Mohon tunggu...
Uci Masruroh
Uci Masruroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Sesulit apapun pelajaran, jangan pernah meragukan potensimu sendiri :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evalusi Pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan Ngawen

24 Desember 2021   23:15 Diperbarui: 24 Desember 2021   23:22 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan anak usia dini merupakan masa dimana anak tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Dikarenakan di masa ini anak berada di masa golden age antara usia 0-6 tahun. 

Di masa inilah anak memiliki banyak potensi yang perlu di kembangkan secara optimal, dan untuk mengembangkan potensi anak secara efektif maka anak perlu mendapatkan pendidikan. Pendidikan yang baik akan membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Evaluasi merupakan suatu proses sistematik untuk memperoleh informasi tentang kemajuan siswa dalam rangka memberikan penilaian serta mengetahu sejauh mana siswa dapat mencapai tujuan pengajaran. 

Maka dari itu Evaluasi ini sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam sistem pendidikan. Tanpa evaluasi kita sebagai pendidik tidak dapat mengetahui seberapa jauh keberhasilan peserta didik, dan tanpa evaluasi pula kita tidak akan ada perubahan menjdi lebih baik.  

Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas bagi si penulis maka di lakukannya reportase wawancara terhadap TK dharma wanita ngawen dengan pendidik salah satu guru wali kelas untuk dapat mengetahui evaluasi pembelajaran seperti apa yang di terapkan di sekolah. dengan tujuan menambah wawasan bagi pembaca dan juga sebagai pedoman untuk melakukan evaluasi pembelajaran di jenjang TK. 

kegiatan evaluasi paud dengan pengamatan dapat dilakukan dengan format ceklis, catatan anekdot dan hasil karya. Hal ini menurut saya sangat penting di terapkan di karenakan saat ini sudah sesuai kepada anak. 

Observasi

Merupakan suatu pengumpulan data yang pengisiannya berdasarkan atas pengamatan langsung seorang guru terhadap sikap dan perilaku anak usia dini untuk menentukan tingkat perkembangan dan kemajuan anak didik di lembaga yang bersangkutan. 

Hal ini dilakukan seorang guru untuk mempertimbangkan kembali apakah evaluasi ini masih dapat di terapkan kepada anak untuk di masa depan atau harus dilakukan perubahan baik guna sebagai meningkatkan kualitas kemajuan pembelajaran anak didik.  

Penilaian ceklis ( checklist )

Pada pengamatan dengan menggunakan daftar ceklis, penilai memberikan tanda pilihan yang tersedia untuk masing-masing aspek yang di amati, yang seluruh indikatornya berdasarkan KD dan KI yang memuat tema dan materi. Semua kemampuan anak di analisis untuk mengetahui capaian kemampuan anak apakah anak tersebut berada pada kemampuan BB,MB,BSH, atau BSB. 

Catatan anekdot ( Anecdotal record) 

Pada pengamatan dengan menggunakan catatan anekdot, seorang guru mencatat kejadian khusus yang terjadi secara tiba-tiba yang dilakukan atau di alami seorang anak. 

Untuk itu penulisan catatan anekdot dibuat secepatnya setelah pengamatan. Pengamat mencatat secara teliti apa dan bagaimana kejadiannya, bukan bagaimana menurut penafsiran pengamat. Artinya data yang dikumpulkan merupakan data khusus yang terjadi pada anak. 

Sehingga di setiap proses pembelajaran seorang guru di TK dharma wanita ini selalu di bekali sebuah buku khusus untuk dapat melakukan catatan anekdot dengan cepat dan tepat. 

Hasil karya

Penilaian hasil karya yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat berupa pekerjaan tangan, karya seni, tampilan anak. Misalnya hasil roncean, hasil kolase dan hasil pra karya yang kemudian di masukkan ke dalam buku khusus karya anak untuk dapat di berikan penilaian dan ada sesi untuk mendomentasikan sebagi bukti informasi.

Portofolio 

Suatu pendekatan yang digunakan untuk merekam berbagai unjuk kerja atau bukti nyata hasil belajar. Semua data yang telah di kumpulkan guru selama mengamati anak baik berupa ceklis, catatan anekdot dan hasil karya perlu di kumpulkan dalam satu berkas dalam wadah yang di tata rapi. Satu anak memiliki satu wadah yang telah di berikan identitas tentang anak tersebut untuk mengetahui perkembangan anak dari waktukewaktu. 

Dari hasil reportase wawancara yang telah dilakukan dapat di katakan bahwa penerapan evalusi pembelajaran di TK Dharma Wanita Persatuan ngawen hampir seluruh evaluasi dan teknik sudah di terapkan dan berjalan baik. Dalam melakukan evalusi pembelajaran tidak mudah guru harus cermat dan menganalisis secara objektik dan faktual. Dan semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita terimakasih telah membaca

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun