Mohon tunggu...
Rohmatul Khasanah
Rohmatul Khasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNNES

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peduli UMKM, Mahasiswa UNNES GIAT 3 Sosialisasikan Pemasaran Menggunakan Media Sosial di Desa Kenalan

5 Desember 2022   23:25 Diperbarui: 5 Desember 2022   23:41 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan sosialisasi terkait pemasaran digital yang dilakukan oleh MAHASISWA UNNES Giat 3 Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sab/dokpri

Kab Magelang -- Peduli dengan potensi produk UMKM yang ada, mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Kenalan mengadakan sosialisasi terkait pemasaran produk secara online beserta cara membuat tampilan produk yang lebih menarik untuk dipasarkan ke masyarakat online.

Sosialisasi ini dilakukan di balai pertemuan Desa Kenalan dan diikuti oleh para pelaku UMKM yang tersebar di 7 (tujuh) dusun di Desa Kenalan. Pelaku UMKM yang terlibat berasal dari berbagai jenis usaha seperti pembuatan selondok, usaha pembuatan roti kering, penjahit, tukang las, dll.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa mayoritas masyarakat Desa Kenalan merupapan seorang pekebun khususnya pada jenis ketela pohon. Ketela phon sendiri tumbuh subur pada tempat dengan ketinggian antara 10 -- 1.500 mpdl, struktur tanah gembur dan subur, suhunya tidak lebih dari 10 derajat, serta minimal mendapatkan sinar matahari selama 10 jam. Sehingga tidak heran di wilayah Desa Kenalan banyak tumbuh tanaman ketela pohon yang kemudoan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi makanan khas lokal setempat berupa selondok.

Dalam pemasarannya selama ini dilakukan secara tradisional yang biasanya dititipkan di toko -- toko maupun dipasarkan di pasar. Untuk meluaskan pemasaran produk lokal mahasiswa UNNES Giat 3 melakukan sosialisasi dengan judul "Sosialisasi Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM".

Dalam sambutannya, Adrian Maulana menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memajukan UMKM Desa Kenalan dengan meningkatkan penjualan produk melalui Penjualan di Sosial Media sehingga harapannya pembeli dapat berasal dari luar Desa Kenalan.

"Harapannya dengan diadakannya sosialisasi ini, pelaku UMKM mendapatkan konsumen dengan jangkauan lebih luas sehingga pembeli tidak hanya masyarakan lokal Magelang saja dan mampu mengenalkan produk lokal masyarakat ke target pasar yang lebih luas" kata Adrian dalam sambutannya, Sabtu (26/11/2022).

Materi yang disampaikan yaitu berupa Sosial Media Marketing (SMM) dimulai dari  pengertian, manfaat, strategi pemasaran, serta tips serta trik dalam SMM. Selai itu pelaku UMKM dikenalkan dengan salah satu website yang dapat digunakan sebagai penunjang dari tampilan yang akan dipasang ke sosial media.

Pemaparan materi oleh narasumber/dokpri
Pemaparan materi oleh narasumber/dokpri

"Materi ini dipilih agar masyarakat lebih mengenal apa itu SMM serta manfaatnya bagi usaha mereka" tukas Nadzifa mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer selaku pemateri dalam sosialisasi tersebut.

Penulis : Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kab Magelang

DPL : Pratama Bayu Widagdo, S.Sn., M.Ds

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun