Mohon tunggu...
Ulfatuz zahiroh
Ulfatuz zahiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas trnojoyo madura

artikel pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa Asistensi Mengajar Ciptakan Pengalaman Unik: Bioskop Keagamaan untuk Meningkatkan Karakter Agamis dan Religius Siswa

13 November 2023   15:30 Diperbarui: 13 November 2023   17:54 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Asistensi Mengajar Ciptakan Pengalaman Unik: Bioskop Keagamaan untuk Meningkatkan Karakter Agamis dan Religius Siswa

oleh [sekar dewi rara cahyati]

Mahasiswa asistensi mengajar di UPTD SDN Gili Timur 2 tidak hanya terfokus pada transfer pengetahuan akademis, tetapi juga berupaya mengembangkan karakter dan spiritualitas siswa. Sebuah inovasi menarik datang dari mereka yang mengasistensi di UPTD SDN Gili Timur 2 dengan menyelenggarakan kegiatan bioskop keagamaan. Artikel ini mengangkat peran mahasiswa dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang berbeda untuk meningkatkan karakter agamis dan religius siswa.

Di tengah arus informasi modern, pendekatan kreatif dan inovatif diperlukan untuk mendekatkan siswa dengan nilai-nilai agama dan spiritualitas. Mahasiswa asistensi di sekolah tersebut merespons tantangan ini dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna melalui kegiatan bioskop keagamaan.

Tujuan Bioskop Keagamaan

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah membuka ruang diskusi dan refleksi tentang nilai-nilai agama dan moralitas yang terkandung dalam berbagai film keagamaan. Mahasiswa berharap agar melalui pengalaman menonton film, siswa dapat lebih memahami makna ajaran agama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk merangsang minat siswa terhadap pembelajaran keagamaan.

Seleksi Film dan Penyelenggaraan Kegiatan

Mahasiswa asistensi mengajar dengan cermat memilih film-film keagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai yang ingin disampaikan. Mereka mengajak guru dan staf sekolah untuk ikut serta dalam memilih film agar mendukung tujuan pembelajaran. Kegiatan ini diadakan secara berkala dengan menayangkan film-film berbeda setiap kali pelaksanaan, menciptakan variasi dan keberagaman tema.

Diskusi dan Interaksi

Setelah menonton film, siswa diajak untuk berpartisipasi dalam sesi diskusi dan refleksi. Mahasiswa asistensi memandu diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis siswa terkait nilai-nilai yang terkandung dalam film. Diskusi ini menjadi kesempatan bagi siswa untuk berbagi pandangan dan pengalaman pribadi mereka, menciptakan suasana dialog dan penghargaan terhadap keberagaman keyakinan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun