Mohon tunggu...
Uswatun Uswatun
Uswatun Uswatun Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi volly ball

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori lev Vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

17 Januari 2025   15:27 Diperbarui: 17 Januari 2025   18:09 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

   Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan, namun keduanya memiliki pandangan yang berbeda mengenai perkembangan sosial dan kognitif.

1. Jean Piaget:
Piaget berfokus pada perkembangan kognitif individu dan bagaimana anak-anak membangun pemahaman tentang dunia melalui interaksi dengan lingkungan mereka. Menurut Piaget, perkembangan kognitif mengikuti urutan yang tetap dan dipengaruhi oleh proses internal seperti skema (kerangka pengetahuan) dan operasi kognitif.

Teori Perkembangan Kognitif Piaget:

     Piaget membagi perkembangan    kognitif menjadi empat tahap utama:

1.Sensori-Motor (0-2 tahun): Anak-anak belajar melalui penginderaan dan gerakan.

2.Pra-Operasional (2-7 tahun): Anak-anak mulai menggunakan simbol dan bahasa, meskipun berpikir mereka masih sangat egosentris.

3.Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir logis mengenai objek yang nyata dan dapat memecahkan masalah konkret.

4.Operasional Formal (12 tahun ke atas): Anak-anak mulai berpikir abstrak dan hipotetis.
 
    Meskipun Piaget lebih fokus pada aspek kognitif, ia juga mengakui bahwa interaksi sosial dapat memengaruhi perkembangan kognitif, terutama dalam tahap-tahap tertentu.

2. Lev Vygotsky:
Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif. Menurutnya, anak-anak belajar tidak hanya melalui eksplorasi individu, tetapi juga melalui komunikasi dan kolaborasi dengan orang dewasa atau teman sebaya. Konsep penting dalam teori Vygotsky adalah Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), yang menggambarkan jarak antara kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas secara mandiri dan kemampuan mereka jika dibantu oleh orang yang lebih terampil.

Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky:

1.Vygotsky berpendapat bahwa bahasa adalah alat utama dalam perkembangan kognitif, karena memungkinkan anak untuk berpikir secara lebih terstruktur dan untuk menginternalisasi pengetahuan sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun