Ada yang tahu kepanjangan Bengkel AHASS? Mungkin seperti saya dua puluh tahun lalu, tidak tahu apa kepanjangannya, namun tau banget kalau itu adalah bengkel resmi motor Honda milik saya yang baru saja dibeli awal tahun 2000an ketika baru masuk kuliah.
Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) itulah nama resminya. Nama AHASS memang sudah terpatri. Ciri khas bengkel dengan nuansa putih dan merah sudah menjadi ikon pertanda tersendiri untuk mencari solusi baik service berkala maupun kendala lain terkait motor Honda.
Apalagi, Honda, lengkapnya di Indonesia Astra Honda Motor (AHM) merupakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) pertama yang dapat dikatakan pelopor roda dua Jepang di Indonesia. Sejak tahun 1971, saat itu bernama PT Federal Motor.
Perjalanan Menjadi yang Terbaik
Dulu, Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponen-komponennya dibawa ke Indonesia secara gelondongan yang dipisah-pisah atau disebut CKD (Completely Knock Down) dan dirakit kembali di Indonesia, di pabrik Cikarang.
Sejak 2010, saya ingat betul, ada tagline "One Heart" atau Satu Hati sebagai filosofi perusahaan AHM. Di periode inilah teknologi PGM-Fi alias fuel injection diterapkan di semua lini sepeda motor secara bertahap.
Dengan penjualan tertinggi setiap tahun di Indonesia hingga tahun ini dibanding para pesaing lainnya, penambahan empat pabrik menandai kapasitas yang signifikan dalam produksi motor Honda di Indonesia. Tentu ini karena tingginya permintaan masyarakat untuk membeli motor Honda.
Produksi sepeda motor ke 50 juta pada tahun 2015 menandai kegemilangan yang tak hanya di Indonesia, tapi juga tertinggi se-ASEAN. Pada tahun yang sama, AHM yang dulunya mengimpor CKD, kini mengekspor pula ke pasaran mancanegara yaitu Filipina dengan perdana ekspor Honda BeAT.
Selain itu, keberadaan bengkel AHASS menyediakan layanan pendukung dan sumber daya mekanik handal yang mampu mereparasi motor dengan teknologi terbaru Honda berinjeksi maupun motor-motor lama sehingga tetap tampil prima, "kuat" dan "tahan lama".
Hingga kemudian, tak hanya satu pabrik, empat pabrik telah dibangun di Cikarang dan ribuan bengkel AHASS tersebar di seluruh Indonesia, berjumlah 5.539 bengkel dan dealer. Hampir satu kecamatan, satu bengkel AHASS!
Mengapa, Sih, Harus AHASS
Di Indonesia, AHASS menjadi salah satu langganan dan brand lain dari setiap pemilik motor Honda. Bahkan bukan hanya pemilik motor Honda, tapi pecinta otomotif pasti mengenal AHASS dan bengkel merah putihnya. Seiring dengan meningkatnya penggunaan motor Honda sebagai merek yang paling banyak dicintai masyarakat dan dipercaya menjadi tunggangan kemana saja, medan apa saja, dan keperluan apapun.
Merah putih bengkel ini menjadi jaminan untuk layanan purna jual raksasa industri motor pertama di Indonesia ini. Hingga saat ini, berkibarnya Honda dan kualitasnya, dengan tak terkalahkan dalam penjualan roda dua bertahun-tahun di Indonesia menjadi buktinya.
Dukungan AHASS sebagai bengkel dan layanan purna jual terpercaya menjadi salah satu faktor penentu dari laris manisnya motor Honda di Indonesia. Tentu, selain merek yang memang berkualitas, jaminan layanan service dan spare part orisinil "Honda Genuine Parts" yang terjangkau menjadi andalannya.
Apalagi, mekanik bengkel AHASS memiliki keterampilan yang komprehensif dengan pelatihan yang berjenjang. Penulis sendiri memiliki pengalaman panjang dengan Honda dan Bengkel AHASS. Paling tidak, motor yang sampai saat artikel ini ditulis, setia menemani dari tahun 2006 ketika baru dibeli, hingga sekarang masih berfungsi dengan baik. Tentu, selain kualitas Honda, peranan bengkel AHASS dalam perawatan menjadi salah satu faktornya.
Tentu saja, dukungan Bengkel AHASS harus siap dalam menjemput layanan purna jual dari motor-motor canggih misalnya motor listrik yang mungkin bakal menjadi primadona ke depan seperti Honda EM1e. Selain motor-motor long lasting yang tentu masih dipakai oleh masyarakat luas seperti saya. Motor kedua saya pun, yang matic, juga Honda dan saya percayakan di bengkel AHASS.
Ada beberapa alasan lainnya. Selain pemakaian Honda Genuine Parts yang terjangkau dan service gratis berkala untuk motor baru, ada faktor penting yaitu sumber daya manusianya. Ya, sepengalaman saya, dan pastinya banyak orang, rata-rata mekanik AHASS memiliki kemampuan yang mumpuni, karena terlatih dengan detail di produk Honda.
Sebab, sebagai bengkel resmi "Astra Honda Authorized Service Station", semua prosedur standar operasional (SOP) juga menjadi bagian dari kinerja tim mekanik. Diagnosa kerusakan mengikuti SOP dan analisis problem dari motor yang masuk bengkel juga sudah seperti di luar kepala, karena pengalaman yang banyak.
Masih kurang yakin, khawatir dengan mekanik yang "hijau"? Nah, saya pribadi sering melihat di bengkel AHASS, ada biasanya pajangan prosedur service alias SOP, maupun level keahlian dari mekanik. Ada tingkatannya dan ada pelatihan berjenjangnya. Ada "medalinya". Ini nggak ada di bengkel umum. Dan ini garansi.
Inilah yang membuat saya selalu yakin ke AHASS. Bukan mekanik abal-abal yang diterima namun mekanik AHASS memiliki kemampuan dasar dan analitik. Serta problem solving yang didasari dari pengetahuan basic dan pengalaman mekanik.
Terbukti, dengan selalu ke bengkel AHASS, kinerja motor saya masih bagus hingga sekarang. Motor lama SUPRA X 125 tahun 2006 saya mampu untuk "kuat dan tahan lama" sedangkan motor baru PCX yang matic kedua saya juga memuaskan dan selalu berkinerja prima. Suwer, ini pengalaman jujurly!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H