"Apakah ada bonus bagi saya, apabila saya mereferensikan asuransi ini ke teman-teman saya?"
Kurang lebih, begitu pertanyaan malu-malu saya, ketika mendaftar asuransi saat berkuliah di negeri eropa sekian tahun lalu. Ya, sebagai mahasiswa rantau di luar negeri, kadang memang membutuhkan beberapa aktivitas bekerja paruh waktu, dalam rangka mendapatkan tambahan untuk hidup "layak" karena beasiswa yang pas-pasan. Jadi, kalau ada peluang untuk dapat tambahan, tentu mau dicoba.
Perempuan yang melayani saya dalam mendaftar tersenyum. "Tidak ada, karena semua asuransi kan memang wajib untuk semua orang. Memilih asuransi yang mana, itu yang perlu dipertimbangkan".
Melongo sekaligus malu saat itu haha. Bahkan, Anda akan di-charge apabila "merepotkan" pegawai bank mengurus detil yang dibutuhkan, apabila ternyata layanan online-nya sudah sedemikian mudah.Â
Ketika awal-awal mengurus rekening langsung ke bank karena malas klik-klik, saya mendapati sejumlah tarikan dana dari pihak bank pada saat saya selesai "konsultasi" dengan CS di Bank. Kudu online, cuy.
Serba Online Cari Asuransi
Gaya hidup serba online saat dan nanti pasca COVID-19 tentu membuat masyarakat Indonesia juga menginginkan semua yang serba cepat, namun juga terjamin keamanannya. Apalagi, tingkat literasi digital makin meningkat.Â
Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika dari hasil survey literasi digital, "Indeks literasi digital belum mencapai skor "baik" (4.00), baru sedikit di atas "sedang" (3.00)". Sumbangsih skor tinggi diperoleh dari kemampuan teknologi dan keamanan dari masyarakat, sedangkan tercatat literasi data paling rendah skornya.
Pertanyaannya, apa saja sih yang kita harapkan dari menggunakan cara online untuk pembelian asuransi? Oke, mulai dari harga terjangkau, akses, produk atau layanannya tersedia secara digital, banyak alternatif pilihan yang fleksibel. Hmm, Sepakat? Lalu, apakah ada produk asuransi yang "full online" dengan segala harapan tersebut?Â
Nah salah satu penyedia utama asuransi yang sudah dipercaya banyak masyarakat global dunia karena reputasinya adalah Allianz. Saya tahu persis karena saya dulu ketika studi juga memercayakan asuransi saya kepada Allianz, termasuk asuransi perjalanan pesawat dari Indonesia ke Eropa saat itu. Aduhai, jadi nostalgia!
Kabar baiknya nih, Allianz Indonesia meluncurkan Asuransi Online dari Allianz OptimAll, portal distribusi asuransi digital yang menyediakan berbagai pilihan produk asuransi yang beragam dari Allianz untuk masyarakat. Sangat memudahkan, sesuai reputasi perusahaan asuransi dan jasa finansial, Allianz SE yang bermarkas pusat di Jerman ini.
Lebih OptimAll untuk Milenial
Portal ini mudah diakses dimanapun, kapan saja, tanpa harus datang menemui sales, transaksi di Internet menjamin kecepatan layanan. Kurang lebih 10 menit, kita bisa selesai membeli asuransi pilihan, dan nanti polis dalam bentuk elektronik akan dikirimkan secara langsung kepada nasabah melalui e-mail. Ini milenial banget sih. Gue banget.
Untuk keamanan, sesuai survey Kominfo yang dikutip diawal, masyarakat sudah "aware" jadi faktor penting ini perlu jelas nih. Nama besar Allianz yang memiliki DNA Eropa merupakan jaminan mutu, karena eropa memiliki standard proteksi data tinggi yang mengikat yaitu General Data Protection Regulation (GDPR) yang menjadi rujukan seluruh dunia. Untuk Indonesia, Allianz OptimAll juga telah tersertifikasi ISO 27001:2013.Â
Dengan pembayaran mulai Rp 200.000 perbulan dengan beragam cara membayar, baik melalui virtual account, kartu kredit, serta pembayaran digital memanfaatkan dompet digital pun sudah ada, cocok dengan kultur digital kita kan?
Ternyata, Allianz Life Indonesia telah mendapatkan penghargaan Indonesia Excellent Millennial's Brand Choice 2021 dengan menumpuk skor terbaik pada kategori inovasi, reputasi dan advertising. Pilihan milenial bener ini.Â
Percaya Allianz sudah pasti, Menjadi OptimAll sudah saatnya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H