Lokakarya menjadi hal yang rutin dilaksanakan pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) , setelah usai pelaksanaan Pendampingan Individu dilanjutkan dengan pelaksanaan lokakarya, karena kegiatan tersebut saling berkaitan satu sama lain.
Pada kegiatan Lokakarya 3 yang dilaksanakan tanggal 12 Maret 2022 cukup istimewa karena dihadiri pula oleh Kepala Sekolah CGP sehingga peserta lokakarya menjadi lebih banyak 2 kalinya dari jumlah CGP. Â Di Kelas G sejumlah 10 Kepala Sekolah CGP atau yang mewakili hadir dalam lokakarya karena pada lokakarya 3 ini kegiatannya lebih banyak yang ber kolaborasi antara CGP dan Kepala Sekolah.
Tema untuk kegiatan lokakarya 3 adalah " Visi dan Aksi Sekolah Berpihak pada Murid" sedangkan agenda kegiatnnya meliputi:
- Pembukan dan kesepakatan belajar
- Ambil pelajaran dan gali mimpi
- Visi, misi, dan program sekolah berpihak kepada murid
- Menyepakati aksi jangka pendek
- Penutup dan tindak lanjut
Kegiatan Lokakarya 3 untuk Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bogor dilaksanakan secara luring dan diawali dengan kegiatan secara Pleno di Aula  kemudian dilanjutkan dengan kegiatan di kelas masing-masing, dengan rincian sebagai berikut:
1. Registrasi Peserta
Registrasi peserta dimulai dari jam 07.30 sampai dengan jam 08.00 . Seluruh peserta yaitu Calon Guru Penggerak (CGP) , Kepala
Sekolah, Pengajar Praktik (PP), melakukan registrasi kepada panitia yaitu dengan menyerahkan dokumen berupa :
a. Surat tugas dari atasan langsung
b. Surat bukti sudah Swab Anti Gen
c. Untuk PP menyerahkan dokumentasi kegiatan PI
Kemudian peserta juga menanandatangani daftar hadir
2. Pembukaan
Adapun agenda pembukaan adalah:
a. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Guru Pengger
b. Pengarahan dan Pembukaan dari Dinas Pendidikan Kab.Bogor Sekaligus Membuka Kegiatan
  Lokakartya
c. Pembacaan Doa
d. Pengumuman
e. Foto Bersama
f. Penutup
3. Kegiatan Dalam Kelas G
Lokakarya 3 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2022 bertempat di Hotel Rizen Premiere Puncak Bogor, sudah terlaksana dengan lancar dan tanpa halangan yang berarti. Adapun catatan yang dapat kami sampaikan terkait pelaksanaan Lokakarya 3 adalah sbb:
a. Peserta
Peserta Lokakarya adalah berjumlah 83 CGP dan Kepala Sekolah  CGP , 17 PP sebagai pendamping, dengan jumlah kelas adalah 8 yang terdiri dari Kelas A,B,C,D,E,F,G dan H
Sedangkan kelas yang menjadi tanggung jawab kami adalah kelas G dan PP yang bertugas di kelas adalah:
PP Umi Kulsum mendampingi 5 CGP yaitu:
1). Rudy Djatmiko       2). Siti Halimatut Sadiah 3). Ayu Rizki Aprianti      4). Fia Fatimatu Jahrain      5). Yustinawati Aisyah
PP Dr Rusi Rusmyati Aliyyah, M. Pd mendampingi 5 CGP yaitu :
1). Indarti Purbo Swari  2). Ika Ardiani           3). Nini Suryani            4). Dewi Yuliana Marantika    5). Sulistyowati
b. Aktivitas Pembelajaran di Kelas G
1). Sesi 1 : Pembukaan
          Mengucap salam dan membaca doa
- Perkenalan
- Tujuan
- Kesepakatan Belajar
- Berbagi Impian Pendidik, pada sesi ini seluruh peserta lokakarya baik Kepala Sekolah maupun CGP diminta untuk menulis akan mimpinya. Di hari terakhir Bapak dan Ibu bekerja di sekolah nanti. Bagaimana murid ingin mengenang Bapak dan Ibu?" Silakan tuliskan kata-kata kunci yang mewakili (misal. Ramah, baik, inspiratif dll).Pra CGP dan Kepala Sekolahpun menuliskan mimpinya tersebut pada kertas post it. Setelah semua selesai menuliskan impiannya ,kemudian satu persatu diminta untuk membacakan impiannya tersebut dan yang lain meng aamin kannya. Cukup seru sesi ini disamping menjadi tahu akan impian masing-masing juga menjadi saling mengenal lebih dekat satu dengan yang lain.
2). Sesi 2 : Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi
 Tujuan :Â
1). Peserta dapat mengambil pelajaran terhadap proses belajar mengajar di sekolah selama  ini (Ambil Pelajaran)
2). Peserta dapat memahami harapan semua warga sekolah terhadap pembelajaran di sekolah yang berdampak kepada murid (Gali       mimpi).
Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi adalah proses penting agar kita semua dapat merencanakan  visi, misi dan program sekolah yang lebih berdampak kepada murid
Pada sesi ini diputarkan video 5 Tahapan Inkuiri Apresiasi konsep "BAGJA" ,setelah itu kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan presentasi terkait dengan materi Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi yang merupakan penugasan pada sesi 2.
3). Sesi 3 : Merumuskan Cita-Cita (Visi) , Misi dan Program Sekolah yang Berdampak Pada Murid
Tjuan : Peserta dapat merumuskan visi, misi dan program sekolah yang berdampak pada murid
PP menyampaikan tentang Pengantar Visi, Misi dan Progam Sekolah, kemudian dilanjutkan dengan  Ice breaking (Berhitung)
Pemutaran Video Visi Misi (SMP N 3 Wangi- Wangi)
Setelah menyaksikan tayangan video tersebut, CGP diminta berkelompok kembali bersama dengan Kepala Sekolah untuk Merumuskan Visi, Misi dan Program sekolah Berpihak  Pada Murid.
PP membagikan  lembar kerja ke 1 dan penjelasan terkait Visi, Misi dan Program Sekolah yang berpihak Pada Murid
Adapun langkah-langkahnya adalah sbb:
1). Diskusikan dan rumuskan visi sekolah khususnya dalam proses pembelajaran yang
   berdampak pada murid
2). Lanjutkan merumuskan misi sekolah yang berdampak pada murid
3). Rumuskan satu program pembelajaran untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang
   berdampak pada murid?
   4) Catat hasil diskusi pada lembar kerja yang disediakan
Karena kegiatannya pada lokakarya 3 ini memerlukan kolaborasi dengan Kepala Sekolah, maka beliau diminta  hadir sehingga CGP dapat berdiskusi dan berkolaborasi dalam merumuskan Visi Misi dan Program  Sekolah.
Setelah berdiskusi dengan Kepala Sekolah,maka selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi nya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Sesi 4 : Aksi Jangka Pendek
Tujuan  : Aksi Jangka Pendek angka pendek yang akan dilaksanakan dilaksanakan 1 (satu) bulan ke depan di sekolah masing-masing.
PP membagikan lembar kerja ke 2 dan penjelasan terkait penyusunan aksi jangka pendek, kemudian dilanjukkan dengan diskusi antara Kepala Sekolah dengan CGP. Setiap sekolah mengisi lembar kerja yang telah dibagikan oleh PP
Setelah selesai diskusi sesuai waktu yang telah ditentukan, dilanjutkan dengan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano yang telah disiapkan PP
6) Sesi 5 : Penutup
   PP menyampaikan tujuan sesi :
1). Peserta saling memberikan umpan balik pelaksanaan belajar
2). Peserta mengevaluasi dan memetik pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya
3). Peserta mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan dilakukan
Umpan Balik Pembelajaran
1). PP minta kepada perwakilan sekolah untuk menyampaikan hasil diskusi perumusan aksi jangka pendek yang akan dilaksanakanÂ
   satu bulan kedepan secara bergantian .
2). PP minta kepada Kepala Sekolah, CGP untuk memberikan masukan terkait apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki
   dalam proses kerja sama untuk menyelesaikan  tugas di dalam lokakarya.
Memetik Pelajaran dan Evaluasi
PP minta kepada semua peserta untuk menuliskan kata kunci yang mencerminkan pembelajaran yang didapatkan pada lokakarya hari ini di kertas post-it kemudian menempelkannya pada kertas plano yang telah disiapkan oleh PP
Untuk mengevaluasi kegiatan Lokakarya 3
PP minta Peserta (CGP dan Kepala Sekolah ) untuk mengisi plano evaluasi dengan memberi centang () kolom penilaian yang mencerminkan perasaannya pada lokakarya 3.
Kesimpulan dan Tindak Lanjut
PP menyampaikan Kesimpulan :
Kita semua ini menjadi pendidik dan terus ingin melakukan perubahan untuk murid. Kita harus percaya bahwa setiap murid berhak mendapatkan kesempatan belajar yang lebih baik. Semoga visi, misi, dan program yang dirumuskan bersama dapat ditindaklanjuti dengan warga sekolah lainnya dan membawa dampak pada murid di masa depan mereka.
Tindak lanjut :
Tugas menjelang LK-4: Tentang guru yang berpihak kepada murid.
Pada Lokakarya 4 CGP membawa RPP yang dibuat untuk memenuhi tugas pembelajaran pada modul CGP ke-2 terkait pembelajaran diferensiasi.
Penutup Membaca hamdalah bersama dipimpin oleh PP
Kegiatan Lokakarya 3 selesai
  Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H