1. Judul Buku Psikologi Pendidikan
2. Identitas Buku
   Judul : Psikologi Pendidikan
   Penulis : Muhibbin Syah
   Terbit : Maret, 2016
   Halaman : 268 halaman
   Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
   ISBN : 979-692-972-6
3. Isi Buku
  Buku ini menjelaskan tentang psikologi pendidikan yang memiliki 2 kandungan pokok yaitu hal belajar dan hal mengajar. Hal-hal pokok tersebut dijadikan inti dari pembahasan dalam buku ini mengingat perannya yang vital dalam setiap pengajaran baik dalam satuan pendidikan sekolah maupun satuan pendidikan luar sekolah. Pembahasan mengenai hal belajar dihubungkan langsung dengan kegiatan siswa saat melakukan proses belajar baik dilingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Sedangkan pembahasan mengenai mengajar dikaitkan dengan kegiatan guru khususnya ketika berada di tengah-tengah proses mengajar belajar.
Hal-hal lain seperti tentang studi psikologi pendidikan dan perkembangan siswa juga dibahas dalam buku ini, namun tetap dalam konteks proses belajar dan mengajar. Dalam hal itu, kedua bidang bahasan tersebut dipandang sebagai bagian-bagian penting yang melandasi pembahasan-pembahasan inti sebagaimana tersebut di muka. Pembahasan yang luas mengenai teori kejiwaan manusia dan teori umum perkembangan manusia yang biasanya dilakukan oleh para penulis buku psikologi pendidikan, begitu juga mengenai teknik dan statistik evaluasi serta bimbingan dan penyuluhan tidak terdapat dalam buku ini.
Dalam buku ini, pembahasan mengenai belajar dan mengajar dengan segala bentuk dan manifestasinya dilakukan dengan aplikasi pendekatan kognitif (cognitive approach). Artinya, setiap topik bahasan mengenai belajar dan mengajar yang melibatkan siswa dan guru itu sebagian besar kalau tidak seluruhnya diuraikan berdasarkan pertimbangan teori-teori dan temuan-temuan riset psikologi kognitif. Ada dua alasan mengapa psikologi kognitif ini diaplikasikan dalam buku ini yaitu pertama psikologi kognitif adalah satu-satunya disiplin psikologi yang dianggap telah sukses dalam memahami mekanisme dasar mengatur perilaku berpikir manusia yang sangat berguna untuk memahami tipe-tipe perilaku lainnya yang dipelajari oleh disiplin ilmu lainnya seperti psikologi belajar, psikologi pendidikan, didaktik dan lain-lain. Yang kedua psikologi kognitif itu sangat dominan pengaruhnya terhadap psikologi pendidikan terutama selama dua dasar warsa terakhir ini, karena semakin diyakininya fungsi kognitif sebagai sumber dan pengendali fungsi-fungsi psikologis lainnya. Namun demikian, tidak berarti bahw pendekatan psikologi lainnya tidak digunakan dalam buku ini. Pendekatan ''behavioristik'' misalnya dipakai dalam menjelaskan alternatif terjadinya peistiwa pembelajaran dalam diri siswa.
4. Keunggulan Buku
   A. Bahasa mudah dipahami. Gaya penulisan Muhibbin Syah sangat jelas, ringkas dan mudah dipahami membuat buku ini mudah ditangkap oleh pelajar dan pendidik yang mungkin tidak memiliki latar belakang psikologi.Â
B. Penerapan praktis, artinya buku ini memberikan banyak contoh praktis dan studi kasus yang menggambarkan bagaimana konsep psikologis dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan.
C. Cangkupan komperehensif. Buku ini mencakup berbagai topik dalam psikologi pendidikan termasuk teori pembelajaran, motivasi, perkembangan kognitif dan manajemen kelas.
D. Konteks Indonesia. Buku ini ditulis dengan konteks Indonesia sehingga relevan dan dapat dikaitkan dengan pendidik dan siswa setempat.
5. Kelemahan Buku
   A. Buku ini lebih fokus teoritis yang menyebabkan pembaca menganggap penekanan gambaran tentang teori-teori psikologi yang telah dijelaskan karena kerangka teoritis yang berat. Hal itu dapat dirasakan bagi pembaca yang mencari penerapan lebih praktis.
B. Kutipan dalam buku ini terbatas untuk mendukung klaim yang dibuat, yang dapat menjadi batasan bagi pembaca yang tertarik untuk mengeksplorasi literatur penelitian lebih lanjut.
C. Beberapa referensi yang dicantumkan dalam buku ini ada beberapa yang sudah ketinggalan zaman, sehingga membatasi relevansi dan kegunaannya bagi pembaca yang tertarik untuk terus mengikuti perkembangan penelitian baru.
D. Pembahasan dalam buku ini terlalu umum, sehingga menyebabkan pembaca menganggap pembahasannya umum dan kurang mendalam, terutama pada bidang yang memerlukan panduan atau saran yang lebih spesifik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H