benarkah daya beli masyarakat Indonesia saat ini tengah mengalami fase stagnan? Dari yang terlihat terjadinya sinyal pelemahan daya beli terdeteksi , seperti merosotnya sejumlah permintaan.
Artikel ini bertujuan untuk membahas faktor yang mempengaruhi daya beli masyarakat serta solusi yang dapat diimplementasikan untuk mengatasi dampak negatifnya:
Faktor yang Memengaruhi Daya Beli Masyarakat
Jika berbicara mengenai daya beli masyarakat, sebaiknya kita pahami dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan daya beli masyarakat itu. Yang dimaksud dengan daya beli masyarakat adalah seberapa tinggi tingkat kemampuan masyarakat dalam membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.
1. Perubahan Harga
Faktor penentu daya beli masyarakat adalah harga barang dan jasa. Daya beli masyarakat akan cenderung menurun harga produk dan jasa akan meningkat. Namun sebaliknya daya beli masyarakat akan meningkat seiring dengan penurunan harga. Oleh karena itu cobalah melihat harga suatu barang di pasaran untuk mengetahui daya beli dari barang tersebut.
2. Inflasi
Apa pengaruh inflasi terhadap daya beli?
Inflasi sendiri merupakan suatu kondisi dimana harga barang secara umum terus meningkat. Dalam situasi ini, nilai mata uang menurun. Beberapa penyebab inflasi disebabkan karena jumlah kebutuhan bertambah tetapi stok terbatas.
Alasan lainnya adalah biaya produksi jasa yang meningkat dan jumlah uang yang beredar di masyarakat cukup tinggi.
Jika inflasi tidak dikendalikan, penurunan kekuatan warga negara tidak dapat dihindari.
3. Pendapatan Riil Masyarakat
Pendapatan riil adalah jumlah pendapatan setelah perubahan harga. Setiap tahunnya, harga barang cenderung meningkat. Ketika pendapatan riil meningkat, seseorang dapat membeli lebih banyak barang dan jasa dari biasanya. Inilah pentingnya penyesuaian pendapatan dan kenaikan harga barang dan jasa di pasar, karena pendapatan dan harga bisa meningkat secara bersamaan.
=solusi
Ada 3 solusi untuk mengatasi penurunan pembelian masyarakat sebagai antisipasi kemungkinan perlambatan penjualan. Solusi ini bertujuan untuk menghentikan laju penurunan penjualan , meminimalkan penurunan laba perusahaan dan mengamankan keuangan perusahaan.
1. Optimalisasi Penjualan
Apa yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan, antara lain promosi yang efektif dan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia meminimalisir turunnya penjualan akibat menurunnya daya beli masyarakat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.
2. Pengurangan Biaya (Cost Reduction)
Jika barang diproduksi pertama kali melalui proses produksi, penurunan perputaran mengakibatkan kapasitas. Kapasitas menganggur akan berakibat beban biaya tetap per satuan produk menjadi lebih besar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H