Bandung --Â Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) sukses menggelar Aksara Priangan pada Sabtu (29/07/2023).
Berlokasi di Teras Sunda Cibiru, Kota Bandung, hadir dalam acara yakni perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, dan sebagainya.
Hadir ratusan peserta dari mahasiswa maupun masyarakat umum yang berkunjung pada acara tersebut.
Acara yang mengangkat tema "Ngamumule Sunda, Ngagunakeun Basa" itu menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan.
Mulai dari pameran karya seni serta berbagai penampilan, seperti karawitan, seni tari, fashion show, kabaret, dan sebagainya.
Tidak hanya itu, puluhan pelaku UMKM juga menghadirkan berbagai produk, seperti makanan, minuman, dan sebagainya.
Ketua Pelaksana Nur Indah Resti Wahab mengatakan, kegiatan tersebut berfokus memperkenalkan budaya kepada masyarakat.
"Kita ingin mencitrakan kebudayaan daerah yang sudah terdisrupsi pada era 5.0 ini," ucap Resti.
Pada acara itu, dirinya menggabungkan konsep antara seni dengan teknologi saat ini.
"Contohnya pada pameran lukisan itu ada barcode yang ketika kita scan akan keluar keterangan dari makna lukisan itu," jelasnya.
Ia berharap para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan nilai pembelajaran dari berbagai pertunjukan kebudayaan daerah.
"Adanya acara ini menjadikan kita tidak akan lupa akan kebudayaan meskipun sudah berada pada zaman teknologi saat ini," tanggapnya.
Sementara itu, dosen Ilmu Komunikasi Alfa Taufan Latif sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.
Event
Alfa menjelaskan, para mahasiswa menggunakan ilmu PR Event dalam menjalankan kegiatan tersebut.
Ia juga menjelaskan, dalam pelaksanaan event, para mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
"Ketika mereka menjalankan sebuah event, mereka juga nantinya akan membawa nama perusahaan ketika bekerja," ungkap Alfa.
Alfa menerangkan, pelaksanaan event itu menjadi sebuah bekal bagi mahasiswa saat bekerja sebagai public relation.
"Jadi, mereka nantinya mampu mengkomunikasikan pesan dari perusahaan ke stakeholder atau masyarakat melalui event," tandasnya.***(FK)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H