saat dilaunching apalagi saat ditake over Facebook Inc (kini Meta Platforms) harusnya saya sudah dapat mengulasnya. Jadi, ya udah, walau telat, kalau ada yang tertarik ngebacanya. Monggo....
Jika pertanyaan pada judul tulisan ini ditujukan kepada saya pribadi, ada beberapa aspek yang dapat saya evaluasi menurut pendapat pribadi sendiri lho nih. Karena sejatinya, untuk mengevaluasi dan menyampaikan pendapat terkait Instagram, sekalipun saya adalah "penikmat" yang lumayan aktif (jika ada waktu luang) namun  lebih cenderung sebagai hanya menikmati foto-foto dan gambar-gambar alam, bisa saja model (orang) serta foto yang memiliki nilai seni yang cukup baik, namun untuk lebih menggambarkanya secara luas dan komprehensip, terkait peningkatan follower, karena akun saya berstatus "Private", jujur saja saya memiliki keterbatasan. Â
Sehingga rasanya, kurang pas jika, pertanyaan dari beberapa pengguna, dalam meningkatkan follower real, bukan bot atau terkait dengan jasa yang terbukti dapat meningkatkan follower. Ya, mungkin karena saya sangat menjaga privacy saya. Namun dalam hal lain saya mungkin dapat menjawabnya dalam prespektif saya. Jadi judul pada tulisan ini, menjadi pertanyaan yang justru dapat berbalik kepada diri saya sendiri juga.
Oleh karena itu dalam tulisan ini, saya mencoba menggalinya secara umum dan bagian-bagian pentingnya saja, sedikit agak mendalam, baik menurut pengalaman saya, hasil diskusi dan tentu saja dukungan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Semua ini, harus saya jawab dengan jujur dan apa adanya, agak dapat dibedakan pula penilaian diluar dari prespektif saya yang mungkin berbeda dengan orang lain selama menggunakan (tepatnya menikmati) platform ini, Karena dari waktu ke waktu, terdapat perbaikan dan penambahan fitur-fitur yang saya rasa jika digunakan dengan pemahaman dan tujuan yang pasti, dapat bermanfaat bagi pengguannya atau lebih tepat pemilik akun.
Anda pasti sudah mengenalnya lebih baik dari saya, bahwa media sosial ini, kadang disingkat dengan bahasa sehari-hari sebagai IG , Insta , atau Gram seperti dikutip dari sebuah publikasi atau artikel dengan judul "Instagram Stories Sekarang Digunakan oleh 500 Juta Orang Setiap Hari" . yag diterbitkan Social Media Today pada 16 April 2019, mengambarkan instagram sebagai layanan jejaring sosial berbagi foto dan video yang dimiliki oleh perusahaan Amerika Meta Platforms  (saat itu).
Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengunggah media yang dapat diedit dengan filter dan diatur berdasarkan tagar dan penandaan geografis . Posting dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut yang telah "diaprove" sebelumnya untuk jenis Private Account.
Pengguna dapat menelusuri konten pengguna lain berdasarkan tag dan lokasi, melihat konten yang sedang tren, menyukai foto, dan mengikuti pengguna lain untuk menambahkan konten mereka ke feed pribadi
Jika Anda adalah pengguna aktif instgram seperti kebanyakan orang lain, anda mungkin menggunakan Instagram untuk membagikan foto kehidupan sehari-hari anda. Dan jika disi lain anda menggunakannya untuk tujuan bisnis, anda tahu bahwa hal tersebut bisa menjadi alat pemasaran yang ampuh. Karena aplikasi ini sangat visual dan dapat dengan mudah dibagikan kepada audiens kecil.
Inilah kesan saya, menilai bahwa platform ini lebih pas dan menjadi ideal untuk mempromosikan bisnis kecil dan produk khusus. Jadi jika Anda sedang mencari platform media sosial yang dapat membantu bisnis anda untuk berkembang, maka Instagram mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk anda.
OK, saya mencoba menilai dari sudut pandang saya dalam dua penilaian penting. Kelebihan yang benar-benar nyata dapat dimanfaatkan dan kemungkin lain terdapatnya kekeliruan di dalam memanfaatkan platform ini.
Selain kesan pertama yang sudah saya utarakan, namun saya sempat bertanya-tanya ketika Facebook mengambil alih platform ini. Paling tidak seperti yang dilaporkan Oreskovic, Alexei (August 22, 2012). Dengan judul "FTC clears Facebook's acquisition of Instagram". Â Yang diberitakan oleh Reuters. Pada 22 April 2017.
Dimana pada tanggal 9 April 2012, Facebook, Inc. (sekarang Meta Platforms) membeli Instagram seharga $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham, dengan rencana agar perusahaan dikelola secara mandiri. Mungkin sudah melalui perhitungan matang, akhirnya Office of Fair Trading Inggris menyetujui kesepakatan tersebut pada 14 Agustus 2012, sehingga pada 22 Agustus 2012, Komisi Perdagangan Federal di AS menutup penyelidikannya, dan mengizinkan kesepakatan untuk dilanjutkan.
Sehingga pada tanggal 6 September 2012, kesepakatan antara Instagram dan Facebook secara resmi ditutup dengan harga pembelian $300 juta dalam bentuk tunai dan 23 juta lembar saham. Luar biasa... menurut saya dengan bebeberapa pertanyaan
Saya ulas dulu kelebihan dan daya tariknya dulu ya,
Paling tidak Instagram saat ini adalah platform media sosial populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Ini peluang bagus untuk berbagi foto dan video dengan teman dan keluarga, dan memiliki beberapa fitur hebat yang menjadikannya platform media sosial cukup diandalkan.
Dengan pengguna yang cukup besar tersebut maka boleh disimpulkan bahwa platform ini mudah digunakan. Siapa pun dapat mulai menggunakan aplikasi tanpa pengalaman atau pengetahuan sebelumnya. Cukup masuk, buat akun, dan mulai berbagi foto dan video.
Di sisi lain, IG sepertinya dapat dimanfaatkan dengan serbaguna. Platform ini cukup sempurna untuk berbagi foto dan video dengan teman, tetapi juga memiliki fitur lain yang menjadikannya platform media sosial yang baik di kelasnya. Misalnya, anda dapat menggunakan Instagram sebagai cara untuk membagikan pembaruan tentang kehidupan atau pekerjaan anda, atau untuk mempromosikan bisnis atau produk anda.
Hal ini kelihatannya cukup menyenangkan. Menggulir aplikasi adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu sesorang atau pengguna IG di saat online, jadi kemungkinan besar menurut saya pengguannya akan tetap tetap terlibat dengan platform ini untuk jangka waktu yang lebih lama daripada di platform media sosial lainnya "di kelasnya".
Namun bagaimana IG dapat bermanfaat bagi hidup anda? Saya acak saja jawabanya, namun lagi-lagi menurut pendapat saya ya.
Dapat Meningkatan Keterampilan Komunikasi
Salah satu manfaat utama Instagram adalah dapat meningkatkan keterampilan komunikasi. Dengan menggunakannya, pengguna dapat berbagi foto dan video dengan orang lain dengan mudah dan cepat. Hal ini memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih langsung, yang berguna dalam situasi di mana komunikasi verbal sulit atau tidak mungkin dilakukan.
Membangun Portofolio Kreatif
Dengan menggunakan Instagram untuk berbagi foto dan video, pengguna dapat memamerkan karya mereka dalam format yang lebih ramah bagi pengguna dan followernya. Ini dapat membantu orang menemukan peluang kerja atau terhubung dengan klien potensial dengan lebih mudah. Selain itu, dengan menggunakan tagar dan kata kunci relevan lainnya, pengguna dapat lebih mempromosikan karya mereka di platform ini.
Menampilkan Momen Berkesan
Dengan mengambil foto dan video yang mengabadikan momen penting atau berkesan, pengguna dapat membuat kenangan abadi. Ini dapat membantu dalam situasi di mana orang mungkin ingin mengingat suatu peristiwa atau momen dalam hidup mereka. Selain itu, dengan menggunakan tagar, pengguna dapat dengan mudah berbagi kenangan tersebut dengan orang lain.
Berjejaring dalam Membangun Hubungan
Salah satu manfaat utama Instagram adalah dapat membantu orang membangun hubungan dan jaringan. Dengan berbagi konten dengan orang lain, pengguna dapat terhubung dengan orang baru dan mengembangkan persahabatan. Selain itu, dengan menggunakan tagar, pengguna dapat dengan mudah menemukan pengguna lain yang memiliki minat yang sama. Ini dapat membantu pengguna terhubung dengan calon klien atau kolaborator dengan lebih mudah.
Yang disebutkan di atas, mungkin yang dapat anda petik manfaatnya. Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Serius ada? Semua platform media sosial jika keliru menggunakannya, tentu dapat merugikan pengguannya sendiri atau bahasa sederhana, sekedar mencoba, menikmati, bosan lalu mulai meninggalkannya. Saya rasa hal ini juga dapat terjadi pada IG.
Jika merujuk pada SocialBakers, Menurut mereka, tingkat keterlibatan Instagram lebih rendah daripada Facebook dan Twitter. Ini mungkin karena pengguna harus mengambil langkah yang lebih hati-hati untuk berbagi konten di Instagram daripada di platform media sosial lainnya.
Menilik Jangkauan (lebih tepat perhatian khusus) instgaram sebagai daya tarik tersendiri sekalipun penggunannya sekarang cukup tinggi. Sepertinya agak terbatas, mungkin karena aplikasi ini digunakan terutama oleh orang-orang yang sudah terlibat dengan komunitas online, maka jangkauan postingan biasanya terbatas. Misalnya, kiriman di Instagram yang mendapat tanda 20 disukai akan memiliki jangkauan yang jauh lebih kecil daripada kiriman yang mendapat apresiasi yang sama, misalnya 500 diskukai suka di Facebook.
Dari sudut penyesuaian profil, menurut saya  masih rendah jika dibandingkan seperti platform media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter, yang memungkinkan pengguna menyesuaikan profil mereka dengan berbagai cara, Instagram terbatas dalam hal ini.
Lalu Apakah ada Keuntungan dengan instagram untuk Bisnis?
Menurut saya, fitur dari platform ini telah mendapatkan perhatian dalam hal bisnis dalam beberapa tahun terakhir, dan ketika saya mengatakan mungkin banyak, maka hal tersebut memang benar-benar terwujud. Karena kebanyakan orang cenderung mencari produk dan layanan secara online, salah satu langkah pertama adalah mengecek Instagram.
Semua orang tentu saja ingin melihat barang dagangannya terlebih dahulu tanpa harus menghubungi produsennya, jadi memiliki halaman di Instagram bisa sangat membantu mempromosikan bisnis Anda. Tentu saja, anda harus memperbaruinya, atau orang akan berhenti berkunjung. Berikut mungkin beberapa beberapa peluang menggunakan fitur jejaring sosial ini agar dapat menguntungkan bisnis Anda.
Dari segi kemudahan untuk digunakan, maka Instagram mudah digunakan baik untuk akun pribadi maupun bisnis. Antarmukanya sederhana dan lugas, sehingga menjadikannya platform yang ideal untuk memposting pembaruan dan foto.
Platform ini juga terkenal dengan kontennya yang menarik, yang membuatnya sempurna untuk berbagi pembaruan dengan pengikut. Foto dan video bisa pendek dan manis, atau bisa lebih panjang tergantung kebutuhan Anda. Ini membuatnya sangat cocok untuk menyediakan pembaruan informasi yang cepat, serta posting atau artikel blog yang lebih panjang.
Jika kemudiaan anda meanfaatkannya pada saat akun anda sedang Populer, maka Ini berarti bahwa akun anda kemungkinan besar akan memiliki banyak pengikut sejak awal, yang dapat membantu Anda mendapatkan keterpaparan dan membangun hubungan dengan calon pelanggan atau klien.
Sebagai satu fitur pemasaran media sosial maka media sosial ini dapat digunakan untuk mempromosikan merek atau produk Anda dengan berbagai cara.
Anda dapat membagikan gambar dan video di akun anda untuk memberikan wawasan kepada pengikut tentang apa yang Anda lakukan, serta mempromosikan penawaran khusus atau acara yang Anda selenggarakan. Ini dapat membantu meningkatkan jangkauan Anda dan menarik pelanggan baru.
Karena platform ini mengkedepankan konten gambar atau foto  maka Salah satu manfaat utama menggunakannya untuk bisnis adalah menyajikan gambar yangg menarik dan memikat follower atau pengunjung. Karena sebagian besar pengguna memposting foto dan video yang pendek dan manis, mereka bisa sangat efektif dalam mengkomunikasikan pesan anda. Hal ini harus harus dipikirkan dalam membuat konten yang ideal untuk mempromosikan bisnis Anda langsung ke pengikut, serta menghasilkan arahan atau penjualan.
Setelah saya mengulas salah satu fitur IG yang menguntungkan dan mudah sekali digunakan, namun dengan penyajian konten yang baik bagi pemasaran. Mungkin anda akan bertanya apa saja, kiat untuk meningkatkan follower akun anda. Pertanyaan ini sepertinya kurang pas ditanyakan kepada saya, yang memiliki akun private pada IG. Namun saya mencoba menggalinya dari beberpa sumber, minimal dari pengguna aktif yang saya kenal.
Dari hasil pengamatan, evaluasi mungkin terdapat beberapa "kunci" agar akun anda banyak diikuti pengguna real, sekalipun anda bukanlah seorang selebriti, tokoh atau memiliki merk dadang yang terkenal.
Pertama, Gunakan hashtag dengan bijak
Hashtag penting di Instagram karena membantu orang menemukan postingan Anda dengan lebih mudah. Namun, gunakan dengan hemat -- hanya taruh satu atau dua per posting. Dan hindari menggunakan terlalu banyak tagar umum (seperti #sport) yang dapat digunakan oleh siapa saja, bukan hanya pengikut profil Anda.
Kedua, Pastikan gambar Anda beresolusi tinggi
Gambar Anda harus berkualitas tinggi jika Anda ingin orang percaya bahwa mereka melihat hal yang nyata. Jika Anda menggunakan ponsel atau tablet, potret dalam resolusi 1080p atau lebih tinggi untuk hasil terbaik. Jika Anda memotret dengan kamera DSLR atau kamera mirrorless, pertimbangkan untuk menggunakan resolusi hingga 4k untuk kualitas gambar terbaik.
Ketiga, Gunakan judul dan keterangan deskriptif
Judul dan keterangan benar-benar dapat membuat atau menghancurkan posting Instagram -- pastikan bahwa semua yang anda sertakan di keduanya informatif dan bermanfaat bagi pembaca. Ini akan membantu mereka memahami apa yang mereka lihat dan mendorong mereka untuk terus menggulir ke bawah jika ingin melihat lebih banyak!
Keempat, Manfaatkan filter
Filter adalah cara yang bagus untuk menambahkan keseruan dan kepribadian ekstra ke foto Anda -- gunakan dengan hemat, karena terlalu banyak pemfilteran dapat membuat foto terlihat tidak alami.
Kelima, Bagikan foto terbaik Anda terlebih dahulu
Orang lebih cenderung mengikuti merek atau orang yang fotonya paling mereka sukai. Jadi hal yang penting untuk membagikan jepretan terbaik anda terlebih dahulu -- dan pastikan itu adalah gambar berkualitas tinggi yang akan menarik perhatian orang.
Sampai di sini, tibalah saya pada kesimpulan saya pribadi, yang berusaha menyajikan analisa yang mungkin terbatas mengingat saya hanya penikmat dan sekali lagi status akun saya adalah "rivate". Namun mungkin saya dapat menyimpulkan dalam prespektif bebas dari pemikiran saya.
Menurut saya Instagram adalah platform yang cukup menjanjikan untuk beberapa fitur dan untuk beberapa tujuan yang positif apalagi dari kualitas foto yang anda suguhkan termasuk produk. Saya pribadi melihatnya cukup baik untuk terhubung dengan teman dan keluarga, berbagi foto kehidupan anda, dan membangun keberadaan online. Namun, tetap saja jika tidak berhati-hati, semua yang diluar kontrol dan berlebihan justru dapat merugikan anda, sehingga instagaram memiliki kelebihan dan kekurangan.
Pastikan untuk menggunakannya dengan bijak, dan anda bisa mendapatkan keuntungan baik secara pribadi maupun profesional.
Semoga bermanfaat...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H