Mohon tunggu...
Uji Saputri
Uji Saputri Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

"Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." - Ir. Soekarno.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengertian, Jenis-jenis, dan Struktur Teks Negosiasi

17 Desember 2023   12:50 Diperbarui: 17 Desember 2023   12:52 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Teks Negosiasi 

 Teks negosiasi adalah teks yang berisi gagasan, pendapat, tawaran, permintaan, bujukan, rayuan, dan penawaran dengan tujuan agar pihak lain sependapat atau mengikuti kehendak penulis atau pembicara.

Secara lebih rinci, pengertian teks negosiasi adalah:

1. Teks yang berisi ide, gagasan, penawaran, ajakan, atau bujukan dari satu pihak ke pihak lain agar sepakat melakukan atau menyetujui sesuatu sesuai keinginan pihak yang mengajukan. 

2. Bentuk tulisan atau wacana yang bertujuan menyampaikan pendapat kepada orang lain dengan harapan orang tersebut sepaham, setuju, atau mau melakukan apa yang diinginkan penulis atau pembicara.

3. Jenis teks komunikatif yang menyampaikan opini, pendapat, ide, dan gagasan yang diusulkan kepada pihak tertentu untuk meyakinkan atau mempengaruhi pihak tersebut agar menerima ide/gagasan yang diajukan.

Jadi pada intinya, teks negosiasi digunakan untuk mengajukan ide, gagasan, penawaran, atau permintaan kepada pihak lain dengan harapan agar pihak tersebut sepakat atau setuju dengan isi teks negosiasi yang disampaikan.

Jenis-jenis Teks Negosiasi

 Jenis-jenis teks negosiasi antara lain:

1. Teks proposal 

Adalah teks negosiasi resmi yang berisi penawaran ide, gagasan, atau rekomendasi untuk tujuan bisnis, kerja sama, atau penelitian. Proposal bersifat formal dan ditujukan kepada klien atau mitra bisnis.

2. Teks iklan

Bertujuan mengajak khalayak agar mau membeli, menggunakan, atau mendukung produk/jasa yang ditawarkan. Teks iklannya bersifat membujuk dan meyakinkan.

3. Teks resensi 

Berisi ulasan, komentar dan rekomendasi sebuah karya atau produk agar orang tertarik membacanya. Bersifat membujuk dan opini orang pertama.

4. Teks opini

Berisi pendapat, pandangan, dan komentar seseorang tentang topik aktual untuk meyakinkan pembaca agar sepaham. Bersifat subjektif dan berusaha mempengaruhi opini publik. 

5. Teks editorial 

Teks jenis opini yang berisi pandangan resmi redaksi media massa tentang isu aktual. Bertujuan mempengaruhi opini pembaca agar sependapat dengan pandangan editorial tersebut.

Struktur Teks Negosiasi

  Struktur teks negosiasi secara umum terdiri dari:

1. Pendahuluan

Berisi pengenalan latar belakang, tujuan negosiasi, dan penjelasan singkat posisi penulis. Bertujuan menarik perhatian pembaca.

2. Penawaran / permintaan

Memaparkan inti negosiasi yakni ide, gagasan, penawaran, permintaan, atau rekomendasi yang diajukan kepada pihak lain. Dilengkapi data dan fakta pendukung.

3. Argumen 

Berisi alasan-alasan logis dan bukti pendukung yang diajukan agar negosiasi diterima pihak lain. Argumen bersifat meyakinkan dan berdasar data objektif.

4. Mengatasi keberatan

Bagian yang menjawab kemungkinan adanya sanggahan atau keberatan dari pembaca terhadap negosiasi yang diajukan. Bersifat persuasif.

5. Penutup 

Merangkum seluruh isi negosiasi dan mengemukakan kembali manfaat menerima negosiasi yang diajukan penulis. Bersifat mengajak dan mendorong. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun