Mohon tunggu...
Ulil Absor_New
Ulil Absor_New Mohon Tunggu... Penulis - Bismillah Walkhamdulillah

Lakukanlah kebaikan dengan cinta dan sepenuh hati (@yusufmansurnew)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Warna-warni Tulisan di Kompasiana

22 Agustus 2020   08:04 Diperbarui: 22 Agustus 2020   08:16 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lain lubuk lain belalang,begitu lah satu ungkapan dari peribahasa bahasa Indonesia yang menggambarkan bahwa setiap daerah pasti punya adat istiadat,kebudayaan masing-masing. Antar satu suku dan yang lain pasti punya corak dan ciri khas sendiri. 

Begitu pun ada satu ungkapan "Lain kepala lain pemikiran", yang artinya bahwa setiap dari individu pasti punya pemikiran yang berbeda-beda. Kalau bahasa sekarang mah,walaupun kita punya sisi mainstream,akan tetapi kita juga pasti punya mind idea,mind sett,way of life,dan cara berpikir yang berbeda-beda.

Dua latar belakang di atas mungkin itu lah salah dua dari sekian banyaknya faktor yang mempengaruhi gaya dan substansi tulisan kita di media online,khususnya di kompasiana.

Maka dalam kesempatan kali ini,penulis akan mencoba menjelaskan jenis tulisan di kompasiana berdarkan isi/substansi dari tulisan itu sendiri

1. Bersifat informatif

Di titik ini banyak sekali yang menggunakan. Blogger di kompasiana hampir semuanya menulis kontenya masuk dalam kategori informatif baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik, kebudayaan dan beberapa aspek lainya.

2. Bersifat Curhat

Berdasarkan penelitian penulis (blog walking), tidak sedikit pula tulisan/konten di kompasiana yang berbau curhat. Ada curhat tingkat individu, keluarga dan lain-lain. Yah begitulah, di sini pun kita tidak boleh men-judge mereka, karena bagaimana pun kita semua berhak mengeluarkan apa yang sedang kita pikirkan.

3. Bersifat Iklan

Di titik ini agak bagus lah, karena selain menulis kita pun tidak mau meninggalkan moment promo dari suatu objek. Tidak ada salahnya ko, malah bagus kalau kita saling promo untuk yang bersifat kemaslahaatan umum dan menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa kita, seperti promo lokasi wisata, kebudayaan,seni dan festival di daerah masing-masing. Maka dengan cara ini pula,bangsa dan wisatawan akan mengetahui tentang apa yang kita promokan.

4. Bersifat religous

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun