Mohon tunggu...
Uunjii Lahh123
Uunjii Lahh123 Mohon Tunggu... Mahasiswa - MENAJEMEN BISNIS syariah

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dasar-Dasar Pemasaran

21 Maret 2024   19:47 Diperbarui: 22 Maret 2024   09:31 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. PENTINGNYA PEMASARAN

Pemasaran sangat penting karena memungkinkan perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan pelanggan, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka. Ini juga membantu dalam memahami pasar dan pesaing, serta menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pemasaran juga adalah salah satu elemen kunci dalam strategi bisnis karena membantu perusahaan mencapai tujuan seperti memperluas pangsa pasar, membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan menjaga kepuasan pelanggan. Tanpa pemasaran yang efektif perusahaan mungkin kesulitan untuk bersaing dan tumbuh di pasar yang kompetitif

2. RUANG LINGKUP PEMASARAN

Ruang lingkup pemasaran meliputi berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan, menjual, mendistribusikan, produk atau layanan mereka kepada pelanggan. Ini termasuk penelitian pasar perencanaan strategi pemasaran. Pengembangan produk penetapan harga promosi distribusi dan manajemen hubungan pelanggan selain itu pemasaran juga melibatkan analisis pesaing identifikasi peluang pasar dan pemahaman perilaku konsumen untuk mencapai tujuan bisnis jadi ruang lingkup pemasaran mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam memperkenalkan, memasarkan, dan menjual produk atau layanan kepada pelanggan ini meliputi penelitian dasar, perkembangan produk, penetapan harga, promos dan promosi rumus, promosi distribusi, manajemen merek, serta analisis dan manajemen hubungan pelanggan.


3. KONSEP-KONSEP DASAR DALAM PEMASARAN

*Orientasi pasar

Yaitu fokus kepada pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan

*Nilai pelanggan

Ya itu menciptakan nilai bagi pelanggan dengan produk atau layanan

*Orientasi produk

Yaitu fokus pada kualitas produk dan inovasi

*Orientasi penjualan

Ya itu memfokuskan pada penjualan dan promosi

*Pemasaran sosial

Yang disebut dengan pemasaran sosial yaitu memperhatikan kepentingan masyarakat dengan lingkungan

*Pemasaran relasional

Yang dimaksud dengan pemasaran relasional adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan

*Pemasaran berbasis nilai

Yaitu pemasaran yang menawarkan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan

Dan setiap konsep memiliki perannya masing-masing dalam membentuk strategi pemasaran yang sukses

4. BAGAIMANA MANAJEMEN PEMASARAN BERUBAH

Terdapat beberapa cara di mana Manajemen pemasaran telah berubah yaitu :

*Pergeseran ke digital

Yaitu pergeseran terjadi peralihan besar dari pemasaran digital dengan fokus kepada plat form online seperti media sosial dan mesin pencari

*Analisis data yang mendalam

Yang dimaksud dengan analisis data yang mendalam yaitu penggunaan analisis data yang lebih canggih untuk memahami perilaku konsumen dan tren pasar

*Personalisasi yang lebih besar

Yang dimaksud dengan personalisasi yang lebih besar adalah upaya yang meningkat untuk personisasi pesan pemasaran dan pengalaman pelanggan dari awal hingga akhir interaksi dengan merek

*Kemitraan dan kolaborasi yang lebih banyak

Kemitraan dan kalobrasi yang lebih banyak adalah lebih banyaknya kemitraan dan kalau beras di antara merek dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran

*Respon terhadap perubahan cepat

Yang dimaksud dengan respon terhadap perubahan cepat yaitu adanya kemampuan untuk merespon trend dan perubahan pasar dengan cepat dan secara fleksibel


5. TUGAS APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MANAJEMEN PEMASARAN YANG BERHASIL.

Tugas yang diperlukan untuk Manajemen pemasaran yang sukses meliputi:

*Terhubung dengan pelanggan

Hal ini dicapai dengan selalu memastikan bahwa anda melacak kebutuhan dan keinginan pelanggan serta menanggapi kekhawatiran mereka tanpa penundaan

*Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran

Strategi pemasaran yang baik membantu menguraikan visi dan tujuan perusahaan dan rencana pemasaran mencakup tindakan yang harus diambil untuk memastikan bahwa anda menerapkan tujuan yang telah ditetapkan

*Menciptakan pertumbuhan jangka panjang yang sukses

Tujuan jangka panjang melibatkan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, laba atas investasi, dan hubungan pelanggan yang kuat untuk memastikan bahwa perusahaan tumbuh dan mempertahankan produktivitasnya

*Memberikan dan mengkomunikasikan nilai

Nilai bagi pelanggan memastikan bahwa pelanggan menerima nilai produk yang mereka minta sehingga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penawaran mereka ke pasar.

Sekian artikel yang saya buat mohon maaf bila ada salah kata mohon dimaafkan karena saya hanyalah manusia biasa

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun