Membumikan Kemampuan Kolaborasi di Era Teknologi yang Memerdekakan
Oleh: Ulin Yudhawati
Mahasiswa Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.
Dr. Syaiputra W.M Diningrat
Perkembangan teknologi yang begitu cepat berdampak bagi seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu pilar utama untuk membantu menciptakan dan meningkatkan performa Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap menghadapi tantangan dan perubahan. Pendidikan juga sebagai daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani seseorang agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu menghidupkan seseorang selaras dengan alam dan masyarakat melalui pembelajaran (Dewantara, 2013). Â Pembelajaran merupakan aspek penting bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam mencapai tujuan. Mustadji mengemukakan pembelajaran adalah suatu proses sistemik dimana setiap komponen saling berpengaruh bagi keberhasilan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, perekayasaan metode pembelajaran yang meliputi strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan pembelajaran perlu diupayakan terus menerus. Daya tarik pembelajaran biasanya diukur dengan kecenderungan siswa untuk terus belajar dan ketertarikan pada mata pelajaran (Mustadji, 2017).
Kedekatan antara teknologi dan pembelajaran tidak terlepas dari esensi dasar teknologi pendidikan yaitu studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses serta sumber daya teknologi. Dalam hal ini teknologi turut berperan untuk mendukung proses pembelajaran agar proses interaksi menjadi efisien dan dinamis.Â