Dulu waktu aku kecil kalau papa menjemput pulang sekolah dengan sedan Corolla tua kami maka sampai rumah baju basah, konon katanya seperti habis sauna, enakan naik becak daripada di dalam mobil.
Kemudian berteman dengan anak-anak orang kaya setiap nebeng mobil jemputannya, sama sih sedan juga tapi selalu adem bahkan tak jarang kami tertidur, pikirku pastilah karena mobilnya mahal
Kuliah dan sesekali dijalanan suka melihat sisa kecelakaan dimana banyak pecahan kaca dijalanan, dan suatu ketika agak kagum melihat mobil 'mahal' tabrakan tapi kacanya meski retak tetap menempel tak berserakan.
[caption caption="acara coverage keren kaca filmnya juga lebih keren|Dokpri di V-Kool "]
Dan akhirnya semua tanya ditiap kejadian diatas bisa terjawab berkat kompasiana mengadakan Coverage bersama V-Kool Indonesia pada penghujung Mei kemarin, tepatnya hari Minggu 29 Mei 2016 berlokasi di Jalan Trembesi Kemayoran.
Acara yang dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 9 pagi membuat aku, suami dan anak-anak berangkat dari Tangerang sepagi mungkin dengan tujuan menghindari panas yang agak ekstrim akhir-akhir ini, alhamdulillah kami bisa hadir tepat waktu dan beberapa menit kemudian rombongan kompasianer yang berangkat dari Palmerah pun tiba menggunakan bis.
Registrasi, mengisi kuisioner dan menukarnya dengan nomor doorprize, lalu semua kompasianer diajak keatas untuk menikmati wellcome drink dan santap dimsum..suasana lantai dua sangat nyaman, berupa Lounge ada bar , kursi-kursi empuk bahkan kursi pijat ada disana dan pertama kalinya Kanda anakku tertarik dengan sebuah meja gede ditengah ruangan dan ada bola-bola, yes nak ini meja bilyard really cozy  area ..
Lalu Pak Billy dari team V-Kool hadir dan acarapun dimulai, ternyata kali ini beda banget pelaksanaan Coveragenya, biasanya seluruh kompasiana akan mendengar pemaparan materi secara bersamaan, namun kali ini dibagi menjadi dua kelompok, peserta umum dan peserta yang membawa mobil. Peserta umum diajak kembali ke loby dan peserta yang membawa mobil stay di lantai 2.
Kami adalah peserta yang membawa mobil  dan dengan suasana santai kami mendengarkan penjelasan Pak Billy apa sih V-Kool?
Saya yakin semua pembaca pernah mendengar atau membaca I'm V-Kool, tulisan ini biasanya sangat khas  menempel di Kaca Film Mobil, dan kamu akan makin bangga ketika tahu tagline ini adalah murni karya Indonesia yang digunakan di negara lainnya pula. V-Kool adalah merk kaca film di kelas premium, dan di Indonesia merk asal Amerika ini dimiliki oleh PT V-Kool Indo Lestari dan sejak tahun 1995 bertahan sebagai brand premium nomer wahid di Indonesia. Hal lain yang mungkin terbersit disaat mendengar V-Kool adalah "MAHAL", nah bicara harga sudah paham donk ada harga ada kualitas. So kenapa V-Kool mahal? Setelah saya ikuti penjelasan dari Pak Billy barulah saya paham mengapa brand satu ini begitu mewah!
1. Mengurangi cahaya matahari yang masuk lewat kaca, tentunya berharap adem didalam mobil.
2. Meningkatkan Penampilan, entah kenapa jadi makin keren aja setiap mobil dilapisi kaca film, gagah rasanya
3. Efisiensi Energi, penggunaan kaca film diyakini bisa mengurangi panas sehingga bisa pula mengurangi pemakaian bahan bakar
4. Membuat aman, karena bisa melindungi pengendara dari serpihan kaca apabila terjadi tabrakan.
Â
Empat hal diatas adalah alasan umum orang memasang kaca film pada kendaraannya. Dan tentunya semua dimiliki juga oleh V-Kool.
V-Kool adalah polyester film transparan yang memantulkan infra merah yang dapat direkatkan ke permukaan kaca yang pada awalnya dikembangkan untuk program ruang angkasa dan saat ini diadaptasi untuk penggunaan komersial, dan V-Kool merupakan kaca film pertama di dunia yang menerapkan teknologi canggih yang digunakan NASA pada pesawat Stealth Bomber.
Dan yang perlu di catat adalah V-Kool itu kaca film ajaib, loh kok bisa ? Yup ! V-Kool itu menolak panas bukan menyerap panas ! V-Kool menolak panas Infra Red (IR) dan sinar Ultra Violet (UV) yang bisa menjadi penyebab kanker kulit, memaksimalkan kejernihan daya pandang untuk memberikan kesejukan dan rasa lebih nyaman di dalam mobil/kendaraan.V-Kool mempunyai kemampuan menolak panas seperti cermin yang akan membantu kaca dan interior pada temperatur sejuk dan nyaman. V-Kool mampu menolak panas hingga 98% sinar IR dan 99% sinar UV. Dan hanya V-Kool satu-satunya kaca film yang mengandung emas, bahkan dengan teknologi pelapisan mutakhir dari V-Kool bisa menghemat bahan bakar sampai 3%.
Dari penjelasan Pak Billy maka sudah bisalah dibayangkan kenapa V-Kool memposisikan dirinya di kelas premium, karena teknologi yang digunakan benar-benar canggih. Setelah pemaparan , kompasianer diajak ke basement, dimana sejak awal mobil kami sudah dipindah kesana untuk bisa dibandingkan nantinya dengan kendaraan yang menggunakan kaca film V-Kool, sebaliknya peserta umum kembali ke lantai dua untuk mendengar kehebatan V-Kool dari Pak Billy.
Kompasianerpun dipersilahkan masuk kedalam mobil masing-masing dan kaca mobil disorot dengan lampu 1000 watt, alamaaakk panas banget, asli kek sauna.. dan kaca film yang ada dimobil kamipun diukur oleh tim V-Kool menggunakan sebuah alat untuk mengetahui daya serap dan daya tolak sinar ada tiga kriteria penilaian yaitu visible,IR dan UV. Setelahnya kami dipersilahkan mencoba pula kenyamanan V-Kool pada mobil yang sudah disiapkan, ahaaa nyess nyatanya beda, faktanya memang adem, tak silau, so its technology men ! Berbicara teknologi maka sudah tentu melalui proses yang lama dan teruji, jadi kenyamanan mewah yang kamu dapatkan dari V-Kool adalah jawaban mengapa dia diposisi premium!
Akankah V-Kool Bertahan?
PT V-Kool Indo Lestari menyadari seiring dengan majunya dunia otomotif maka pesaing pin bermunculan dengan segala strategi pasarnya, dan V-Kool berkomitmen tidak akan men-downgrade V-Kool karena bila konsumen menginginkan produk serupa dengan harga yang lebih murah maka PT. V-Kool mempunyai beberapa merk kaca film ,seperti Solar Gard dan  Huper Optic, dan saat ini fokus tim V-Kool adalah memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya memilih kaca film dengan kelas premium, seperti halnya saya merasa mendapat pengetahuan baru dari acara ini dan saya jadi paham bagaimana V-Kool bisa menjadi sebuah pilihan kelak untuk kendaraan kami, dengan kenyamanan, efisiensi biaya dan pelayanan maka V-Kool sangat layak menjadi pilihan mobil anda.
Edukasi ini akan terus dilakukan tim V-Kool dengan mengikuti berbagai pameran pemerintah, pameran automotiv bahkan mereka saat ini hadir di pusat perbelanjaan sehingga diharapkan dengan melek informasi maka masyarakat bisa memilih V-Kool untuk aksesoris mobil, bahkan hunian mereka. V-Kool juga melakukan edukasi lewat program promosinya, seperti pada Februari sampai April 2016 ada program cek kaca film dengan hadiah yang menarik.
Dan meski tahun 2016 terjadi penurunan terhadap daya beli masyarakat terhadap kendaraan pribadi, tapi management V-Kool tetap optimis mereka bisa bertahan di kelas premium karena selama ini V-Kool bekerja sama dengan berbagai merk mobil terkenal sebagai OEM (Original Equipment Manufacturer), dan edukasi yang berkelanjutan diharapkan bisa membuat mobil yang belum memakai V-Kool akan beralih atau pembelian mobil bekas juga menjadi target pasar mereka.
V-Kool juga menyadari bahwa pada era digital harus bisa mendekatkan diri dengam konsumen, karenanya V-Kool juga melalui websitenya mempunyai komunitas atau yang disebut Klubi-Kool, kalau teman-teman ingat betapa cozynya area dilantai dua naaah itu adalah sebuab komitmen V-Kool untuk bisa dekat dengan konsumen dan mitra bisnisnya.
Kehebatan lainnya apa ?
Pada saat sesi tanya jawab ada pertanyaan tentang harga V-Kool, dan kurang terjawab sebenarnya, mungkin karena merasa tak pantas sebut harga, tapi jangan khawatir masuk saja ke websitenya maka kita bisa loh mencari tahu biaya yang kita perlukan untuk memasang V-Kool di kendaraan atau bangunan, akan ada estimasinya dan kamu bisa langsung klik booking untuk pesan dan dianjurkan 3 atau 5 hari sebelumnya sudah melakukan pemesanan, proses pemasangan sudah dijamin profesional, lah garansinya aja 5 tahun kok !
Di lantai loby aku sudah melihat beberapa produk V-Kool, yaitu :
1. V-Kool 70, produk satu ini kekhasannya adalah memilik VLT (Visible Light Transmission) 70%, selama ini konsumen selalu salah paham akan pengertian ini, konsumen beranggapan ini adalah tingkat kegelapan, padah bukan. Dengan tingginya VLT maka yaitu 70% dengan kegelapan 20% artinya kaca ini lebih terang dan mampu memantulkan sinar IR sampai 94%, jenis ini diakui yang paling laris untuk mobil dan bangunan.
2. V-Kool 40
3. V-Kool 55
4. V-Kool VIP
5. V-Kool X05
6. V-Kool X15
Keunggulan masing-masing produk bisa anda dapat dengan detail di website V-Kool : vkool-indonesia.com
apa sih keuntungan menggunakan kaca film V-Kool ?
2. Mengandung emas mulia, akan mampu meningkatkan  kekutan dan daya tahan
3. Menolak sinar IR dan UV yang membuat mobil bak sauna, dan dengan V-Kool akan nyesss ademnya
4. Â Meminimalkan pecahan kaca saat terjadi benturan
5. Self Healing, mampu memulihakn diri sendiri melalui panas, misal nih film kacanya kegores maka beberapa waktu kemudian akan membaik sendirik dan sudah melalui uji abrasi ASTMD1044
6. Sun  Protector Factor 200+, ini khusus melindungi kita dari sinar UV yang berbahaya
Dan jangan sampai juga kamu terkecoh akan tawaran harga yang murah, so harus teliti sebelum membeli ya guys! Maklum di Negara kita banyak barang serupa tapi tak sama hehehe
Berikut adalah Tips untuk mengetahui kaca film palsu :
1. Cetakan Logo jangan meleber, perhatikan guys cetakan logo harus halus, karena kalau kasar bisa membuat kaca film bergelombang.
2. Warna, yang asli pasti awet warnanya, kalau palsu hitungan bulan akan terjadi perubahan warna
3. Ketebalan, kalo yang asli makin tipis makin kaku, sebaliknya yang palsu semakin tipis semakin lentur
4. Nah untuk kaca film harga sebanding dengan kualitas
5. Memiliki Garansi, ini merupakan layanan purna jual yang harus dimiliki guys
6. Setelah dipasang cek lagi dibengkelnya, biasanya bisa dicek dengan menempelkan lampu sorot, lampu sorot mampu memberikan panas pada kaca, bila palsu maka lampu sorot bisa membuat kacah pecah
Nah kalau mobilnya sudah pakai V-Kool kamu harus ikuti 5 langkah ini untuk merawat kaca film mu tetap awet :Â
1. Selalu gunakan kain lap yang bersih, dan pisahkan lap basah dan lap kering
2. Gunakan cairan khusus untuk wiper sehingga elastisitas kaca film tetap terjaga
3. Bila hujan segera keringkan kaca dari embun, hal ini menjaga visibilitasnya
4. Jangan gunakan bahan kimia atau alkohol, selain merusak peredam panasnya juga bisa merusak struktur kaca filmnya
5. Gunakan sabun pembersih dengan pH balance, contohnya shampo baby bisa digunakan
Â
Akhirnya acara coverage harus berakhir, semua kompasianer begitu dimanjakan dengan sajian makan siang yang wow banget , poto bareng dan lalu acara berakhir so guys  satu kesimpulanku bahwa dengan segala kemewahannya maka wajarlah V-Kool menjadi pionir kaca film premium di Indonesia, bravo V-Kool !
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H