Mohon tunggu...
Umi Kulsum
Umi Kulsum Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

UMI KULSUM, lahir di Magelang pada tanggal 24 Januari 1964,menamatkan kuliah di IKIP Negeri Yogyakarta tahun 1990 jurusan Pendidikan Teknik Bangunan. Saat ini masih aktif mengajar di kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) SMK Negeri 1 Cibinong Kabupaten Bogor. Dapat dihubungi di No. 089628381089

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lokakarya 3 PGP Angkatan 4 Kabupaten Bogor Kelas H

1 April 2022   18:10 Diperbarui: 1 April 2022   18:13 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokakarya menjadi hal yang rutin dilaksanakan pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) , setelah usai pelaksanaan Pendampingan Individu dilanjutkan dengan pelaksanaan lokakarya, karena kegiatan tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Pada kegiatan Lokakarya 3 yang dilaksanakan tanggal 12 Maret 2022 cukup istimewa karena dihadiri pula oleh Kepala Sekolah CGP sehingga peserta lokakarya menjadi lebih banyak 2 kalinya dari jumlah CGP.  Di Kelas G sejumlah 10 Kepala Sekolah CGP atau yang mewakili hadir dalam lokakarya karena pada lokakarya 3 ini kegiatannya lebih banyak yang ber kolaborasi antara CGP dan Kepala Sekolah.

Tema untuk kegiatan lokakarya 3 adalah " Visi dan Aksi Sekolah Berpihak pada Murid" sedangkan agenda kegiatnnya meliputi:

  1. Pembukan dan kesepakatan belajar
  2. Ambil pelajaran dan gali mimpi
  3. Visi, misi, dan program sekolah berpihak kepada murid
  4. Menyepakati aksi jangka pendek
  5. Penutup dan tindak lanjut

Kegiatan Lokakarya 3 untuk Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bogor dilaksanakan secara luring dan diawali dengan kegiatan secara Pleno di Aula  kemudian dilanjutkan dengan kegiatan di kelas masing-masing, dengan rincian sebagai berikut:

1. Registrasi Peserta

Registrasi peserta dimulai dari jam 07.30 sampai dengan jam 08.00 . Seluruh peserta yaitu Calon Guru Penggerak (CGP) , Kepala

Sekolah, Pengajar Praktik (PP), melakukan registrasi kepada panitia yaitu dengan menyerahkan dokumen berupa :

a. Surat tugas dari atasan langsung

b. Surat bukti sudah Swab Anti Gen

c. Untuk PP menyerahkan dokumentasi kegiatan PI

Kemudian peserta juga menanandatangani daftar hadir

2. Pembukaan

Adapun agenda pembukaan adalah:

a. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Guru Pengger

b. Pengarahan dan Pembukaan dari Dinas Pendidikan Kab.Bogor Sekaligus Membuka Kegiatan

    Lokakartya

c. Pembacaan Doa

d. Pengumuman

e. Foto Bersama

f. Penutup

3. Kegiatan Dalam Kelas G

Lokakarya 3 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2022 bertempat di Hotel Rizen Premiere Puncak Bogor, sudah terlaksana dengan lancar dan tanpa halangan yang berarti. Adapun catatan yang dapat kami sampaikan terkait pelaksanaan Lokakarya 3 adalah sbb:

a. Peserta

Peserta Lokakarya adalah berjumlah 83 CGP dan Kepala Sekolah  CGP ,  17 PP sebagai pendamping, dengan jumlah kelas adalah 8 yang terdiri dari Kelas A,B,C,D,E,F,G dan H

Sedangkan kelas yang menjadi tanggung jawab kami adalah kelas G dan PP yang bertugas di kelas adalah:

PP Umi Kulsum mendampingi 5 CGP yaitu:

1). Rudy Djatmiko             2). Siti Halimatut Sadiah 3). Ayu Rizki Aprianti            4). Fia Fatimatu Jahrain            5). Yustinawati Aisyah

PP Dr Rusi Rusmyati Aliyyah, M. Pd mendampingi 5 CGP yaitu :

1). Indarti Purbo Swari   2). Ika Ardiani                      3). Nini Suryani                        4). Dewi Yuliana Marantika      5). Sulistyowati

b. Aktivitas Pembelajaran di Kelas G

1). Sesi 1 : Pembukaan

                    Mengucap salam dan membaca doa

  • Perkenalan
  • Tujuan
  • Kesepakatan Belajar
  • Berbagi Impian Pendidik, pada sesi ini seluruh peserta lokakarya baik Kepala Sekolah maupun CGP diminta untuk menulis akan mimpinya. Di hari terakhir Bapak dan Ibu bekerja di sekolah nanti. Bagaimana murid ingin mengenang Bapak dan Ibu?" Silakan tuliskan kata-kata kunci yang mewakili (misal. Ramah, baik, inspiratif dll).Pra CGP dan Kepala Sekolahpun menuliskan mimpinya tersebut pada kertas post it. Setelah semua selesai menuliskan impiannya ,kemudian satu persatu diminta untuk membacakan impiannya tersebut dan yang lain meng aamin kannya. Cukup seru sesi ini disamping menjadi tahu akan impian masing-masing juga menjadi saling mengenal lebih dekat satu dengan yang lain.

2). Sesi 2 : Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi

 Tujuan : 

1). Peserta dapat mengambil pelajaran terhadap proses belajar mengajar di sekolah selama  ini (Ambil Pelajaran)

2). Peserta dapat memahami harapan semua warga sekolah terhadap pembelajaran di sekolah yang berdampak kepada murid (Gali             mimpi).

Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi adalah proses penting agar kita semua dapat merencanakan   visi, misi dan program sekolah yang lebih berdampak kepada murid

Pada sesi ini diputarkan video 5 Tahapan Inkuiri Apresiasi konsep "BAGJA" ,setelah itu kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan presentasi terkait dengan materi Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi yang merupakan penugasan pada sesi 2.

3). Sesi 3 : Merumuskan Cita-Cita (Visi) , Misi dan Program Sekolah yang Berdampak Pada Murid

Tjuan : Peserta dapat merumuskan visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid

PP menyampaikan tentang Pengantar Visi, Misi dan Progam Sekolah, kemudian dilanjutkan dengan  Ice breaking (Berhitung)

Pemutaran Video Visi Misi (SMP N 3 Wangi- Wangi)

Setelah menyaksikan tayangan video tersebut, CGP diminta berkelompok kembali bersama dengan Kepala Sekolah untuk Merumuskan Visi, Misi dan Program sekolah Berpihak  Pada Murid.

PP membagikan  lembar kerja ke 1 dan penjelasan terkait Visi, Misi dan Program Sekolah yang berpihak Pada Murid

Adapun langkah-langkahnya adalah sbb:

1). Diskusikan dan rumuskan visi sekolah khususnya dalam proses pembelajaran yang

      berdampak pada murid

2). Lanjutkan merumuskan misi sekolah yang berdampak pada murid

3). Rumuskan satu program pembelajaran untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang

      berdampak pada murid?

      4) Catat hasil diskusi pada lembar kerja yang disediakan

Karena kegiatannya pada lokakarya 3 ini memerlukan kolaborasi dengan Kepala Sekolah, maka beliau diminta  hadir sehingga CGP dapat berdiskusi dan berkolaborasi dalam merumuskan Visi Misi dan Program  Sekolah.

Setelah berdiskusi dengan Kepala Sekolah,maka selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi nya dan ditanggapi oleh kelompok lain.

5) Sesi 4 : Aksi Jangka Pendek

Tujuan  : Aksi Jangka Pendek angka pendek yang akan dilaksanakan dilaksanakan 1 (satu) bulan ke depan di sekolah masing-masing.

PP membagikan lembar kerja ke 2 dan penjelasan terkait penyusunan aksi jangka pendek, kemudian dilanjukkan dengan diskusi antara Kepala Sekolah dengan CGP. Setiap sekolah mengisi lembar kerja yang telah dibagikan oleh PP

Setelah selesai diskusi sesuai waktu yang telah ditentukan, dilanjutkan dengan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano yang telah disiapkan PP

6) Sesi 5 : Penutup

     PP menyampaikan tujuan sesi :

1). Peserta saling memberikan umpan balik pelaksanaan belajar

2). Peserta mengevaluasi dan memetik pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya

3). Peserta mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan dilakukan

Umpan Balik Pembelajaran

1). PP minta kepada perwakilan sekolah untuk menyampaikan hasil diskusi perumusan aksi jangka pendek yang akan dilaksanakan 

      satu bulan kedepan secara bergantian .

2). PP minta kepada Kepala Sekolah, CGP untuk memberikan masukan terkait apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki

      dalam proses kerja sama untuk menyelesaikan   tugas di dalam lokakarya.

Memetik Pelajaran dan Evaluasi

PP minta kepada semua peserta untuk menuliskan kata kunci yang mencerminkan pembelajaran yang didapatkan pada lokakarya hari ini di kertas post-it kemudian menempelkannya pada kertas plano yang telah disiapkan oleh PP

Untuk mengevaluasi kegiatan Lokakarya 3

PP minta Peserta (CGP dan Kepala Sekolah ) untuk mengisi plano evaluasi dengan memberi centang () kolom penilaian yang mencerminkan perasaannya  pada lokakarya 3.

Kesimpulan dan Tindak Lanjut

PP menyampaikan Kesimpulan :

Kita semua ini menjadi pendidik dan terus ingin melakukan perubahan untuk murid. Kita harus percaya bahwa setiap murid berhak mendapatkan kesempatan belajar yang lebih baik. Semoga visi, misi, dan program yang dirumuskan bersama dapat ditindaklanjuti dengan warga sekolah lainnya dan membawa dampak pada murid di masa depan mereka.

Tindak lanjut :

Tugas menjelang LK-4: Tentang guru yang berpihak kepada murid.

Pada Lokakarya 4 CGP membawa RPP yang dibuat untuk memenuhi tugas pembelajaran pada modul CGP ke-2 terkait pembelajaran diferensiasi.

Penutup Membaca hamdalah bersama dipimpin oleh PP

Kegiatan Lokakarya 3 selesai

    

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun