Menulis artikel di blog itu mudah, namun menjaring pembaca untuk artikel yang kita tulis memang butuh cara dan triks khusus. Bahkan media online kerap menggunakan judul yang kadang nggak nyambung dengan isi hanya sekedar untuk menjaring pembaca, cara ini kerap disebut dengan clikcbait. Aku pribadi punya cara sederhana untuk menjaring pembaca, memang agak melelahkan tapi ini termasuk cara cepat untuk mendapatkan banyak pembaca pada artikel yang aku tulis.
Beberapa teman blogger juga kerap memintaku untuk sharing cara menjaring pembaca, dan beberapa kali aku share di grup whatsapp. Cara cepat ini aku sebut dengan "cara bodoh-bodoh" sebuah ungkapan yang sering aku gunakan untuk tips tanpa didasari sebuah penelitian haha.Â
Aku suka mencoba cara-cara sederhana karena memang aku nggak menguasai penulisan SEO, pemahamanku artikel SEO itu kurang menarik karena merangkai kata menggunakan keyword berulang membuat aku menulis jadi tak nyaman.Â
Namun demikian aku pernah mencoba menulis satu artikel menggunakan keyword berulang dan memang betul dalam beberapa jam aku menjaring 900 pembaca dan agak wow juga melihatnya. Namun aku nggak sreg dengan artikelnya karena rasanya aku hanya membaca keyword terlalu banyak. Tapi ada beberapa teman blogger yang aku kenal menulis artikel SEO sangat baik, rangkaian kalimat yang mengandung keyword itu ditulis dengan sempurna tanpa aku bosan membacanya.
Karena aku lemah menulis SEO akhirnya aku mencoba cara 'bodoh' untuk menjaring pembaca, cara bodoh ini agak melelahkan dan berisiko namun mampu memenuhi target jumlah pembaca apabila klien membutuhkan.
7 Cara Cepat Menjaring Pembaca
Share Link Artikel di Sosial Media
Cara cepat menjaring pembaca yang aku lakukan pertama kali setelah menulis artikel adalah membagikan link tulisan ke semua channel sosial media yang aku punya.Â
Masing-masing sosial media punya cara unik, jadi bukan hanya sekedar share link. Untuk twitter biasanya aku membagikan link dengan memberikan hestek trending topic hari itu, lalu aku akan mengklik apa yang menjadi trending topic kemudian aku cari thread yang paling ramai impressionnya dan aku reply di thread tersebut dengan kata pengantar yang bisa memancing orang untuk mengklik link artikel.Â
Untuk Facebook biasanya aku membuat cerita singkat terkait artikel diakhiri dengan bertanya "kalau kalian gimana?" atau kalimat tanya lainnya yang memancing pembaca untuk komentar dan klik link tersebut. Aku juga kerap membagikan tulisan di Linkedin dan menurutku lumayan banget hasilnya, entah karena di sana jarang berbagi tulisan sehingga orang tertarik membaca lewat linkedin.
Share di Grup Whatsapp
Sebagai blogger tentu kita punya banyak grup support ya, tapi jujur aku paling malas ikutan support seperti blogwalking. Kalaulah tujuannya untuk menambahkan pembaca maka aku lebih baik share link di grup lain dengan kata pengantar 'tolong bantuin klik ya man teman' dan respon terbesar seringnya datang dari grup alumni sekolah. Bagi teman-temanku mungkin akulah satu-satunya teman yang aktif menulis haha, beruntungnya aku punya banyak grup sekolah karena dulu suka pindah sekolah karena Papa pindah tugas.
share Link Artikel di Fanpage Brand
Agak susah menjaring pembaca untuk sponsore post, nah salah satu cara paling efektif adalah membagikan link artikel kita ke fanpage official brand. Secara nggak sengaja hal ini aku lakukan saat menulis tentang cairan pembunuh serangga, satu jam setelah share aku lihat jumlah pembaca bertambah dan ternyata link artikel ku di share admin ke grup perusahaan dan mungkin sudah dishare ke berbagai pihak juga.Â
Hal yang sama ketika aku menulis tentang sekolah anakku, ternyata link artikel ku di share sampai ke pemilik yayasan lalu pemilik yayasan menshare tulisan itu ke grup sekolah lain, wow! Itu terjadi karena aku share tulisan tersebut ke fanpage sekolah anakku.
Share Link Artikel di Kolom Komentar
Cara lain yang aku lakukan adalah membagikan link artikel di kolom komentar, cara ini juga aku dapatkan karena aku adalah salah satu orang yang punya hobi membaca komentar terlebih dahulu baru meihat isinya. Ada banyak informasi yang aku dapatkan dari kolom komentar, alhasil aku kepikiran untuk membagikan link artikel di kolom komentar. So kolom komentar apa aja ya? Yang paling ramai tuh di kolom komentar channel youtube yang jadi trending pada hari berjalan. ada 10 trending yang biasanya aku kunjungi dan pasti ada saja TS yang banyak mendapat reply nah aku akan nebeng di komentar tersebut. Gunakan kata pengantar yang sesuai obrolan mereka. Misal saat ATTA dan Aurel menikah jadi deh aku komen dengan kalimat " wih ada poto mesra ATTA Aurel nih" trus aku sisipkan link artikel yang sudah aku pendekkan dengan bit.ly/Potomesra (misal)
Beriklan di Facebook atau InstagramÂ
Cara yang berbayar juga ada nih, aku lakukan promo artikel lewat facebook/instagram dan modalnya hanya 30K saja lumayan bisa mendatangkan 100-200 pembaca.Â
Bila memilih cara ini maka kalian harus bisa menentukan audience dan tujuan beriklan, serta membuat caption menarik sehingga orang yang disasar tertarik mengklik. So far pengalamanku caption yang mengundang banyak pembaca bila kita kaitkan dengan "cara mudah mendapatkan uang" atau "Cara mudah mendapatkan pekerjaan". 30K itu biasanya aku bagi menjadi 3 hari, pernah juga aku habiskan untuk 1 hari saja hasilnya tidak berbeda signifikan.Â
Share Kepada Orang Marketing
Ini juga butuh effort so dari fanpage biasanya ada nomor yang bisa kita hubungi, sekarang semua brand punya nomor WA, nah aku biasanya share ke sana dan responnya biasanya orang marketing bahagia karena dia juga seperti mendapat bahan untuk 'jualan'. Perlu diingat gunakan sapaan dengan memperkenalkan diri ya dan bukan nggak mungkin ada peluang dapat job loh dengan menggunakan cara ini.
Share di Komunitas Receh
Cara terakhir ini agak berisiko haha, aku sudah beberapa kali kena kick dari komunitas karena membagikan artikel yang nggak sesuai topik komunitas dan akhir-akhir ini aku sudah jarang melakukannya. Tapi dulu ini adalah cara paling mudah menurutku, Â modelnya sama dengan cara clickbait yang bikin kesel haha.
Itu dia cara cepat menjaring pembaca bagi artikel kalian, karena aku sibuk maka biasanya aku melakukan kegiatan ini satu sampai dua jam setelah artikel publish. Efeknya kalau sekedar menambah pembaca lumayan sih, tapi untuk kesehatan blog aku kurang paham entah kegiatan ini dianggap spam atau bagaimana. Kalau kalian punya cara apa untuk menaikkan pengunjung blog? Share yuk!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H