Mohon tunggu...
Ulina Hotmaria Galingging
Ulina Hotmaria Galingging Mohon Tunggu... Guru - I Am Teacher

Pembelajar dari Alam

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hal Unik yang Ada di Kabupaten Fakfak

31 Januari 2021   15:03 Diperbarui: 31 Januari 2021   15:08 657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabupaten Fakfak terkenal dengan semboyan Satu Tungku Tiga Batu yang artinya kabupaten ini berlandaskan pada adat, budaya dan agama. Sehingga setiap perbedaan tidak akan menimbulkan perpecahan dalam kehidupan masyarakat. 

Setelah mengabdi di Fakfak selama kurang lebih 1 tahun 2 bulan, Saya menemukan banyak keunikan-keunikan yang baru kali ini saya temukan. Di bawah ini saya akan merangkum beberapa hal yang menurut saya paling unik.

SIAPA NAMA SAYA?

Selama satu tahun tinggal Fakfak saya seringkali dibingungkan oleh identitas anak-anak yang berubah-ubah, hal ini membuat pihak sekolah menjadi kesulitan saat akan mendaftarkan identitas anak ke Data Pokok Sekolah (DAPODIK). 

Kebingungan ini terjadi karena orang tua belum melakukan pengurusan Akta Kelahiran sehingga ketika mendaftarkan ke sekolah, nama anak dicatat sesuai dengan pemberitahuan lisan orang tua atau menggunakan surat baptis, namun yang membuat keadaan semakin runyam adalah nama anak di surat baptis akan berbeda dengan yang ada di Kartu Keluarga (KK) dan biasanya ketika melakukan pengurusan Akta Kelahiran pun penulisan nama anak juga berbeda. 

Sehingga ketika dilakukan pendataan disekolah seringkali seorang anak memiliki 4 nama sekaligus, Misal: Ronaldo Hindon, Andi Ronaldo Hindom, Naldo Hindom, Ando Hindom.

SAYA  ANAK SIAPA?

Pernah suatu kali saya  bertemu dengan dua orang anak yang berasal dari keluarga dan Fam (istilah marga untuk daerah timur Indonesia)  yang berbeda. Awalnya semua tampak normal, dikarenakan anak-anak yang saya temui sangat mirip dengan orang tua masing-masing dan tampak bahagia dengan keluarga mereka. hingga akhirnya saya dikejutkan oleh informasi yang menyatakan bahwa mereka adalah saudara kembar. 

Ketika pertama kami mendengar informasi itu, saya tidak langsung percaya mempercayainya dikarenakan hal tersebut seperti sebuah sebuah bahan lelucun. Seperti tidak mungkin ada orang yang kembar namun hamper tidak memiliki kemiripan sama sekali. 

Hingga akhirnya saya  mendapatkan banyak informasi bahwa sangat lumrah seorang anak diasuh oleh keluarga dari ayah atau ibunya dan yang membuat kasus ini semakin unik adalah si anak tersebut akan lebih mirip kepada keluarga yang mengasuhnya dibanding dengan keluarga kandung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun