Mohon tunggu...
umi azizah
umi azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Sejarah Kritis Ibnu Kholdun

14 Oktober 2024   10:17 Diperbarui: 14 Oktober 2024   10:42 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada  mulanya,sejarahterdapat  dalam  pikiran  para  sejarawan,  orang  yang menghapal sejarah yang selalu di sampaikan dengan metode lisan. Kemudian penulisan sejarah   tersebut   di    pelajari   dalam   sebuah   studi    khusus   yang   disebut   dengan historiografi. Sebuah sejarah (peristiwa sejarah) berbedadengan historiografi.

Secara  umum,  historiografi  adalah  sebuah  studi  sistematis  tentang  sejarah penulisan  sejarah (The  history  of  historical  writing).  Historiografi  tidak  berhubungan langsung  dengan  sebuah  peristiwa  sejarah.  Karena  historiografi  hanya  mencurahkan perhatiannya     pada     karya-karya     sejarah     yang     telah     ada.     Historiografi     tidak mempersoalkan apakah sebuahsejarah yangdi sajikan itu valid (benar) atau tidak. Dan juga  tidak  memberikan  penilaian  khusus  apakah  sebuah  sejarah  itu  subjektif  atau objektif. Yang jadi fokus dalam historiografi adalah bagaimana persepsi, interpretasi dan metode  sejarah  yang  di  gunakan  oleh  seorang  penulis  sejarah.  Tanpa  menghakimi sejarah yang di tulisnya.

Pembicaraan  tentang  sejarah  pendidikan  islam  sangat  menarik  untuk  dikaji, karenakita  akan  mengetahui  secara  kongkrit  perkembangan  pendidikan  islam  pada masa  lampau,  serta  kita  bisa  menjadikanrefrensi  untuk  menata  dan  memperbaiki kembali kesalahan-kesalah yang telah dilalui oleh pendidikan islam itu sendiri.

Belantara pemikirankesejarahan  yang  ada  menunjukkan  perkembangan  yang cukup  signifikan  dari  waktu  ke  waktu,  dengan  metodelogis  yang  dimiliki  manusia mampu  berkiprah  untuk  menyikapitabir    peristiwa  masa  lalu  untuk  dipentaskan  pada masa  kini.  Disinilah  manusia  mulai  merancang  sebuah  konsep  untuk  menyelaraskan sebuah  kejadian  yang  telah  terjadi  masa  lampau  untuk  dimodifikasi  ulang  dengan nuansa baru yang lebih produktif dan konstruktif untuk kehidupan manusia.

Memasuki  Abad  Globalisasi  banyak  yang  salahkaprah  terhadap  pemahaman dan  tujuan   tentang  sejarah    itu  sendiri.    Masyarakat   muslim  cendrung  menerima keyakinannya  tidak  lewathistoris  yang ada  tetapi  lewat  pertimbangan  rasionalitas  dan hal-hal yang bersifat praktis. Pragmatisme telah mendiskriditkan peran sejarah sebagai pengatur perilaku Hidup manusia dalam berkiprah di dunia pendidikan. Selain   itu,  Masyarakat   memiliki   persepsi   bahwa   Pendidikan   Islam      hanya sebuah   lembaga   yang   bersifat   statis   dan   tidak   mengarah   pada   perubahan   yang konstruktif,  sehingga  masyarakat  tidak  memiliki  minat  untuk  memperdalam  sejarah yang ada di Indonesia tentang pendidikan islam. Namun sebenarnya Sejarah Pendidikan Islam merupakan kerangka ideal yangmengandung multi demensi dalam mengatur dan menggagas  kembali  terhadap konsep  pendidikan  islam  dan  system  pendidikan  islam yang dianggap statis.

Pendidikan  islam  adalah  usaha  orang  dewasa  muslim  yang  bertakwa  secara dasar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah manusia melalui ajaran islam kearah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya. Sejalan dengan  misi  agama  islam  yang  memberikan  rahmat  bagi  sekalianmakhluk  di  alam  ini, pendidikan  islam  mencoba  mengidentifikasikan  sasarannya  pada tigapengembangan fungsi manusia, yaitu:

  • Menyadarkan   manusia   sebagai   makhluk   individu,   yaitu   manusia   yang   hidup ditengah  makhluk-makhluk  lain,  manusia  harus  bisa  memerankan fungsi  dan tanggung  jawabnya,  manusia  akan  mampu  berperan  sebagai  makhluk  Allah  yang paling   utama   diantara   makhluk-makhluk   lainnya   dan   menfungsikan   dirinya sebagai kholifah dimuka bumi.
  • Menyadari fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
  • Menyadarkan, manusia sebagai hambaAllah SWT

Teori-teori Tentang Kedatangan Islam

         Sejauh   kedatangan   islam   di   nusantara,   terdapat   diskusi   dan   perdebatan panjangdiantara   para   ahli   mengenai   tiga   masalah   pokok:   pertama   tempat   asal kedatangan  islam,  kedua  para  pembawanya,  ketigawaktu  kedatangannya.  Berbagai teori  dan  pembahasan  yang  berusaha  menjawab  ketiga  masalah  pokok  ini  jelas  belum tuntas,  tidak   hanya   karenakurangnya   data   yang   dapat   mendukung   teori   tertentu menekankan  hanya  aspek-aspek  lainnya.  Karena  itu,  kebanyakan  teoriyang  ada  dalamsegi-segi tertentu gagal menjelaskan teori dan kedatangan islam.Sejumlah sarjana kebanyakan asal belanda memegang teori bahwa asal muasal islam dinusantara adalah anak benua india, bukannya persia atau arabia, sarjana utama yang  mengemukanteori  ini  adalah  sarjana  ahli  dari  Universitas Leiden, dia  mengaitkan asal muasal islam di nusantara dengan wilayah gujarat dan malabar. Menurut dia adalah orang-orang Arab bermadzhab Syafi'i yang berimigrasi dan menetap diwiyah india tersebut  yang  membawa  ajaran  islam ke  nusantara,  sehinga  dia  mengclaim  bahwa datangnya  islam  ke  nusantara  merupakan  sekelompok  orang  yang  sedang  berpindah danmesyiarkan islam ke nusantara Indonesia.Sehingga   teori   ini   kemudian   dikembangkan   oleh   Snouck   Hurgronje   yang berhujah,  begitu  islam berpijak  kokoh  dibeberapa  kota  pelabuhan    anak  benua  india dengan  strategi  yang  dipakainya  dengan  melakukan  strategi  berdagang  di  nusantara, baru  kemudian  mereka  disusul  oleh  orang-orang  Arab  yang  masih  memiliki  keturunan dengan  Nabi  Muhammad  SAW.  Karenamenggunakan  gelar  sayyid  atau  syarif  yang menyelesaikan penyebaran islam di nusantara.

Periodisasi Sejarah Pendidikan Islam

Diatas, sudah   dikemukakan   bahwa   pendidikan   islam   sama   tuanya   dengan masuknya

islam  di  Indonesia,  dan  tentunya  tidak  akan  lepas  dari  sejarah islam  pada umumnya.  Karena  itulah  periodisasi  sejarah  pendidikan  islam  berada  dalam  periode-periode  sejarah  islam  itu  sendiri.  Sehingga  pendidikan  islam  tersebut  pada  dasarnya dilaksanakan  dalam  upaya  menyahuti  kehendak  islam  pada  masa  itu  dan  pada  masa yang  akan  datang  yang  dianggap  sebagai need  of  life. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun