Mohon tunggu...
Umi Salamah
Umi Salamah Mohon Tunggu... -

Nama lengkap Umi Salamah. "Umi" napang saya. Kegiatan rutinitasku saat ini menjadi mahasiswa UNS Transfer S1 angkatan 2010 semester V/D. Selain itu, saya juga mencari pengalaman baru dan ilmu di Tamanwinangun 1 Elementary School.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KD 2. IRAMA AND MELODI

25 Desember 2010   10:29 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:24 2099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IRAMA AND MELODI

Seni musik adalah cetusan ekspresi perasaan atau pikiran yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Bisa dikatakan, bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Suara musik yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen, yaitu: irama, melodi, dan harmoni.

IRAMA

I

RAMA adalah pengaturan suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, dan ini memberikan karakter tersendiri pada setiap musik.Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan melodi tertentu. Selanjutnya, kombinasi yang baik antara irama dan melodi melahirkan bunyi yang harmoni. Irama akan memperindah musik sehingga banyak orang dapat merasakan keindahan musik.

Dalam pengertian lain irama merupakan suatu runtutan gerak yang menjadi unsur gerak dan tari. Irama memiliki alunan nada yang teratur sesuai dengan polanya. Irama berkaitan erat dengan panjang pendeknya not dan berat ringannya aksen (tekanan) pada not.

Kaitannya dengan permainan musik yang sering dilakukan, sering kita menjumpai berbagai notasi musik yang mungkin asing bagi kita. Untuk itu, demi tercapainya irama yang harmonis dan memiliki nilai, maka kita harus mengetahui berbagai not, antara lain :

Duol; not ini berbentuk garis lengkung dan angka 2 di atas atau di bawah dua nada untuk mengubah nada di bawahnya menjadi satu setengah kali nilai ketukannya dari dua nada tersebut.

Triool dan triool ganda (sextool); triool berbentuk garis lengkung dan angka 3 di atas atau di bawah tiga buah not yang berfungsi mengubah not tersebut menjadi dua pertiga dari nilai ketiga not tersebut.

Kwartool; berbentuk garis lengkung dan angka 4 pada empat buah not yang mengubah keempat not dibawah atau di atasnya menjadi tinggal bernilai 3/4 dari nilai not sebelumnya.

Kwintool; berbentuk garis lengkung dan angka 5 di atas atau dibawah lima not yang berfungsi mengubah nilai not tersebut menjadi bernilai 4/5 dari nilai keseluruhan not sebelumya pat not dibawah atau di atasnya menjadi tinggal bernilai 3/4 dari nilai not sebelumnya.

Legato dan legatura; yaitu menghubungkan dua buah not atau lebih, memperpanjang nilai not yang pertama menjadi sejumlah not yang dihubungkan.

Notasi Irama

Pada pembelajaran musik yang diterapkann di SD, salah satunya adalah untuk mengembangkan konsep rasa irama. Rasa dapat dilatih melalui membaca notasi irama, misalnya: guru menulis notasi irama di papan tuliskemudian anak berlatih bertepuk dan berhenti sesuai notasi (tepuk dan diam). Dari kegiatan tersebut secara bertahap anak akan mengenal not, bagaimana cara membunyikannya, sehingga mereka akan mudah memahami notasi irama.

Pola Irama

Pola irama ialah sekelompok bunyi dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang – ulang dan teratur dalam sebuah lagu.

Pulsa rangkaian denyutan berulang secara teratur yang terasa dalam musik, jika pulsa itu terdengaran disebut ketukan.

Macam-macam pola irama diantaranya adalah sebagai berikut :

vPola Irama Rata

Pola irama rata merupakan pola irama dengan pembagian yang rata (sama atas pulsa).

vPola irama tidak rata

Pola tak rata merupakan pola irama yang pembagian antara pola dengan pulsa tidak sama.

vPola sincope

Pola sincope terjadi apabila aksen kuat dipindahkan dari pulsa yang seharusnya mendapat tekanan kepulsa yang seharunya tidak mendapat tekanan.

vPola suku bangsa

Pola suku bangsa merupakan ciri khas yang dikaitkan dengan irama musik yang digunakan oleh suatu suku, daerah, atau bangsa. Misalnya : irama melayu, india, latin, arab, tango dan sebagainya.

vPola obstinate

Ostinato merupakan pola irama yang dinyanyikan berulang – ulang. Jika diulang lebih dari satu macam disebut ostinati.

vPoliritmik

Penggunaan bermacam pola irama secara serentak.

vPolimerit

Penggunaan pola irama yang berbeda antara satu instrument dengan instrument lainnya.

MELODI

M

ELODI adalah susunan rangkaian tiga nada atau lebih dalam musik yang terdengar berurutan secara logis serta berirama dan mengungkapkansuatugagasan.

Dalam hal ini, melodi merupakan faktor penting bagi para penikmat musik. Karena tanpa adanya melodi maka musik yang dihasilkan akan kurang memiliki makna mendalam. Misalkan orang sedang bernyanyi pasti akan menghasilkan suatu melodi. Melodi merupakan unsur kedua dalam penyajian musik setelah sebelumnya dibahas mengenai irama. Terkadang sajian musik yang telah memenuhi unsur melodi belum ada ketepatan, keteraturan, dan harmonisasi dengan sajian tersebut. Untuk itu, kita harus pandai dalam memainkan sajian musik dengan kreatifitas yang ada sehingga nantinya akan menghasilkan melodi yang memiliki nilai estetik yang tinggi.

Pengertian lain Melodi yaitu susunan rangkaian nada ( bunyi dengan getaran teratur ) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Daripengertian melodi tersebut, terdapay bunyi dan getaran. Bunyi dimaksudkan yaitu peristiwa getaran. Sedangkan getaran bunyi itu dapat cepat dan dapat pula lambat. Jika sumber bunyi bergetar dengan cepat, maka bunyi yang dihasilkan tinggi. Contohnya, kecrek. Dan jika sumber bunyi itu lambat, maka bunyi kedengaran rendah. Contohnya, bunyi jidur besar.

Dalam mempelajari melodi, pertama-tama yang harus kita ketahui adalah mengenai nada. Karena nada dan melodi memiliki hubungan yang erat. Nada adalah bunyi yang teratur getarannya dalam tiap detik, dapat dihitung, dan tetap. Nada dapat disebut dengan laras atau not. (Padmono,2002:45-46).

Tinggi rendah nada akan ditentukan oleh jumlah getaran tiap detik. Sehingga makin banyak jumlah getaran perdetik, maka makin tinggi bunti yang dihasilkan. Perbandingan nada yang tetap dinamakan interval (jarak dari satu nada ke nada yang lain lebih tinggi atau lebih rendah). Dari hasil suatu penelitian dapatlah diperoleh perbandingan frekuensi suara dari suara satu ke suara berikutnya, yakni :

c

-

d

-

e

-

f

-

g

-

a

-

b

-

c

do

re

mi

fa

sol

la

si

do

24

:

27

:

30

:

32

:

36

:

40

:

45

:

48

Selanjutnya untuk mengukur tinggi rendahnya nada supaya mudah digunakan dan mudah untuk dibawa yaitu dengan menggunakan alat-alat, diantaranya adalah:

ØGarpu tala(stemvork); dipakai untuk mengukur tinggi rendah suara manusia dalam menyanyi atau teknik vokal yang dibunyikan dengan cara diketok.

ØStemfluit (pitch pipe); dipakai untuk menyetem alat-alat musik seperti gitar, biola, dan alat musik lain yang caramemainkannya dengan ditiup.

Ciri-ciri bunyi interval nada tertentu, antara lain :

Prim; hanya terdengar satu nada (konsonan sempurna)

Sekond; besar dan kecil selalu disona

Terts; besar maupun kecil selalu baik (konsonan sempurna)

Kwart; yang berlebih masih terdengan baik, murni selalu baik dan berkurang seperti terts besar

Kwint; murni terdengar baik, berlebih bagus, kurang disonan

Sekst; seperti pada terts besar maupun kecil selalu terdengar baik, sekst kecil selalu baik untuk penutup lagu (dua suara) dalam paduan suara sekst dan terts banyak digunakan.

Septim; baik besar maupun kecil terdengar kurang baik (disonan), tetapi septim kecil justru sangat tepat sebagai penutup lagu. Dalam akor lengkap, septim menjelang penutup lagu (kalimat lagu) disebut dominan lagu.

Oktaf; murni terdengar baik, berlebihseperti sekond kecil, dan yang berkurang seperti septim besar

Demikianlah sekilas mengenai pengertian dari irama dan melodi. Pada dasarnya antara irama dan melodi memiliki keterkaitan yang erat guna menghasilkan sajian musik yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Sehingga akan dapat dinikmati oleh semua pendengar musik. Semoga paparan sedikit ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

See you ………JJJJ

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun