Mohon tunggu...
Umi FarihNI
Umi FarihNI Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1 PENDIDIKAN TATA BOGA

Tugas Pendidikan Kewarganegaraan E3

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi dengan Judul "Gerakan Teknologi Bermanfaat"

22 Mei 2021   15:42 Diperbarui: 22 Mei 2021   15:57 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi adalah usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Proses sosialisasi merupakan pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman dan penerimaan individu atas peranannya di dalam suatu kelompok.

Dikarenakan pelajar zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah Gerakan Teknologi Bermanfaat yang dapat menghentikan tindakan anak-anak dalam penggunaan  teknologi yang berlebihan. 

Melalui gerakan semacam ini, bisa memberikan edukasi mengenai dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam perkembangan saat ini. 

Disela-sela memberikan edukasi, kita memanfaatkan Quizizz untuk mengimplementasikan dampak positif penggunaan teknologi. Quizizz itu nanti isinya mengenai mata pelajaran seputar pelajaran PPKn.

Dan hal ini dapat mengembangkan wawasan kewarganegeraan kepada anak. Tujuan memberikan quiz semacam ini adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa, sehingga terciptalah generasi masa depan yang kelak bisa memberikan sumbangsih dalam pembangunan bangsa. 

Anak sekolah dasar dipilih karena pada masa sekolah dasar, siswa mengalami masa internalisasi nilai-nilai, sehingga tepat apabila diberikan edukasi mengenai pemakaian teknologi secara bijak. Lokasi untuk melakukan gerakan teknologi bermanfaat dan pemberian edukasi yaitu di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Target dari kegiatan sosialisai  "GARTEKAT" adalah anak- anak usia sekolah di area ALON-ALON Tulungagung, dimana banyak berkumpul segerombolan anak yang akan memudahkan kami melakukan sosialisasi, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 April 2021. 

Pada saat kegiatan ini kami dari panitia pelaksana kegiatan bakti sosial pelatihan ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker. 

Pada pelatihan ini akan membahas mengenai dampak postifi dan negative gadget dan juga yang utama yaitu untuk mengurangi berlebihan dalam bermain game mempromosikan tentang aplikasi Quizizz sebagai media belajar yang asyik sebagai pengganti game online.

Kegitan pelatihan ini saya (Umi  Farih), bersama rekan saya mahasiswa Hkn dan sekaligus sebagai pedemonstari cara penggunaan aplikasi quizizz. Dan untuk memberikan sedikit pengetahuan tentang manfaaat baik dari pemanfaatan quizizz sebagai salah satu media belajar. Saat pelatihan saya dan teman saya yang lainnya mendemonstrasikan bagaimana cara penggunaan aplikasi quizizz

Program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat-manfaat terhadap edukasi tentang penggunaan teknologi khususnya media teknologi karena pada zaman sekarang banyak orang yang menyalahgunakan teknologi  tersebut khusus pada anak-anak remaja yang difasilitasi perangkat berupa Handphone, laptop atau tablet oleh orang tuanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun