1. PENTINGNYA PEMASARAN
Pemasaran sangat penting karena memungkinkan perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan pelanggan, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka. Ini juga membantu dalam memahami pasar dan pesaing, serta menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pemasaran juga adalah salah satu elemen kunci dalam strategi bisnis karena membantu perusahaan mencapai tujuan seperti memperluas pangsa pasar, membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan menjaga kepuasan pelanggan. Tanpa pemasaran yang efektif perusahaan mungkin kesulitan untuk bersaing dan tumbuh di pasar yang kompetitif
2. RUANG LINGKUP PEMASARAN
Ruang lingkup pemasaran meliputi berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan, menjual, mendistribusikan, produk atau layanan mereka kepada pelanggan. Ini termasuk penelitian pasar perencanaan strategi pemasaran. Pengembangan produk penetapan harga promosi distribusi dan manajemen hubungan pelanggan selain itu pemasaran juga melibatkan analisis pesaing identifikasi peluang pasar dan pemahaman perilaku konsumen untuk mencapai tujuan bisnis jadi ruang lingkup pemasaran mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam memperkenalkan, memasarkan, dan menjual produk atau layanan kepada pelanggan ini meliputi penelitian dasar, perkembangan produk, penetapan harga, promos dan promosi rumus, promosi distribusi, manajemen merek, serta analisis dan manajemen hubungan pelanggan.
3. KONSEP-KONSEP DASAR DALAM PEMASARAN
*Orientasi pasar
Yaitu fokus kepada pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan
*Nilai pelanggan
Ya itu menciptakan nilai bagi pelanggan dengan produk atau layanan
*Orientasi produk
Yaitu fokus pada kualitas produk dan inovasi
*Orientasi penjualan
Ya itu memfokuskan pada penjualan dan promosi
*Pemasaran sosial
Yang disebut dengan pemasaran sosial yaitu memperhatikan kepentingan masyarakat dengan lingkungan
*Pemasaran relasional
Yang dimaksud dengan pemasaran relasional adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan
*Pemasaran berbasis nilai
Yaitu pemasaran yang menawarkan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan
Dan setiap konsep memiliki perannya masing-masing dalam membentuk strategi pemasaran yang sukses
4. BAGAIMANA MANAJEMEN PEMASARAN BERUBAH
Terdapat beberapa cara di mana Manajemen pemasaran telah berubah yaitu :
*Pergeseran ke digital
Yaitu pergeseran terjadi peralihan besar dari pemasaran digital dengan fokus kepada plat form online seperti media sosial dan mesin pencari
*Analisis data yang mendalam
Yang dimaksud dengan analisis data yang mendalam yaitu penggunaan analisis data yang lebih canggih untuk memahami perilaku konsumen dan tren pasar
*Personalisasi yang lebih besar
Yang dimaksud dengan personalisasi yang lebih besar adalah upaya yang meningkat untuk personisasi pesan pemasaran dan pengalaman pelanggan dari awal hingga akhir interaksi dengan merek
*Kemitraan dan kolaborasi yang lebih banyak
Kemitraan dan kalobrasi yang lebih banyak adalah lebih banyaknya kemitraan dan kalau beras di antara merek dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran
*Respon terhadap perubahan cepat
Yang dimaksud dengan respon terhadap perubahan cepat yaitu adanya kemampuan untuk merespon trend dan perubahan pasar dengan cepat dan secara fleksibel
5. TUGAS APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MANAJEMEN PEMASARAN YANG BERHASIL.
Tugas yang diperlukan untuk Manajemen pemasaran yang sukses meliputi:
*Terhubung dengan pelanggan
Hal ini dicapai dengan selalu memastikan bahwa anda melacak kebutuhan dan keinginan pelanggan serta menanggapi kekhawatiran mereka tanpa penundaan
*Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
Strategi pemasaran yang baik membantu menguraikan visi dan tujuan perusahaan dan rencana pemasaran mencakup tindakan yang harus diambil untuk memastikan bahwa anda menerapkan tujuan yang telah ditetapkan
*Menciptakan pertumbuhan jangka panjang yang sukses
Tujuan jangka panjang melibatkan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, laba atas investasi, dan hubungan pelanggan yang kuat untuk memastikan bahwa perusahaan tumbuh dan mempertahankan produktivitasnya
*Memberikan dan mengkomunikasikan nilai
Nilai bagi pelanggan memastikan bahwa pelanggan menerima nilai produk yang mereka minta sehingga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penawaran mereka ke pasar.
Sekian artikel yang saya buat mohon maaf bila ada salah kata mohon dimaafkan karena saya hanyalah manusia biasa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H