Tidak peduli bekerja dari rumah maupun kantor, meja kerja yang rapi memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas. Oleh sebab itu, ada beberapa cara menata meja kerja yang nyaman agar memudahkan Anda untuk fokus.Â
Menurut pengalaman pribadi, meja kerja yang tidak terorganisir dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Apalagi jika meja tersebut terlalu dipenuhi dengan barang-barang, tentunya akan membuat Anda gampang terdistraksi.Â
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, saya telah merangkum beberapa tips menata meja kerja agar jadi lebih produktif dan rapi, seperti berikut ini.Â
1. Rapikan Semua Barang
Kerap kali kita meletakkan berbagai macam benda asing di atas meja. Alhasil, meja terlihat penuh dan berantakan. Anda bisa mulai menyimpan barang-barang pada tempatnya dan mengelompokkannya sesuai dengan kegunaan agar lebih mudah untuk dicari ketika dibutuhkan.Â
Anda juga bisa melakukan decluttering pada barang-barang yang tidak  gunakan lagi, sehingga menyisakan space yang lebih luas.Â
2. Sisakan Space Kosong
Ada kalanya kita membutuhkan ruang kosong yang lebih luas untuk mengerjakan pekerjaan kita, seperti ketika ingin menandatangani sebuah dokumen. Untuk itu, pastikan Anda hanya meletakkan benda-benda yang memang Anda butuhkan.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rak dinding atau file box untuk mengorganisir berbagai berkas penting sehingga tidak berceceran dan terlihat rapi.Â
3. Tambahkan Tanaman Hias Artifisial
Tanaman hias tidak hanya bisa diletakkan pada bagian ruang tamu saja. Dengan kehadiran tanaman hias artifisial di atas meja kerja, suasana meja kerja jadi lebih segar.Â
Anda dapat memilih jenis tanaman artifisial sukulen atau berupa tanaman rumput. Namun, bila Anda menginginkan dekorasi yang lebih manis, maka pilihlah jenis bunga artifisial.Â
4. Bersihkan Meja Secara Rutin
Kebersihan meja bukan hanya semata untuk kesehatan, tetapi juga dapat memengaruhi tingkat konsentrasi dan kenyamanan. Bersihkan meja Anda setidaknya 2 kali seminggu agar terbebas dari debu.Â
Anda bisa membersihkannya dengan kain microfiber lembab atau dengan cairan pembersih khusus meja. Jangan lupa juga untuk membersihkan perlengkapan kantor yang lainnya, seperti laptop dan keyboard.Â
5. Gunakan Lampu MejaÂ
Ada kalanya kita bekerja dalam ruangan yang kurang pencahayaan. Inilah yang dapat memengaruhi produktivitas dalam bekerja karena dapat membuat kita cepat mengantuk.Â
Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa menggunakan lampu meja dengan cahaya lampu berwarna putih.
Nah, itu dia 5 tips menata meja kerja untuk meningkatkan produktivitas Anda. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangan jenis kursi kantor yang digunakan untuk menunjang kenyamanan dan kesehatan tubuh dalam bekerja. Semoga bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H