Mohon tunggu...
Trie_Lifeword
Trie_Lifeword Mohon Tunggu... Guru - Penulis Amatir yang sedang belajar :)

Menulis bisa membuat kita belajar tentang menggunakan pilihan kata yang baik dan tepat. karena kata yang menunjukan kwalitas seorang manusia.

Selanjutnya

Tutup

Money

3 dan 4 Hal Penting dalam Memulai Bisnis Rintisan, Gizidat sebagai "Best Practice"

27 Juli 2019   10:46 Diperbarui: 27 Juli 2019   11:01 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ada 3 tahapan terpenting dalam membangun bisnis rintisan:

1) Tahap pertama: Apakah masalah target market ini bisa diuangkan?

Untuk membangun perusahaan rintisan kita harus berangkat dari masalah. Masalah apa yang akan kita selesaikan dengan produk/bisnis kita itu.
Karena sesungguhnya produk hadir untuk menyelesaikan masalah dari target market.

Contohnya: gizidat sebagai solusi yang terbaik untuk anak susah makan.

Target market kita adalah first moms, mereka biasanya bingung ketika anaknya susah makan. Untuk itu mereka perlu solusi.

Untuk itu perlu dipahami juga tentang solusi ini, bahwa bersediakah target market kita mengeluarkan uang untuk mendapatkan solusi itu?
Untuk kasus anak sudah makan, ibu2 rela untuk membayar konsultasi tumbuh kembang anak. Termasuk di antaranya adalah membeli berbagai produk suplemen guna merangsang nafsu makan anak.

Ada masalah2 yang perlu solusi, tapi barangkali target market tidak bersedia mengeluarkan uang untuk mendapatkan solusi tersebut. Ya jangan dibikin produk.

Selain kebutuhan target market akan solusi dan kesediaan mereka untuk mbayar untuk mendapatkan solusi tersebut, perlu juga diketahui: apakah masalah itu bisa dipecahkan?

Kita yakin, dengan berbagai penelitian, gizidat bisa membantu first Moms untuk memecahkan masalah anak-anak mereka yang susah makan.
Segitiga antara: kebutuhan target market akan solusi (must have), kesediaan mereka untuk mbayar (viable), dan kemungkinan akan pemecahan masalah target market (feasible) adalah 3 syarat penting untuk memulai bisnis rintisan.

2) Tahap kedua: Apakah produk yang dibikin ini diinginkan orang?

Ketika rumusan masalah target market itu memenuhi kaidah must-have, viable, dan feasible, maka maka produk itu harus segera dijual. Di sini "diinginkan orang" itu perlu diukur dengan metrik-metrik ukuran yang sederhana dan mudah dipahami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun