Mohon tunggu...
Rudy
Rudy Mohon Tunggu... Administrasi - Digital Marketplace Enthusiast

Omnichannel, E-Commerce, and Digital Marketing Enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Money

6 Tips Memaksimalkan Jualan di Marketplace, Online Seller Wajib Tau!

17 Januari 2022   18:24 Diperbarui: 24 Januari 2022   18:36 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

First Impression ketika melihat produk di tokomu dapat menjadi momen penting untuk menarik perhatian customer dan sekaligus meningkatkan penjualan online terutama saat Double Date Campaign yang biasa diadakan di berbagai marketplace/e-commerce.

Double Date Campaign biasanya dilakukan setiap bulan dan menjadi terkenal karena event diskon besar-besaran yang sering diadakan di tanggal dan bulan yang sama seperti 10.10, 11.11, 12.12, dan seterusnya.

Nah, UPFOS ada 7 cara memaksimalkan penjualan di marketplace. Yuk disimak!

1. Judul Produk 

Perhatikan kata kunci yang akan kamu pakai untuk nama produkmu agar mudah dicari. Berikut beberapa kata kunci yang bisa kamu masukan ke dalam judul dan biasanya tergantung dari jenis produk yang kamu jual karena beberapa produk pasti memilik cara penyebutan yang berbeda

  • Nama Produk
  • Ukuran
  • Warna atau motif
  • Bahan
  • Bonus yang ingin dibagikan
  • Bisa COD
  • Dan lain lain

Kamu bisa memasukkan 2 kata kunci atau lebih untuk judul produk dan keterangan singkat dari produknya. Perlu diingat, kata kunci yang singkat dan menarik tentunya akan lebih maksimal. Jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci atau keywords apa yang paling familiar untuk customer.

Contoh:  

[READY STOCK] RASA BARU! KERIPIK SUPER PEDAS RASA BBQ

Tips! > Hindari menggunakan tanggal/nama promosi di judul produk. Misalnya: 1.1, 2.2, 3.3, promo harbolnas, dst.

2. Deskripsi Produk

Deskripsi produk merupakan salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan karena kamu harus memastikan detail, fitur, dan kegunaan produk tertera dengan detail. Jangan sampai kamu mendapatkan complain dari customer karena salah keterangan.

3. Gambar atau Foto Produk

Gambar atau foto produk yang ditampilkan harus menarik dan sesuai dengan judul agar dapat meningkatkan traffic dan reputasi toko dalam jangka panjang. Manfaatkan gambar/foto pendukung yang dapat mendeskripsikan produk secara detail, angle foto produk yang berbeda, atau fitur hingga promosi yang dapat ditampilkan dalam gambar.

4. Perkuat Branding 

Mulai melakukan branding agar tokomu memiliki 'identitas' di marketplace. Mulai dari gaya pengetikan, desain, foto, logo, watermark, dan urutan foto produk, sehingga customer mudah mengenali brand milikmu dan tidak bingung saat berbelanja.

5. Deskripsi Toko dan Strategi Promosi

Setelah mengerti dengan  konsep branding, jangan sampai ketinggalan untuk membuat deskripsi toko yang menarik. Customer pasti akan melakukan riset toko dari produk yang akan dibeli apakah terpercaya atau tidak. 

Kredibilitas brand dapat terlihat dari visual yang kamu suguhkan di tokomu. Jika kamu dapat menggunakan banner promosi yang biasa ada di halaman depan toko marketplace, jangan lupa untuk terus memperbaharui promo dan produkmu setidaknya 1 bulan sekali.

6. Manfaatkan Diskon dan Kupon

Berikan informasi jelas untuk customer mengenai diskon dan kupon promosi yang dapat dipakai customer untuk berbelanja.

Misalnya:

Diskon - Ikuti toko kami dan dapatkan diskon hingga 50%!  

Kupon Promosi - Dapatkan diskon 10k, min. belanja 99k  |  Diskon 20k dengan min. belanja 199k  |  Diskon 35k min. belanja 299k. LIMITED!

Semoga langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas bisa membantu optimisasi tokomu di marketplace apalagi di saat event penting seperti Double Date Campaign. Setiap marketplace memiliki fitur yang berbeda sehingga tahap optimisasi pun bisa berbeda pula dan akan memakan waktu yang cukup lama.

Agar persiapan tokomu di marketplace dapat berjalan dengan lancar, gunakan sistem omnichannel untuk membantu mengelola semua toko dari berbagai marketplace seperti UPFOS yang sudah terhubung ke berbagai platform marketplace ternama di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, JD.ID, Bukalapak , TikTok Shop, Akulaku, dan Webstore Shopify. UPFOS juga menyediakan fitur manajemen lengkap untuk membantu para pemilik bisnis online untuk mengelola pesanan, toko, produk, stok barang, hinga customer relations hanya dalam satu dasbor.

Good Luck!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun