Mohon tunggu...
Ulin
Ulin Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobi saya adalah mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Soal dan Jawaban Post Test Modul 2: Pembelajaran yang Berpusat Pada Peserta Didik, PMM Topik Pendidikan Berjenjang Pendidikan Inklusif (Dasar)

24 Maret 2024   09:12 Diperbarui: 24 Maret 2024   09:58 33993
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Aksesibilitas merupakan salah satu unsur penting dalam lingkungan belajar yang aman, ramah, dan menyenangkan. Perhatian, kesempatan, dan perlakuan setara yang diperoleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk aksesibilitas ...

A. Fisik

B. Non Fisik

C. Akademik

D. Non Akademik

2. Dalam kasus SD Makmur, Dina kemungkinan besar merasa lingkungan belajarnya tidak aman, ramah, dan menyenangkan. Setidaknya ada 2 permasalahan utama yang perlu diatasi dari kasus Dina, yaitu ...

A. Jumlah kamar mandi yang terbatas dan perundungan

B. Kurangnya perhatian orangtua dan jumlah guru yang kurang memadai 

C. Jumlah peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas yang ada serta perundungan

D. Perhatian guru dan jumlah guru - peserta didik yang kurang berimbang

3. Cerita Aldi & Pak Budi

Berapa jumlah ketiga kelompok ini? Tanya pak Budi sambil menunjuk gambar di papan dan memberikan sedikit waktu kepada Aldi untuk menjawab.

"24, Pak," jawab Aldi.

"Bagaimana, apakah betul 24?" Tanya pak Budi kepada semua peserta didik di kelas?

"Betul, Pak," sahut mereka.

"Bagus, Aldi, yang sudah menghitung dengan lebih teliti. Terima kasih semua yang membantu" puji Pak Budi.

"Anak-anak ingat ya, bahwa perkalian itu merupakan penjumlahan yang berulang. Coba nanti kalian kembali berlatih perkalian, ya karena kita akan banyak menggunakan perkalian dalam kehidupan sehari-hari," Pak Budi mengingatkan sebelum melanjutkan penjelasan.

Dalam cerita Aldi dan pak Budi, mengapa pak Budi tidak segera memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan?

A. Ia ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa  ia bisa jika menghitung lebih teliti

B. Ia ingin membuktikan dugaannya bahwa Aldi perlu berlatih perkalian lebih banyak

C. Ia berusaha meyakinkan semua peserta didik bahwa soal itu sangat mudah

D. Ia ingin mendapatkan kesempatan memuji Aldi di depan teman sekelasnya

4. Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang terus mendapatkan nilai rendah di pelajaran matematika. Ia sering melamun dan mencoret-coret tanpa makna di buku latihan Matematika. Apa yang sebaiknya dilakukan guru terhadap peserta didik ini?

A. Melakukan asesmen kemampuan matematika (numerasi) untuk mengetahui apakah tingkat kesulitan materi pembelajarannya sudah sesuai

B. Mengingatkan peserta didik tersebut agar berusaha lebih giat termasuk belajar di rumah dengan bantuan orangtuanya atau lembaga les privat

C. Memberikan soal-soal latihan yang lebih banyak sebagai bahan latihan saat jam istirahat atau sepulang sekolah

D. Meminta dukungan orangtua agar menyediakan guru pendamping khusus bagi peserta didik yang bersangkutan

5. Terkadang sebagian peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor berikut, kecuali ...

A. Tugas yang diberikan seragam untuk semua peserta didik 

B. Jarak antara apa yang diketahui peserta didik dengan apa yang dipelajari terlalu jauh

C. Peserta didik belum memiliki kemampuan awal yang tepat  untuk dapat mengikuti pembelajaran

D. Pendidik menelusuri kemampuan awal peserta didik untuk materi yang akan diajarkan

6. Salah satu strategi pengelolaan kelas yang membangun pola pikir positif dan motivasi dalam diri peserta didik adalah ...

A. Memenuhi semua keinginan peserta didik saat jam pembelajaran

B. Memberi pujian kepada peserta didik yang mendapat nilai tinggi

C. Memuji upaya serius yang dilakukan peserta didik dalam mendukung pembelajarannya

D. Melakukan aktivitas bermain dalam pembelajaran

7. Adanya rutinitas harian di satuan pendidikan memudahkan peserta didik dan guru karena ...

A. Memfasilitasi kolaborasi antar kelas di satuan pendidikan

B. Menjadi salah satu pembiasaan positif yang menciptakan struktur dalam keseharian di sekolah

C. Dasar pemberian sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan

D. Membantu peserta didik melepaskan emosi negatif yang mereka mungkin bawa dari rumah agar dapat belajar dengan lebih tenang

8. Pada saat merencanakan pembelajaran, Bu Ceria menggunakan informasi berkenaan dengan perkembangan peserta didik. Beberapa diantaranya memiliki hambatan intelektual. Informasi perkembangan dan hambatan belajar dilakukan dari kegiatan ...

A. Asesmen Belajar

B. Identifikasi Peserta didik

C. Tes Awal Pembelajaran

D. Masa Pengenalan Lingkungan Belajar

9. Pengelolaan kelas perlu dilakukan oleh pendidik dengan memperhatikan karakteristik satuan pendidikan, baik peserta didik maupun pendidik itu sendiri. Usaha yang dilakukan dalam pengelolaan kelas akan berdampak terhadap ...

A. Meningkatnya kesadaran sebagai pendidik, peningkatan kesadaran peserta didik, dan menciptakan kontrak sosial

B. Meningkatnya kesadaran peserta didik, menciptakan kontrak sosial dan mengevaluasi masalah 

C. Diperolehnya informasi berkenaan masalah, menilai alternatif, dan peningkatan kesadaran peserta didik

D. Meningkatnya kesadaran sebagai peserta didik, dan mengidentifikasi masalah

10. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik dalam melakukan pengelolaan kelas, kecuali ...

A. Menentukan rutinitas sepanjang hari di kelas sesuai kemampuan pendidik

B. Membuat kesepakatan kelas dan aturan sebagai pedoman perilaku peserta didik

C. Mengupayakan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik

D. Mengupayakan lingkungan kelas bersih, aman, nyaman, dan segala sesuatu di dalamnya mudah di akses

11. Tutor sebaya menjadi strategi yang membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Manakah diantara prinsip berikut yang kurang tepat dalam penerapan strategi tutor sebaya?

A. Harus ada kesukarelaan baik dari yang membantu maupun yang dibantu

B. Peserta didik yang terlibat perlu diberikan informasi mengenai manfaat tutor sebaya

C. Tugas tutor sebaya harus jelas, spesifik, dan disepakati antara guru dan tutor

D. Peserta didik yang menjadi tutor sebaya harus yang paling cerdas di kelas

12. Perhatikan beberapa poin berikut:

a. Tata ruang kelas dengan rapi dan bersih

b. Sediakan buku teks pelajaran yang lengkap

c. Terapkan kesepakatan kelas dengan adil dan konsisten bagi semua peserta didik

d. Tugaskan guru-guru senior

e. Gunakan metode pembelajaran yang interaktif

f. Berikan pujian yang tulus atas upaya peserta didik.

Dari pilihan A-E, manakah yang merupakan cara menciptakan kelas yang kondusif?

A. a,b,c dan d

B. a,b,c, dan e 

C. a,c,e, dan f

D. b,c,d, dan e 

13. Manakah berikut ini yang tidak termasuk kepada prinsip pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik?

A. Membangun hubungan positif dengan peserta didik

B. Guru memberikan teladan positif bagi peserta didik

C. Merencanakan pembelajaran dengan sangat teliti dan menaati rencana yang telah dibuat

D. Memberikan penghargaan terhadap peserta didik yang berperilaku positif

14. Perhatikan pernyataan berikut!

1. membangun kolaborasi dalam pembelajaran yang kondusif

2. memberikan konsekuensi terhadap tingkah laku peserta didik yang tidak diharapkan

3. memudahkan pendidik memfasilitasi pembelajaran yang efektif

4. memudahkan peserta didik untuk selalu mempelajari apa yang mereka inginkan

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk kepada manfaat dari pentingnya pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik adalah ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun