Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Hal Pra Membaca / Membaca Permulaan Dengan Media Word Wall Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kapas - Bojonegoro
Â
Lokasi
TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS - BOJONEGORO
Lingkup Pendidikan
PAUD
Tujuan yang ingin dicapai
- Mengembangkan kemampuan Bahasa pada kelompok B
Penulis
UMI NASYIYATUL MUJADIDAH
Tanggal
Jumat, 25 Nopember 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Literasi pada anak merupakan proses berkelanjutan yang sangat dinamis, mulai dari munculnya rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, hingga pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan tersebut mengikuti perkembangan zaman untuk digunakan dalam proses belajar sepanjang hayatnya.Â
Â
Â
Kondisi yang menjadi Latar Belakang :
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada teman sejawat yang sudah dilakukan, dari 17 anak dikelompok B terdapat 10 anak mengalami kesulitan dalam membaca permulaan karena kurangnya stimulasi bahasa pada anak. Pada kemampuan bahasa pada anak kelompok B ditemukan latar belakang masalah yaitu Guru maupun orang tua kurang melatih kemampuan literasi pada anak dan juga kurangnya kegiatan pra membaca yang diberikan dikelas maupun di rumah. Kegiatan pengembangan bahasa yang diberikan ke anak hanya sekedar mengenal huruf dan menulis saja. Padahal banyak anak pada awal masuk sekolah untuk memegang pensil saja belum bisa. Tetapi langsung dihadapkan pada kegiatan yang dirasa anak membosankan karena hanya mengenal huruf dan menulis saja. Sehingga perlunya inovasi dan kegiatan yang menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan bahasa pada anak yaitu dengan metode bermain menggunakan media word wall.
Praktik ini penting dibagikan yaitu :
- Dengan bermain word wall anak dapat menstimulasi literasi dan pra membaca maupun bahasanya dalam menempelkan kata di word wall. Semakin banyak kata yang di tempel di word wall, maka keterampilan bahasanya semakin baik sehingga anak dengan mudah untuk belajar pra membaca
- Melalui bermain word wall dapat melatih ketelitian dan kejelian anak
- Mampu meningkatkan literasi pra membaca anak
Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
- Berdiskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai RPP yang dibuat agar lebih baik
- Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
- Mencari berbagai referensi, baik media maupun metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah
- Membuat kegiatan pembelajaran yang bervariatif untuk menarik minat belajar anak
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan yang dihadapi :
Â
- Tingkat kemudahan kata saat ditempel harus benar-benar disesuaikan sesuai huruf abjad yang awal.
- Kesulitan anak dalam menempelkan kata ke word wall
- Artikulasi suara yang masih kurang jelas dalam video yang diambil
Pihak-pihak yang terlibatÂ
- Kepala Sekolah TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS Â yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL Siklus 4
- Teman Sejawat sebagai kameramen dalam perekaman video praktik PPL Siklus 4
- Siswa kelas B Â TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS, sebagai sentral dalam proses pembelajaran
- Koordinasi dengan walimurid sehubungan dengan anak yang akan diajak PPL
- Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, masukan, dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus berikutnya agar pembelajaran bisa berjalan lebih baik lagi.
Â
Â
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah dan strategi :
Membuat RPP pada siklus 4
- Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran yaitu : Banner word wall, macam-macam kata, double tape, gunting
- Menyiapkan dan mengisi instrumen penilaian
- Menggunakan media benda kongkret dan video pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran
- Menyiapkan 2 perangkat untuk proses perekaman. Satu perangkat laptop untuk media pembelajaran dan 1 handphone untuk proses perekaman PPL Siklus 4
- Berkoordinasi dengan sekolah, baik itu dengan kepala sekolah, guru ,wali murid dan siswa pada PPL Siklus 4
- Melakukan evaluasi hasil kegiatan pembelajaran bersama dosen, guru pamong dan rekan mahasiswa untuk mendapatkan saran dan masukan untuk perbaikan pada setiap siklus, terutama pada siklus selanjutnya.
Sumber Daya atau materi yang diperlukan:
- Penayangan video tentang topik yang dibahas untuk memberikan pengalaman bermakna bagi anak dan juga informasi tambahan untuk anak.
- Bahan ajar, alat main (word wall), LKPD, dan instrumen penilaian
- Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat pendukung pembelajaran yaitu laptop
- Dukungan dari kepala sekolah, guru teman sejawat dan teman-teman sesama mahasiswa.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dari hasil refleksi pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa anak-anak antusias dan senang  terhadap pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Berbagai kegiatan yang bervariasi dan menarik yeng menumbuhkan minat belajar anak sehingga anak merasakan bahwa mereka sekedar bermain bukan belajar tetapi mempunyai dampak besar dalam perkembangan kemampuan yang dimiliki anak.
Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan stimulasi bahasa dengan media word wall di TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS. Adapun  presentase keberhasilan yang di dapatkan yaitu 95 % berkembang sangat baik dalam kemampuan stimulasi bahasa menggunakan media word wall dan 5 % siswa yang masih berkembang sesuai harapan dalam kemampuan stimulasi bahasa menggunakan media word wall. Dengan berkembangnya bahasa pada anak, dalam kegiatan pra membaca tidak merasa kesulitan lagi. Mereka sudah bisa membaca permulaan dengan benar sehingga hasil membaca terlihat jelas karena bahasa anak sudah terstimulasi dengan baik. Keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada. Orang lain merespons positif atas strategi pembelajaran yang telah dilaksanakan
- Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akan mendapat hasil yang baik, jika pembelajaran itu didasari dengan metode serta media yang menarik, inovatif dan kreatif. Sehingga menumbuhkan minat anak untuk belajar dan juga menumbuhkan pemahaman pada anak tanpa anak merasa terbebani dan merasa senang serta antusias karena yang dirasakan anak, dan mereka sedang bermain bukan belajar.
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurmer Kelompok B)
Â
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan  urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama       : Umi Nasyiyatul Mujadidah
Instansi     : TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS - BOJONEGORO
 Prodi       : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Menyusun
RPP
Senin, 21 Nopember 2022
Ruang
Guru
Guru, Guru Sejawat
dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat Bahan Ajar
Selasa, 22
Nopember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat Media
Rabu, 23
Nopember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat LKPD
Rabu, 23
Nopember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat Instrumen
Penilaian
Kamis, 24 Nopember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Â
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak  yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama       : Umi Nasyiyatul Mujadidah
Instansi     : TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS - BOJONEGORO
 Prodi       : PAUD
Â
Rencana
Kegiatan
Waktu
Tempat
Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Pembuatan skenario video
RPP 4
Rabu, 23 Nopember
2022
Ruang Kelas B
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Latihan buat
video
Kamis, 24 Nopember
2022
Ruang Kelas B
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 08.00
Rekaman
video
Jum'at, 25 Nopember
2022
Ruang Kelas B
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.30
Editing video
Sabtu, 26 Nopember
2022
Dirumah
Guru
Menyesuaikan
Finalisasi
video
Senin, 28 Nopember
2022
Dirumah
Guru
Menyesuaikan
RTL-3 (Menyusun Best Practise)
Â
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan
Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.
Nama       : Umi Nasyiyatul Mujadidah
Instansi     : TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAPAS - BOJONEGORO
 Prodi       : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Koordinasi
persiapan Best Practise
Senin, 21 Nopember
2022
Ruang Kelas B
Guru, Guru Sejawat  dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Pelaksanaan Best Practise
Jumat, 25 Nopember
2022
Ruang Kelas B
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.30
Analisis Data
Kamis, 1 Desember
2022
Ruang Kelas B
Guru
Pukul 10.00
Pembuatan laporan Best
Practise
Rabu, 7 Desember
2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 09.30
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H