Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mandiri Kartu Kredit, Teman Jajanku

13 Oktober 2022   18:59 Diperbarui: 14 Oktober 2022   15:09 2365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mandiri Kartu Kredit Teman Jajanku by Ulihape

Mandiri Kartu Kredit, Teman Jajanku

Kapan pertama kali kalian memiliki kartu kredit? Aku Ketika sudah menjadi karyawan tetap, alasannya supaya sudah punya kemampuan untuk membayar kewajibannya dan jangan sampai terjebak hutang kartu kredit. 

Kartu kredit saat itu aku butuhkan untuk mengincar beli barang yang menawarkan cicilan 0%. Membayar dengan berkala cukup membantu keuangan ku yang penting bayar kewajiban sesuai tagihan dan jangan biarkan lewat jatuh tempo karena akan membebani keuangan di bulan berikutnya.

Ketika memutuskan ingin memiliki kartu kredit aku bingung mau pilih kartu kredit apa? Tentu saja aku akan memilih bank dengan kredibilitas baik, dan yang menawarkan free biaya tahunan, lalu teman kos saat itu bilang dia selalu redeem poin kartu kreditnya untuk voucher makanan, aha klop! Kartu kredit apa itu bestie tanyaku? Mandiri Kartu Kredit jawabnya.

Susah nggak ya apply-nya? Menurut temanku akan lebih cepat prosesnya kalau pengajuan dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan, so pergilah aku ke mall dekat kos-an yaitu Plaza Semanggi dan benar saja di sana aku bertemu marketing Mandiri Kartu Kredit, hanya diminta mengisi formulir, dan fotokopi KTP.

Setelah beberapa lama (hampir 2 minggu) akhirnya ada telepon ke kantorku memastikan data yang aku berikan dan seminggu kemudian aku bisa memiliki Mandiri Kartu Kredit, bahagia banget rasanya kala itu.

Hobiku adalah jajan terutama kuliner makanya kalau ada wisata kuliner paling suka deh! Wisata kuliner jadi lebih asyik bila dinikmati dengan promosi toh? Daripada bayar full, ya better bayar pakai Mandiri Kartu Kredit saja, makan banyak bayarnya irit, setuju? 

Sejak awal aku memiliki kartu kredit belum sekeren sekarang sih, dulu tagihan saja masih dikirim pakai pos kalau sekarang sudah digital. Memiliki kartu kredit pada masaku juga kesannya exclusive dan kurasi dari Bank cukup ketat pada saat itu.

Selama ini kartu kredit yang aku gunakan untuk apa saja? Jujur kebanyakan sih buat jajan makanan, urutan kedua tentu saja barang elektronik dan ketiga untuk urusan Pendidikan (menerbitkan jurnal luar negeri pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu kredit).

Mengapa jajan makanan pakai kartu kredit? Karena Mandiri Kartu Kredit selalu ada promosinya hampir di semua resto yang aku suka, entah berupa diskon potongan harga ataupun cashback. 

Penawaran menarik dari kartu kredit membantu keuangan tentunya, tapi ingat gunakan kartu kredit dengan bijak dan supaya nggak terjebak bunga sebaiknya jangan membayar tagihan minimum ya bestie! So gunakan kartu kredit sesuai kemampuan, jangan pernah telat membayar dan yang terpenting jaga kerahasiaan data kartu kredit kalian supaya terhindar dari berbagai jenis penipuan kartu kredit.

Cara Aman Bayar Bill di Restaurant Menggunakan Kartu Kredit

Pernah ada kejadian, temanku kaget Ketika tagihan kartu kreditnya datang dan ada tagihan yang menurutnya dia nggak ada pesan makanan senilai tagihan tersebut.

Setelah ditelusuri ternyata karyawan resto tersebut membuat bill tambahan lalu meminta temanku menandatangani tagihan which is temanku pikir itu memang 2 lembar dengan nilai yang sama,  tahun itu transaksi pembayaran kartu kredit belum memasukkan PIN. Kartu kredit hanya digesek ke mesin EDC dan kita pun membubuhkan tandatangan sebagai syarat sah pembayaran. 

Jajan Banyak Bayar Irit, by Ulihape
Jajan Banyak Bayar Irit, by Ulihape

So supaya bayar bill jajan makanan kalian aman bisa lakukan tips berikut ya:

  • Sebelum melakukan pembayaran minta bill dan cek dengan teliti lalu minta pelayan untuk membawa mesin EDC kepada kita dan lakukan pembayaran bersama, atau kalau memang tidak bisa maka jangan malas melangkah ke kasir untuk melakukan transaksi, jangan pernah memberi PIN kartu kredit kepada orang lain ya.
  • Jangan lupa tanyakan ada promo apa, missal kalau ada diskon nanti di bill kita bisa pastikan jumlah yang kita bayar sudah ada potongan atau kalo ada cashback supaya bisa disesuaikan pada saat tagihan bulan berjalan. 
  • Mandiri Kartu Kredit sudah menggunakan chip yang mana tingkat keamanan data nasabah lebih tinggi terlindungi daripada hanya menggunakan pita magnetic. Dan saat ini mesin EDC tidak pernah menggesek kartu kredit melainkan dengan memasukkan PIN jadi harus segera  curiga kalau ada yang menggesek kartu kredit kalian di mesin EDC ya
  • Selalu jaga kerahasiaan data kartu kredit, jangan pernah mencatat PIN, memberikan kode CVV/CVC dan kode OTP kepada orang lain dan jangan pernah gunakan jaringan wifi yang nggak kamu kenal ya

Nah bagi kalian pengguna baru kartu kredit sebaiknya saat aktivasi PIN lakukan dengan aman, 6 angka PIN harus yang susah ditebak jangan pernah membuat PIN dengan kombinasi tanggal kelahiran.

Mandiri Kartu Kredit sudah menggunakan 3D Secure Dynamic PIN, gunanya supaya saat pembayaran transaksi online hanya benar-benar dilakukan oleh pemilik kartu kredit yang sah, sistem ini bekerja dengan cara Bank Mandiri akan mengirimkan 6 angka kode PIN lewat SMS pada setiap transaksi online kalian dan hanya dikirim ke nomor seluler terdaftar jadi benar-benar keamanannya terjaga.

Hubungi layanan mandiri call 14000 (24 jam) apabila:

  • Setiap mendapat informasi yang mencurigakan, misal mendapat email berisi link tak jelas seperti meminta mengubah PIN atau pengkinian data ada baiknya tindak lanjut dengan menelepon layanan kartu kredit dengan menghubungi layanan mandiri call 14000
  • Tagihan yang tidak sesuai dan jangan melewati 30 hari sejak cetak tagihan ya
  • Pengkinian data, misal ada perubahan alamat email atau nomor telepon
  • Pembebasan biaya tahunan, aku sih selalu dapat ya hehe
  • Kartu kredit hilang segera laporkan

Selain dengan telepon bisa juga lakukan secara tertulis kepada Walk In Center Jakarta -- Customer Care Group di Menara Mandiri I Lt. 10, Jl. Jendral Sudirman Kav.54-55, Jakarta - 12190.

Well itu dia artikel kali ini, daripada menggunakan paylater aku sih lebih rekomen kalian menggunakan kartu kredit, karena bebas biaya administrasi bulanan.

tunggu apalagi.. yuk apply di Mandiri Kartu Kredit dengan KLIK DI SINI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun