Selama dua hari pada tanggal 13 hingga 14 September 2017 bertempat di Hotel Neo+ Awana Yogyakarta, UVI Consultant sebagai provider jasa pelatihan bekerja sama dengan BRI pusat menyelenggarakan jasa Internal Communication Aspect for Banking. Komunikasi internal yang sukses merupakan kunci utama dalam perkembangan organisasi atau perusaaan.
Selain ketepatan dalam memberikan informasi dalam waktu yang tepat, teknik melibatkan dan memberikan motivasi terhadap karyawan akan mempengaruhi komunikasi organisasi terhadap pihak eksternal. Keberhasilan proses komunikasi internal tidak hanya dipengaruhi oleh faktor bagaimana komunikasi tersebut dilakukan, melainkan juga bagaimana pimpinan memberikan motivasi terhadap karyawan dan peranan tim manajemen dalam meningkatkan kinerja organisasi.
Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman secara mendalam mengenai proses komunikasi internal organisasi beserta teknik-teknik yang mendukung kesuksesan komunikasi antar personal dalam organisasi sehingga mampu membawa pengaruh yang baik terhadap perkembangan/ kemajuan organisasi atau perusahaan. Setelah menikuti pelatihan ini diaharapkan peserta dapat memahami perkembangan komunikasi internasional saat kini, memahami strategi komunikasi bisnis internasional dan mengetahui problematika komunikasi bisnis internasional.
Materi yang disuguhkan dalam pelatihan ini di antaranya :
Aturan Strategis dalam Komunikasi internal
Prinsip-prinsip change management
Mendefinisikan nilai-nilai organisasi -- Building strategic value
Business Benefits
Mekanisme dalam komunikasi internal: motivasi, meningkatkan produktivitas, transfer knowledge; delegasi, dll.
Model organisasi untuk komunikasi internal
Komunikator internal sebagai pimpinan: Direction the function
Saluran komunikasi internal: face to face, team meetings, online: internet, intranet, dll.
Evaluasi komunikasi internal
Study kasus dan diskusi
Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini yaitu dengan presentasi, diskusi, brain storming, dan case study anatar instruktur dan peserta pelatihan. Nopi yaitu peserta pelatihan ini mengungkapkan kesannya mengenai pelatihan yang telah diikuti.
"Perencanaan UVI Consultant sudah sangat koperatif, pemilihan judul pelatihan yang cocok (bagi klien) dan juga variatif judul-judulnya. Selain itu juga judul yang ditawarkan spesifik serta banyak judul lain yang sangat relevan dengan pekerjaan. Dan kita akan merekomendasikan untuk temna-teman nanti mengambil (kerjasama dengan) di UVI Consultant", ungkap Nopi peserta dari BRI Pusat.
Selain itu Suryo yang juga peserta dari BRI Pusata menyebutkan bahwa agar UVI Consultant dapat meningkatkan lagi pelayanannya. Namun sejauh pelatihan yang telah Suryo ikuti bersama UVI Consultant belum ada yang dirasakan kurang (pelayanannya).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H