Pengertian Teks NegosiasiÂ
 Teks negosiasi adalah teks yang berisi gagasan, pendapat, tawaran, permintaan, bujukan, rayuan, dan penawaran dengan tujuan agar pihak lain sependapat atau mengikuti kehendak penulis atau pembicara.
Secara lebih rinci, pengertian teks negosiasi adalah:
1. Teks yang berisi ide, gagasan, penawaran, ajakan, atau bujukan dari satu pihak ke pihak lain agar sepakat melakukan atau menyetujui sesuatu sesuai keinginan pihak yang mengajukan.Â
2. Bentuk tulisan atau wacana yang bertujuan menyampaikan pendapat kepada orang lain dengan harapan orang tersebut sepaham, setuju, atau mau melakukan apa yang diinginkan penulis atau pembicara.
3. Jenis teks komunikatif yang menyampaikan opini, pendapat, ide, dan gagasan yang diusulkan kepada pihak tertentu untuk meyakinkan atau mempengaruhi pihak tersebut agar menerima ide/gagasan yang diajukan.
Jadi pada intinya, teks negosiasi digunakan untuk mengajukan ide, gagasan, penawaran, atau permintaan kepada pihak lain dengan harapan agar pihak tersebut sepakat atau setuju dengan isi teks negosiasi yang disampaikan.
Jenis-jenis Teks Negosiasi
 Jenis-jenis teks negosiasi antara lain:
1. Teks proposalÂ
Adalah teks negosiasi resmi yang berisi penawaran ide, gagasan, atau rekomendasi untuk tujuan bisnis, kerja sama, atau penelitian. Proposal bersifat formal dan ditujukan kepada klien atau mitra bisnis.
2. Teks iklan
Bertujuan mengajak khalayak agar mau membeli, menggunakan, atau mendukung produk/jasa yang ditawarkan. Teks iklannya bersifat membujuk dan meyakinkan.
3. Teks resensiÂ
Berisi ulasan, komentar dan rekomendasi sebuah karya atau produk agar orang tertarik membacanya. Bersifat membujuk dan opini orang pertama.
4. Teks opini
Berisi pendapat, pandangan, dan komentar seseorang tentang topik aktual untuk meyakinkan pembaca agar sepaham. Bersifat subjektif dan berusaha mempengaruhi opini publik.Â
5. Teks editorialÂ
Teks jenis opini yang berisi pandangan resmi redaksi media massa tentang isu aktual. Bertujuan mempengaruhi opini pembaca agar sependapat dengan pandangan editorial tersebut.
Struktur Teks Negosiasi
 Struktur teks negosiasi secara umum terdiri dari:
1. Pendahuluan
Berisi pengenalan latar belakang, tujuan negosiasi, dan penjelasan singkat posisi penulis. Bertujuan menarik perhatian pembaca.
2. Penawaran / permintaan
Memaparkan inti negosiasi yakni ide, gagasan, penawaran, permintaan, atau rekomendasi yang diajukan kepada pihak lain. Dilengkapi data dan fakta pendukung.
3. ArgumenÂ
Berisi alasan-alasan logis dan bukti pendukung yang diajukan agar negosiasi diterima pihak lain. Argumen bersifat meyakinkan dan berdasar data objektif.
4. Mengatasi keberatan
Bagian yang menjawab kemungkinan adanya sanggahan atau keberatan dari pembaca terhadap negosiasi yang diajukan. Bersifat persuasif.
5. PenutupÂ
Merangkum seluruh isi negosiasi dan mengemukakan kembali manfaat menerima negosiasi yang diajukan penulis. Bersifat mengajak dan mendorong.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI