Mohon tunggu...
Uswatun Uswatun
Uswatun Uswatun Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi volly ball

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Isu-Isu sosial-emosional di sekolah dasar,seperti Bullyng masalah Dispilin atau interaksi sosial di kelas

18 Januari 2025   06:10 Diperbarui: 18 Januari 2025   06:10 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di sekolah dasar, isu-isu sosial-emosional sering kali berhubungan dengan perkembangan keterampilan sosial dan emosional anak-anak. Pada usia ini, anak-anak mulai membentuk identitas mereka, memahami perasaan mereka, serta belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan otoritas. Oleh karena itu, isu-isu sosial-emosional seperti bullying, masalah disiplin, dan interaksi sosial di kelas dapat muncul dan mempengaruhi perkembangan mereka secara signifikan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai isu-isu tersebut:

1. Bullying

       Bullying atau perundungan adalah salah satu isu sosial-emosional yang sering muncul di sekolah dasar. Bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti fisik, verbal, atau sosial. Anak-anak yang menjadi korban bullying sering kali mengalami dampak psikologis yang serius, termasuk kecemasan, depresi, rendah diri, dan bahkan penurunan prestasi akademik.

 Jenis Bullying yang Sering Terjadi di Sekolah Dasar:

*Bullying Fisik
     Melibatkan kekerasan fisik seperti memukul, menendang, atau mendorong teman sebaya.

*Bullying Verbal
       Menggunakan kata-kata yang menyakitkan, seperti ejekan, penghinaan, atau panggilan nama yang merendahkan.

*Bullying Sosial
   Mengisolasi anak dari kelompok teman sebaya atau menyebarkan gosip atau rumor yang merugikan.

 Dampak Bullying:

    Psikologis Korban bullying dapat merasa takut, cemas, dan rendah diri, yang memengaruhi kesehatan mental dan emosional mereka.

     Sosial Korban bullying sering mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan teman-teman baru atau dalam berinteraksi sosial.

    Akademik Anak-anak yang dibuli mungkin menunjukkan penurunan motivasi atau performa akademik karena stres dan kecemasan.

Penanganan Bullying di Sekolah:

*Edukasi dan Penyuluhan
      Mengedukasi siswa tentang dampak negatif bullying dan pentingnya saling menghormati di kelas.

*Program Anti-Bullying
      Menerapkan program yang melibatkan seluruh komunitas sekolah, termasuk guru, orang tua, dan siswa, untuk mencegah bullying.

*Pendampingan Psikologis
       Memberikan dukungan kepada korban dan pelaku bullying melalui konseling untuk mengatasi masalah yang mendasarinya.

2. Masalah Disiplin
       Masalah disiplin adalah isu sosial-emosional lain yang sering dihadapi oleh guru dan anak-anak di sekolah dasar. Anak-anak pada usia ini masih belajar untuk mengelola perilaku mereka, memahami batasan, serta mengikuti aturan yang ada di lingkungan sekolah.

 Jenis Masalah Disiplin:

   Perilaku Agresif Anak-anak yang sering terlibat dalam perilaku agresif seperti berteriak, menendang, atau memukul teman.

    Mengabaikan Aturan Anak-anak yang sering melanggar aturan kelas, seperti berbicara saat guru berbicara, tidak mengerjakan tugas, atau tidak mengikuti instruksi.

     Keterlambatan atau Ketidakhadiran Anak-anak yang sering terlambat datang ke sekolah atau sering absen tanpa alasan yang jelas.

 Dampak Masalah Disiplin:

      Gangguan Pembelajaran Masalah disiplin dapat mengganggu proses belajar mengajar, tidak hanya bagi individu yang terlibat, tetapi juga bagi teman-teman mereka yang terganggu oleh perilaku tersebut.

    Hubungan Sosial  Anak-anak yang sering bermasalah dengan disiplin cenderung mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan membangun hubungan yang positif.

    Penurunan Kepercayaan Diri Anak-anak yang sering mendapatkan hukuman atau teguran karena masalah disiplin dapat merasa dihukum atau tidak diterima oleh teman-teman dan guru, yang bisa menurunkan rasa percaya diri mereka.

 Penanganan Masalah Disiplin:

*Penguatan Positif
      Memberikan pujian dan penghargaan kepada anak-anak yang menunjukkan perilaku yang baik sebagai cara untuk mendorong kebiasaan positif.
   
*Pembentukan Rutinitas
      Menetapkan aturan yang jelas dan konsisten serta membantu anak-anak untuk mengikuti rutinitas yang dapat mendukung disiplin diri.

*Pendekatan Konstruktif
       Menggunakan pendekatan yang mengutamakan pemahaman dan penyelesaian masalah, bukan hanya hukuman, untuk membantu anak-anak belajar dari kesalahan mereka.

3. Interaksi Sosial di Kelas

     Interaksi sosial yang sehat sangat penting untuk perkembangan sosial-emosional anak-anak di sekolah dasar. Di usia ini, anak-anak belajar tentang empati, kerja sama, berbagi, dan menyelesaikan konflik. Namun, beberapa anak mungkin menghadapi tantangan dalam berinteraksi sosial, baik karena kepribadian mereka, kurangnya keterampilan sosial, atau faktor lain seperti kesulitan dalam beradaptasi dengan teman sebaya.

 Masalah dalam Interaksi Sosial:

Kesulitan Membuat Teman
Beberapa anak mungkin merasa kesulitan untuk membentuk hubungan persahabatan atau berinteraksi dengan teman sebaya.

     Isolasi Sosial Beberapa anak cenderung terisolasi dari kelompok teman sebaya, baik karena perbedaan minat, perilaku, atau kesulitan beradaptasi dengan norma sosial di kelas.

    Penyelesaian Konflik. Anak-anak yang belum mengembangkan keterampilan untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif mungkin terlibat dalam perselisihan atau perkelahian dengan teman-teman mereka.

 Dampak Masalah Interaksi Sosial

     Perasaan Terasing Anak-anak yang kesulitan dalam interaksi sosial dapat merasa kesepian atau terasing, yang dapat memengaruhi kesejahteraan emosional mereka.
   
    Rendahnya Kepercayaan Diri Kegagalan dalam membangun hubungan sosial dapat menurunkan rasa percaya diri anak dan membuat mereka merasa tidak diterima oleh teman-teman sebayanya.

     Masalah Akademik  Interaksi sosial yang buruk dapat berdampak pada konsentrasi anak di kelas dan mengurangi keterlibatan mereka dalam kegiatan belajar.

 Penanganan Masalah Interaksi Sosial:

     Pelatihan Keterampilan Sosial Mengajarkan anak-anak keterampilan sosial seperti cara memulai percakapan, bekerja sama dalam kelompok, atau menyelesaikan konflik dengan teman-teman.

     Fasilitasi Kegiatan Kelompok Mendorong anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan kelompok atau proyek bersama, yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan teman-teman mereka dan membangun hubungan sosial.
   
     Pendekatan Inklusif Menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan mendukung, di mana setiap anak merasa diterima dan dihargai tanpa melihat latar belakang atau perbedaan mereka.

 Kesimpulan

    Isu-isu sosial-emosional di sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin, dan interaksi sosial di kelas, dapat memiliki dampak jangka panjang pada perkembangan anak. Penting bagi guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial-emosional anak-anak, dengan cara mendidik mereka tentang pentingnya empati, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan. Intervensi yang tepat, seperti program anti-bullying, pelatihan keterampilan sosial, dan pendekatan disiplin yang konstruktif, dapat membantu mengatasi masalah-masalah ini dan mendukung perkembangan anak secara lebih holistik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun