Mohon tunggu...
Uci Masruroh
Uci Masruroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Sesulit apapun pelajaran, jangan pernah meragukan potensimu sendiri :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evalusi Pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Ngawen

24 Desember 2021   23:15 Diperbarui: 24 Desember 2021   23:22 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan anak usia dini merupakan masa dimana anak tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Dikarenakan di masa ini anak berada di masa golden age antara usia 0-6 tahun. 

Di masa inilah anak memiliki banyak potensi yang perlu di kembangkan secara optimal, dan untuk mengembangkan potensi anak secara efektif maka anak perlu mendapatkan pendidikan. Pendidikan yang baik akan membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Evaluasi merupakan suatu proses sistematik untuk memperoleh informasi tentang kemajuan siswa dalam rangka memberikan penilaian serta mengetahu sejauh mana siswa dapat mencapai tujuan pengajaran. 

Maka dari itu Evaluasi ini sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam sistem pendidikan. Tanpa evaluasi kita sebagai pendidik tidak dapat mengetahui seberapa jauh keberhasilan peserta didik, dan tanpa evaluasi pula kita tidak akan ada perubahan menjdi lebih baik.  

Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas bagi si penulis maka di lakukannya reportase wawancara terhadap TK dharma wanita ngawen dengan pendidik salah satu guru wali kelas untuk dapat mengetahui evaluasi pembelajaran seperti apa yang di terapkan di sekolah. dengan tujuan menambah wawasan bagi pembaca dan juga sebagai pedoman untuk melakukan evaluasi pembelajaran di jenjang TK. 

kegiatan evaluasi paud dengan pengamatan dapat dilakukan dengan format ceklis, catatan anekdot dan hasil karya. Hal ini menurut saya sangat penting di terapkan di karenakan saat ini sudah sesuai kepada anak. 

Observasi

Merupakan suatu pengumpulan data yang pengisiannya berdasarkan atas pengamatan langsung seorang guru terhadap sikap dan perilaku anak usia dini untuk menentukan tingkat perkembangan dan kemajuan anak didik di lembaga yang bersangkutan. 

Hal ini dilakukan seorang guru untuk mempertimbangkan kembali apakah evaluasi ini masih dapat di terapkan kepada anak untuk di masa depan atau harus dilakukan perubahan baik guna sebagai meningkatkan kualitas kemajuan pembelajaran anak didik.  

Penilaian ceklis ( checklist )

Pada pengamatan dengan menggunakan daftar ceklis, penilai memberikan tanda pilihan yang tersedia untuk masing-masing aspek yang di amati, yang seluruh indikatornya berdasarkan KD dan KI yang memuat tema dan materi. Semua kemampuan anak di analisis untuk mengetahui capaian kemampuan anak apakah anak tersebut berada pada kemampuan BB,MB,BSH, atau BSB. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun