Sosialisasi adalah usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Proses sosialisasi merupakan pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman dan penerimaan individu atas peranannya di dalam suatu kelompok.
Dikarenakan pelajar zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah Gerakan Teknologi Bermanfaat yang dapat menghentikan tindakan anak-anak dalam penggunaan  teknologi yang berlebihan.Â
Melalui gerakan semacam ini, bisa memberikan edukasi mengenai dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam perkembangan saat ini.Â
Disela-sela memberikan edukasi, kita memanfaatkan Quizizz untuk mengimplementasikan dampak positif penggunaan teknologi. Quizizz itu nanti isinya mengenai mata pelajaran seputar pelajaran PPKn.
Dan hal ini dapat mengembangkan wawasan kewarganegeraan kepada anak. Tujuan memberikan quiz semacam ini adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa, sehingga terciptalah generasi masa depan yang kelak bisa memberikan sumbangsih dalam pembangunan bangsa.Â
Anak sekolah dasar dipilih karena pada masa sekolah dasar, siswa mengalami masa internalisasi nilai-nilai, sehingga tepat apabila diberikan edukasi mengenai pemakaian teknologi secara bijak. Lokasi untuk melakukan gerakan teknologi bermanfaat dan pemberian edukasi yaitu di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.
Target dari kegiatan sosialisai  "GARTEKAT" adalah anak- anak usia sekolah di area ALON-ALON Tulungagung, dimana banyak berkumpul segerombolan anak yang akan memudahkan kami melakukan sosialisasi, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 April 2021.Â
Pada saat kegiatan ini kami dari panitia pelaksana kegiatan bakti sosial pelatihan ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker.Â
Pada pelatihan ini akan membahas mengenai dampak postifi dan negative gadget dan juga yang utama yaitu untuk mengurangi berlebihan dalam bermain game mempromosikan tentang aplikasi Quizizz sebagai media belajar yang asyik sebagai pengganti game online.
Kegitan pelatihan ini saya (Umi  Farih), bersama rekan saya mahasiswa Hkn dan sekaligus sebagai pedemonstari cara penggunaan aplikasi quizizz. Dan untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang manfaaat baik dari pemanfaatan quizizz sebagai salah satu media belajar. Saat pelatihan saya dan teman saya yang lainnya mendemonstrasikan bagaimana cara penggunaan aplikasi quizizz
Program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat-manfaat terhadap edukasi tentang penggunaan teknologi khususnya media teknologi karena pada zaman sekarang banyak orang yang menyalahgunakan teknologi  tersebut khusus pada anak-anak remaja yang difasilitasi perangkat berupa Handphone, laptop atau tablet oleh orang tuanya.
Selain itu program ini diharapkan bisa mengurangi atau meminimalisir penyalahgunaan teknologi dengan memberikan edukasi tentang dampak penyalahgunaan teknologi misalnya internet atau bermain game yang berlebihan dampak penggunaan secara berlebihan kepada anak-anak usia Sekolah Dasar dan orangtua dari masing-masing anak-anak sehingga anak-anak usia Sekolah Dasar bila menggunakan internet bisa lebih bijak, dipergunakan secara semestinya dan tidak lupa waktu jika menggunakan teknologi internet tersebut.
Sehingga orang tua tidak melalaikan anak-anaknya dan dalam program ini juga memberikan edukasi yang berupa mempertimbangkan saat pemakaian teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan khususnya bagi anak anak yang masih belum cukup umur, untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan semestinya bisa untuk belajar misal untuk membuat atau menjawab quiz yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan disekolah sehingga anak-anak tidak hanya menggunakan internet untuk main-main saja.
Misalnya main game online sampai lupa waktu sehingga menggunakan internet secara berlebihan dan memberikan efek yang negatif akan tetapi belajar juga tidak sepenuhnya menggunakan media teknologi misal mendownload e-book tetapi juga harus adanya seorang guru sebagai pendamping dalam belajar, memberikan pengertian bagaimana menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal tanpa menghilangkan etika jadi disini diharapkan mampu memfilter atau menyaring yang pantas atau bisa diakses untuk anak-anak
 Acara berlangsung dengan lancar, menyenangkan dan banyak mendapat ilmu yang sangat bermanfaat bagi Anak-anak dan juga Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang mengikuti acara tersebut. Sekian dan Terimakasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H