Mohon tunggu...
umar faruk zakaria
umar faruk zakaria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Surabaya

saya mahasiswa universitas muhammadiyah surabaya jurusan teknik informatika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perkembangan E-Commerce dari Masa ke Masa

24 Oktober 2022   12:25 Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:13 1651
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bahwa perkembangan dunia digital disaat ini sangatlah pesat, terlebih lagi kemajuan di tiap tahunnya tidak dapat dihindarkan dari dunia online. Tentang ini sangat mempengaruhi seluruh, sektor termasuk dunia usaha dan sektor ekonomi. Salah satunya sektor usaha yang berbasis digital adalah e- commerce.

Kata e- commerce sejatinya berasal dari bahasa Inggris, yaitu electronic commerce atau perdagangan elektronik. Serta sebagaimana perdagangan yang dilakukan secara langsung maupun face to face, e- commerce juga meliputi proses promosi, pembelian, dan pemasaran produk. Yang berbeda hanyalah pada pada sistem yang digunakan, yaitu melalui media elektronik maupun internet. Di dalam suatu perdagangan e- comerce, seluruh proses mulai dari proses pemesanan produk, pertukaran data, hingga transfer dana dilakukan secara elektronik.

E- commerce bisa dibilang merupakan sebuah layanan internet yang berperan selaku proses jual beli sesuatu produk. Bila biasanya proses jual beli dicoba secara offline baik di pasar, toko, ataupun warung, serta berjumpa secara langsung, saat ini dengan kemajuan era, proses jual beli dicoba secara online, di mana penjual serta pembeli tidak butuh repot-repot wajib berjumpa satu sama lain, namun senantiasa dapat melakukan transaksi lewat layanan internet ataupun komunikasi melalui telepon. Perihal ini membuat zona usaha yang mau bersaing di ekonomi digital wajib berpikir kreatif gimana triknya supaya produk mereka senantiasa laris di pasaran serta diketahui di dunia digital.

Bisnis e- commerce di Indonesia juga terus menjadi bertambah tajam dengan terdapatnya pandemi semenjak dini tahun 2020. Bisnis dagang berbasis online ini berkembang dekat 33 persen di tahun 2020 dengan nilai yang fantastis, dari yang di kisaran Rp 253 triliun menanjak pesat jadi di kisaran Rp 337 triliun. Laporan spesial yang sempat dirilis Google, Temasek, serta Bain Company pada Oktober 2020 melaporkan waktu yang disediakan orang buat masuk ke platform e- commerce bertambah, dari yang mulanya cuma 3, 7 jam/ hari naik jadi 4, 7 jam/ hari dikala terjalin lockdown serta menyusut jadi 4, 2 jam/ hari sehabis lockdown berakhir. Dari statment Google serta yang lain, Bank Indonesia berani memproyeksikan transaksi e- commerce hendak menghadapi peningkatan tiap tahunnya sepanjang masa masa pandemi belum berakhir.

Meningkatnya jumlah transaksi digital melalui e- commerce pula tidak lepas dari kedudukan pemerintah yang turut mendesak dunia digital ke warga, serta terus mengakselarasi pertumbuhan digital banking.

Dengan pertumbuhan dikala ini, banyak plus minus yang wajib kita tahu, terlebih dengan bermunculannya toko online yang jumlahnya dapat ribuan, apalagi jutaan. Kita wajib senantiasa waspada dengan dunia digital, sebab banyak pihak yang menggunakan serta mengambil keuntungan individu lewat penipuan. Dini mula timbulnya toko online fiktif dekat tahun 2010-2011 lewat web ataupun media sosial. Mereka memakai modus penipuan memohon transfer 50% di dini serta berjanji hendak mengirimkan produk yang dipesan konsumen. Kemudian keesokan harinya si penipu memohon pelunasan penjualan produknya sebesar 50% dengan alibi terkendala di bea cukai ataupun administrasi serta berjanji hendak lekas mengirimkan produknya. Tetapi sehabis pelunasan produk terjalin, si penipu langsung menonaktifkan no ponsel yang dipakai buat bertransaksi dengan pembeli. Banyaknya permasalahan yang terlapor semacam ini membuat pemerintah menghasilkan ketentuan menimpa toko online. Tetapi tidak seluruh toko online jahat semacam itu, banyak pula toko online yang memanglah benar-benar bernazar buat berjualan benda secara jujur, kitalah yang wajib lebih berhati-hati dalam berperan sebab peluang terjalin terdapatnya kelengahan dari pihak kita.

Pertumbuhan dunia e- commerce di Indonesia pastinya diakibatkan oleh sebagian aspek yang mendasari perkembangannya secara signifikan, semacam pesatnya perkembangan penduduk, hingga berkembangnya dunia teknologi di masa digital. Nah, terdapat sebagian aspek yang pengaruhi perkembangan e- commerce di Indonesia, semacam:

Meningkatnya Perkembangan Penduduk

Meningkatnya perkembangan penduduk jadi aspek terbanyak pengguna e- commerce di Indonesia pada dikala ini. Perihal ini pastinya sangat pengaruhi pergantian kegiatan belanja offline jadi online di e- commerce.

Meningkatnya Pengguna Smartphone

Majunya industri ponsel pintar di Indonesia pula membuat seluruh orang dapat memperoleh smartphone dengan gampang serta mengakses dengan memakai layanan internet yang ada. Perihal ini dibuktikan dengan informasi 89% dari total penduduk Indonesia sudah memakai ponsel pintar semenjak tahun 2020 kemudian. Meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia didasari sebab kebutuhan dikala pandemi yang mewajibkan anak buat sekolah online serta mempunyai fitur pendukung belajar online, semacam smartphone serta laptop.

Meningkatnya Pengguna Internet

Berkembangnya pengguna smartphone yang bertambah membuat jumlah pengguna internet pula bertambah dengan pesat. Secara informasi terdapat 70% pengguna internet di Indonesia yang memakai smartphone buat menjelajahi internet. Perihal ini mempengaruhi pula dalam melaksanakan transaksi online di marketplace, sebab pengguna smartphone lebih mendominasi dekat 75% dibandingkan pengguna laptop ataupun Komputer.

Meningkatnya Pengguna Sosial Media

Transaksi benda di e- commerce dipengaruhi oleh strategi marketing di media sosial. Oleh karena itu, kenaikan pengguna media sosial di Indonesia sangat mempengaruhi besar dalam laju pertumbuhan e- commerce di Indonesia. Dari informasi M- target melaporkan, pengguna media sosial Facebook di Indonesia sudah menggapai 122 jutaan orang serta Indonesia pula menduduki peringkat keempat terbanyak pengguna Instagram di dunia. Pertumbuhan influencer di Indonesia pula jadi aspek pendukung pengguna media sosial melaksanakan transaksi di e- commerce.

Berkembangnya Industri Teknologi Finansial

Aspek yang pula pengaruhi pesatnya angka perkembangan di e- commerce Indonesia merupakan teknologi finansial. Tercatat pada tahun 2018 dekat 66% penduduk Indonesia belum mempunyai rekening bank. Bersamaan banyaknya e- commerce bermunculan, pengguna rekening bank serta cashless bertambah. Informasi dari Bank Indonesia, pada tahun 2020, total transaksi cashless bertambah dari Rp 47, 19 triliun jadi Rp 125, 95 triliun.

Teruji pertumbuhan pemakaian duit elektronik sanggup menunjang laju perkembangan dunia digital di Indonesia. Pembayaran e- money serta pay later memudahkan Sebagian besar warga Indonesia dalam berbelanja online.

Sumber : https://www.atome.id/blog/menengok-perkembangan-e-commerce-di-indonesia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun