Mohon tunggu...
Unzilatul Fithri
Unzilatul Fithri Mohon Tunggu... Lainnya - Unzilatul Fithri Maulidyah

Bismillah🙃 lillahita'alah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Dasar Strategi Pembelajaran

14 Februari 2022   14:17 Diperbarui: 14 Februari 2022   14:19 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konsep dasar strategi pembelajaran

Konsep dasar strategi pembelajaran ini merupakan suatu landasan untuk melakukan kegiatan belajar maupun mengajar dalam rangka mencapai sasaran yang sudah di tentukan, selain itu strategi merupakan suatu pola- pola umum yang di lakukan oleh guru, murid dalam mewujutkan suatu keberhasilan. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif, guru dituntut agar mampu mengelola proses pembelajaran yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga ia mau dan mampu belajar. Untuk bisa belajar efektif setiap orang perlu mengetahui apa arti belajar sesungguhnya. Belajar adalah sebuah tindakan aktif untuk memahami dan mengalami sesuatu. Pembelajaran yang efektif dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang berhasil mencapai tujuan belajar p eserta didik sebagaimana yang diharapkan oleh guru 

Adapun Model pembelajaran efektif, mencakup empat hal pokok yaitu: 

1.kualitas pembelajaran

Yang di maksud dengan kualitas pembelajaran yaitu intensitas antara murid dengan guru serta dalam media pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang maksimal, oleh karena itu kita sebagai orang tua bisa memberikan fasilitas dengan kualitas pembelajaran yang efektif. 

2.tingkat pembelajaran yang memadai

tingkatan ini merujuk pada seberapa guru yakin dalam mendidik seorang anak yang siap untuk belajar, yang pada intinya guru harus lebih leluasa mengetahu suatu hal yang bisa di anggap oleh siswa adalah temuan terbaru mereka, jadi sebelum- sebelumnya mereka belom pernah melakukan hal tersebut. 

3.Ganjaran

Yang di maksud dengan ganjaran yaitu prilaku yang baik kepada anak didik, seperti pujian yang baik dari imbalan materi yang kita sampaikan kepada anak-anak.  

4.waktu.

Yang di maksud waktu dalam model pembelajaran yang efektif yaitu, guru dapat meluangkat waktu untuk anak-anak bertanya ataupun menjawab apa yang sedang kita bahas dalam pembelajaran tersebut, nah hal itu dapat menunjukan kepercayaan diri seorang anak untuk berani bertanya maupun berani menjawab meskipun salah atau benar. 

Tujuan STRATEGI adalah suatu rencana yang akan digunakan, untuk mencapai Tujuan, sewgala sesuatu yang sebelumnya di lakukan oleh guru, guru dapat menyusun atau merancang sebuah strategi yang akan nantinya d lakukan untuk model pembelajaran bagi anak. 

 Selain itu ada juga DESAIN PEMBELAJARAN merupakan ilmu untuk menciptakan spesifikasi pengembangan, pelaksanaan, penilaian, serta pengelolaan situasi yang memberikan fasilitas pelayanan pembelajaran dalam skala makro dan mikro untuk berbagai mata pelajaran pada berbagai tingkatan kompleksitas.METODE PEMBELAJARAN lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan tertentu, 

TEKNIK PEMBELAJARAN adalah cara yang digunakan, yang bersifat Implementatif, atau prilaku yang di lakukan oleh seorang guru untuk melakukan sebuah pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun