Halo teman-teman saya ingin berbagi cerita tentang pantaun saya, soal dinamika politik hari ini untuk anda-anda semua
Judul yang saya angkat ini adalah penelitian kecil-kecil yang saya pantau selama perjalanan massa kulia S1 saya, hingga alumni dan sering sering juga mengikuti agenda-agenda politik, dengan judul. "Hidupkan Progres Pemasaran Politik".
Oke..mari kita simak bersama, o iya lupa, tolong tetap simak dan rileks membaca...hehe..!!
Kontestasi politik di Indonesia baik pada tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat dari waktu ke waktu semakin seru.
Tingkat persaingan antar peserta pemilu dalam memperebutkan suara pemilih juga semakin ketat,sehingga berbagai jurus baik yang rasional sampai irasional digunakan untuk memenangkan pemilu.
Kompetisi yang semakin ketat itu mengharuskan setiap kandidat maupun partai suda seharusnya lebi meningkatkan progres pemasaran politij politik yang lebih baik, karna tanpa progres strategi pemasaran politik maka bisa dikatakan hasilnya tidak sesuai harapan
Tetapi,jika paham akan strategi pemasaran politiknya, saya yakin hasil tidak akan menghianati proses nantinya
Sekedar di ketahui bahwa,dari strategi pemasaran politik bertujuan untuk mempromosikan seorang atau proyek politik dengan menggunakan model teknik pemasaran sebagai metode atau taktik yang dapat digunakan oleh organisasi politik untuk pencapaian tujuan seseorang maupun bersama
Olehnya itu saya menjelaskan beberapa strategi, sebelum para kandidat maupun tim pemenang yang ingin turun ke lapangan maka perlu adanya pemasaran strategi politik yang matang, sehingga perjuangan yang di jalankan tidak akan sia-sia
Harus di ingat bahwa, paradigma dari konsep strategi politik adalah, Pertama, politik lebih dari sekedar komunikasi politik. Kedua, politik diaplikasikan dalam seluruh proses, tidak hanya terbatas pada kampanye politik, namun juga mencakup bagaimana memformulasikan produk politik.
Nah, saya bagikan beberapa progres strategi pemasaran politik diantaranya
1. Teknik pemasaran
2.Teknik publikasi
3.Penawaran ide dan program
4.Desain produk
5.Serta pemprosesan informasi
Jika hal-hal di atas suda di siapa secara matang, maka saya yakin kepuasaan bertarung pada kanca dunia politik akan memuaskan dan mendatangkan pengaruh yang sangat besar
Adapun itu, secara sederhana progres pemasaran politik berarti, penerapan ilmu dan praktik pemasaran di dalam kehidupan politik.
Karena pemasaran dan politik lahir dari perkawinan antara ilmu Pemasaran dengan ilmu Politik. Perkawinan ini dapat terjadi karena ada titik temu di antara keduanya, yaitu kesamaan pendekatan dan sama-sama menjadikan masyarakat sebagai objek.
Pemasaran merupakan serangkaian usaha berkesinambungan yang terdiri atas kegiatan perencanaan, penyusunan strategi, promosi serta pendistribusian barang dan jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Salah satu prinsip dasar pemasaran ialah adanya pertukaran yang memberikan manfaat bagi para pihak yang berinteraksi.
Sementara itu politik merupakan upaya dan cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki. Tak hanya itu, menurut beberapa pengamat politik di indonesia, diartikan sebagai usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.
Politik menyangkut kegiatan-kegiatan berbagai kelompok, termasuk partai dan perseorangan untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan.
Dalam konteks demokrasi, kekuasaan berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Serupa dengan pemasaran, kehidupan politik juga akan bertambah dinamis jika terdapat kompetisi di dalamnya.
Patut di pahami juga, pemasaran politik bukanlah sekedar kegiatan menjual suatu produk politik kepada masyarakat, sehingga berakhir ketika pemilu selesai. Namun ia merupakan pengelolaan semua aktivitas politik untuk mencapai tujuan yang ditargetkan oleh partai atau tokoh politik , sebelum dan setelah pemilu secara berkesinambungan.
Akhir dari tulisan ini,saya menghimbau pula bahwa, pemasaran politik tidak menjamin sebuah kemenangan, tetapi menyediakan alat untuk menjaga hubungan dengan masyarakat, sehingga dengan pemasaran politik terbangun kepercayaan masyarakat, terbangun loyalitas para pendukung.
Maka sebenarnya, pemasaran politik tidak dibatasi oleh waktu terrtentu, meskipun pada umumnya lebih terkonsentrasi saat penyelenggaraan baik tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun pusat
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI