PENDIDIKAN KARAKTERÂ
Moral knowing Moral feelingMoral action
Oleh Ulfa Nur Karomah
 karakter adalah pendi dikan yang mengupayakan pengembangan cara berpikir dan berperilaku yang peduli, jujur, ulet, tabah, tanggung jawab, menghargai diri sendiri dan orang lain kepada siswa oleh sekolah.
Makna Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action
 Pengembangan karakter menurut Lickona mengindikasikan dalam tiga aspek, yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action. Moral knowing merupakan penalaran moral dan kemampuan seseorang untuk mengevalu asi diri sendiri dengan mengamati lingkungan sekitar. Moral feeling merupa kan moral yang berhubungan dengan perasaan, simpati, dan kepedulian terhadap orang lain. Moral action merupakan berhubungan dengan perilaku atau tindakan seseorang yang tergantung dengan kemauan, kompetensi, dan kebiasaan. Berikut ini bagan keterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral action (Chanifah, 2020: 122-123).
 Moral Knowing
Kesadaran moral, Pengetahuan nilai moral, Penentuan perspektif, Pemikiran moral, Pengambil keputusan
Moral Feeling
Hati nurani, Harga diri, Empati, Mencintai hal yang baik, Kendali diri
Moral Action
Kompetensi, Keinginan, Kebiasaan
upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi permasalahan degradasi moral 4.0 pada anak di Indonesia adalah dengan menanamkan pendidikan karakter yaitu dengan pendekatan agama dan kearifan lokal yang tidak bertentangan dengan suatu keyakinan anak, dan yang terakhir yaitu keteladanan merupakan metode pembelajaran yang efektif yang telah dilakukan oleh para nabi, terutama Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam dalam menanamkan akhlak mulia kepada umatnya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H