Kunci sukses berbisnis online bukan hanya soal produk yang bagus atau marketing yang unggul, tapi juga perlu didukung layanan pengiriman barang yang tepat waktu dan aman tanpa kerusakan sampai di tangan konsumen. Â
Pagi itu, Estri tampak sumringah. Beberapa pesan bergambar masuk ke handphonenya. Deretan foto gamis dan sweater yang dikirim Eva, rekannya, lewat aplikasi whatsapp membuatnya berbunga-bunga. Eva berkabar bahwa baju rancangan mereka sudah selesai dijahit. Total ada 10 rancangan yang mereka produksi.
Sudah sebulan ini mereka berkutat dengan urusan produksi fashion. Merancang baju, membuat label, membuat akun media sosial, sampai mencari penjahit sudah mereka jabani. Rupanya mereka sedang semangat-semangatnya memproduksi barang perdana untuk brand fashion yang mau mereka launching, Maleva.
Sedikit menerawang, Estri mengenang pertemuannya dengan Eva. Keduanya bertemu dalam sebuah pelatihan bisnis online di Bandung. Merasa sevisi, mereka berkongsi membuat sebuah brand fashion baru. Targetnya membuat pakaian muslim yang modis dan stylist.
Sejatinya mereka bukan pemain baru di bisnis online. Sebelumnya, masing-masing sudah berjualan online. Estri adalah reseller mukena Bali, sedangkan Eva adalah reseller baju muslim.
Melihat perkembangan bisnis online yang semakin menggiurkan, Estri tertantang untuk melangkah jauh. Katanya daripada jadi reseller yang cuma membesarkan brand orang lain, kenapa tidak membuat brand sendiri? keseriusannya ini dibuktikan dengan mengikuti pelatihan bisnis online. Disinilah dia bertemu dengan Eva yang punya niat yang sama.
Tak dipungkiri terjun ke dunia bisnis penuh tantangan. Hal ini disadari olehnya. Berbekal ilmu yang didapatkan dari mengikuti pelatihan, ia tahu kunci sukses di bisnis ini. Selain produk yang oke dan strategi marketing online yang mumpuni, kunci penting lainnya adalah pemilihan jasa logistik yang mumpuni.
Ia paham ketepatan waktu dan keselamatan pengiriman barang pesanan menjadi hal yang sangat penting. "Saya tak bisa main-main memilih partner jasa pengiriman paket. Saya harus yakin betul reputasinya," ungkapnya.
"Kebahagiaan pertama orang belanja online itu ketika barang sampai tepat waktu bahkan kalau bisa datang lebih cepat. Service utama jasa kurir bagi pebisnis online yaa itu, bisa anter barang tepat waktu dan packaging rapih untuk memastikan keamanan barang kiriman, ini menurut saya sebagai tukang jualan yaa...," kata Estri lagi.
Ketika saya tanya lebih jauh, perusahaan kurir apa yang dipilihnya? Dengan mantap ia menjawab, "J&T Express!"
"Mukena saya bisa datang tepat waktu ke pelanggan sesuai estimasi waktu pengiriman, demikian pula kalau saya memesan barang dari agen," katanya soal ketepatan waktu pengiriman J&T Express.
Yang paling asyik dari layanan J&T Express adalah layanan gratis jemput paket di tempat tanpa minimum jumlah dan berat paket. "Sebagai ibu rumah tangga yang harus stay di rumah dan gak bisa bawa kendaraan, layanan ini sangat membantu saya ketika ada barang yang harus dikirim ke konsumen. Saya tinggal memesan layanan jemput paket dan nanti sprinter (kurir) J&T akan datang ke rumah," Estri menjelaskan.
Layanan ini bisa jadi solusi bagi para penjual online, terutama emak-emak yang tidak mau direpotkan dengan urusan kirim-kirim barang ke konter kurir. Kalau dihitung-hitung, layanan ini bisa mereduksi biaya antar barang ke konter kurir. Kalau satu atau dua kali datang ke konter kurir mungkin kecil, tapi kalau ratusan kali bolak balik ketika omset meledak? Lumayan bisa menghemat waktu dan biaya.
Estri juga menyinggung pentingnya melacak proses pengiriman. Di aplikasi J&T yang bisa diunduh di smartphone android maupun iphone, J&T Express punya fitur detail tracking system secara real time. Baik pengirim maupun calon penerima bisa sama-sama melacaknya langsung.
"Yang saya suka dari fitur tracking paket J&T ini adalah kita bisa melacak posisi paket kita dengan cukup scan QR Code langsung. Simpel karena kita gak perlu masukin nomor pengiriman paket kita yang kadang panjang-panjang," begitu komentarnya soal fitur pelacakan J&T Express pada aplikasi androidnya.
"Tahu gak apa yang membuat saya yakin membangun brand Maleva ini di tengah persaingan bisnis online yang sedemikian padat? Karena saya terinspirasi oleh J&T Express. Bayangkan, J&T Express baru berdiri 2015 tapi kini dalam waktu 4 tahun saja sudah menjadi pemain penting dalam bisnis logistik. J&T Express aja bisa sukses dalam waktu singkat, masa Maleva nggak bisa?" ungkap Estri dengan optimis.
Hmm, saya jadi penasaran. Emang sebagus apa sih J&T Express itu? Saya mencoba menelusuri rekam jejak J&T Express sejak berdirinya hingga sekarang.
***
J&T Express mulai beroperasi sejak tahun 2015, tepatnya 20 Agustus 2015 bersamaan dengan diresmikannya PT. Global Jet Express. Perusahaan ini diinisiasi oleh Jet Lee, mantan CEO OPPO Indonesia, dan Tony Chen, founder OPPO Internasional. Mungkin ini pula kenapa perusahaan ini dinamakan J&T, mengambil inisial nama pendirinya. Hmm, dari nama pendirinya yang lekat dengan OPPO, saya sih tak heran J&T Express bisa melejit dalam hitungan 4 tahun saja. Tahu kan, OPPO sendiri begitu masuk ke negeri ini langsung jadi trendsetter smartphone.
Dengan slogan Express Your Online Business saya melihat J&T Express membangun pondasi bisnisnya dengan mengutamakan menjadi partner pebisnis online. Bisa ditebak, seiring pertumbuhan bisnis online di Indonesia yang semakin besar, kebutuhan akan jasa logistik juga terbuka lebar. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, layanan dan infrastruktur J&T Express fokus pada 6 poin; harga, kecepatan, keamanan, layanan yang jelas, real time tracking dan reporting. Dari sini, mereka membangun infrastruktur berbasis teknologi serta jaringan yang luas. Saat ini J&T Express digawangi oleh 2000 drop points, 31.000 sumber daya manusia, dan 1500 armada.
Fokus sebagai pendukung bisnis online dibuktikan dengan kerjasama sebagai penyedia logistik bagi marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Namun, bukan berarti mereka mengabaikan pebisnis online di luar para seller marketplace, buktinya Estri sudah merasakan kemudahan berpartner dengan J&T dalam operasional bisnis onlinenya.
Mudah saja melacak bagaimana pencapaian bisnis mereka. Menurut majalah kontan, pertumbuhan bisnis J&T Express mencapai 300% pada tahun 2017. Pada tahun 2018 J&T Express melayani rata-rata 500.000 paket per hari, dan kini di tahun 2019 melejit menjadi 1 juta paket per hari. Yang fantastis adalah pada gelaran harbonas 12.12 kemarin, perusahaan ini melayani pengiriman 10 juta paket dalam sehari itu saja.
Pengakuan sebagai perusahaan jasa logistik terbaik dibuktikan dengan meraih gelar Top brand award 2019 dari frontier group dan majalah marketing. Ini membuktikan bahwa J&T Express mampu bersanding dengan perusahaan kompetiton yang sudah lama malang melintang dalam dunia logistik Indonesia. Sementara itu, kini J&T Express sudah merambah ke 5 negara Asean; Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan terakhir Singapura.
Lalu, sebenarnya apa yang membuat mereka bisa melesat seperti sekarang? Selain faktor kerjasama dengan marketplace, menurut saya ada beberapa faktor yang membuat J&T Express lebih unggul dibanding kompetitornya.
Kedua, layanan jemput paket gratis. Seperti pengalaman Estri diatas, J&T Express melayani jemput paket tanpa ada minimum jumlah dan berat dan gak ada biaya tambahan. Hemat waktu dan biaya.
Ketiga, Fasilitas Komunikasi yang beragam. Bisa lewat hotline call, website, dan aplikasi smartphone.
Keempat, aplikasi smartphone yang memuat layanan super komplit, didalamnya termasuk layanan jemput paket, tracking sistem, hingga estimasi ongkos kirim. Bukankah ini memudahkan para pebisnis online dalam mengurus pengiriman paket mereka?
Kelima, fitur sistem pelacakan tepat waktu. Baik melalui website maupun aplikasi di smartphone, ada fasilitas tracking paket yang sangat detail. Bukan hanya posisi barang, tapi juga data sprinter dan waktu bisa tercantum disana.
Keenam, harga regular dengan pelayanan premium. Dengan harga yang relatif sama dengan kompetitor, J&T Express menawarkan layanan yang lebih baik, yaitu waktu pengiriman yang lebih cepat. Kok bisa? Kuncinya ada pada alur sistem pengiriman tanpa jeda dari satu drop point ke drop point lain. J&T Express tidak mengenal jeda disimpan di Gudang terlebih dahulu, tapi langsung diantar oleh sprinter ke titik berikutnya. Setiap paket yang tiba dalam jam kerja langsung diteruskan ke drop point berikutnya atau langsung diantar oleh kurir di hari yang sama. Ini yang membuatnya kontras dengan kompetitor, sehingga unggul di kecepatan sampai.
Dengan segala kelebihan diatas, saya melihat semuanya bikin nyaman pengusaha online. Itu pula yang membuat Estri memilih J&T Express sebagai partner untuk mengirimkan produk Maleva ke konsumennya. Bagaimana dengan anda?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H