Melihat potensi UMKM yang bisa dikembangkan di desa Candinegoro, Wonoayu, KKN T 19 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan Seminar Bisnis Strategi Digital Marketing.
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN di bidang ekonomi untuk meningkatkan profitabilitas UMKM Candinegoro. Seminar ini dilaksanakan di Aula Panti Asuhan Al-Insan, yang terletak di dusun Dermo Candi, Candinegoro, Wonoayu, Sidoarjo.
Baca juga: Dukung UMKM Naik Kelas, Umsida Tuntaskan 5 Pelatihan
Seminar mengenai urgensi pemasaran digital ini dirasa perlu dilaksanakan dan disampaikan karena mengingat zaman yang semakin berkembang, integrasi antara semua bidang kehidupan dengan jejaring internet kini tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.Â
Selain dapat menghasilkan keuntungan yang lebih, cakupan atau persebaran produknya pun akan semakin luas. Selain itu, pemilik usaha dapat menyesuaikan terhadap perkembangan zaman.Â
Seminar strategi digital marketing
Urgensi strategi digital marketing yang disampaikan oleh Fauzan SKom MKom selaku dosen Informatika Umsida sekaligus Founder LACI Point of Sale sistem kasir. Adapun seminar bisnis ini dihadiri oleh para anggota ranting Aisyiyah Candinegoro.Â
Informasi yang disampaikan ialah strategi apa yang dilakukan dalam memperkenalkan produk agar mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat serta dalam meningkatkan profit bisnis tersebut.Â
Dalam mewujudkan profit yang terarah, Fauzan memberikan pengarahan tentang penggunaan aplikasi LACI, untuk memudahkan pelaku UMKM dalam pengolahan pelaporan keuangan. Selain itu, Pak Fauzan memaparkan bagaimana cara penggunaan aplikasi LACI secara efektif dan efisien. Â
"Penggunaan LACI dapat mempengaruhi profit serta safety penghasilan pada penjualan produk," kata Fauzan.
Selain itu, lanjutnya, penggunaan LACI dapat digunakan untuk masyarakat luas karena aplikasi LACI ini mudah didapatkan dengan mengunduh Aplikasi tersebut di Play Store.Â