[caption caption="doc pribadi"][/caption]
Beberapa hari yang lalu saya dan beberapa rekan blogger serta media menghadiri peluncuran 7 Magnificient JNE bertempat di D’Consulate Epicentrum Walk Kuningan Jakarta, ini adalah ke dua kali saya ikut menghadiri acara Blogger dan Media Gathering yang diadakan oleh JNE, sebelumnya saya juga ikut menghadiri Blogger dan Media Gathering dalam rangka ulang tahun JNE yang ke 25 sekaligus meluncurkan website barunya JNE. Seperti biasanya selama saya ikut event yang diadakan JNE tidak melupakan perusahaan memberikan sumbangan kepada anak yatim piatu, hal inilah yang membedakan dengan event-event yang pernah saya ikuti. ini artikel event uang tahun 25 Tahun JNE bareng Kompasiana, klik disini.
Pada peluncuran 7 Magnificient atau 7 hal yang mengangumkan ini banyak dihadiri oleh para pejabat teras dari JNE, salah satunya adalah Bapak Mohammad Feriadi, beliau adalah Presiden Direktur JNE. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa perusahaan telah berkomitmen dalam melakukan investasi dalam jumlah yang tidak sedikit dalam mengembangkan bisnis perusahaan yang berfokus pada pengembangan di bidang Informasi Technology (IT) dan infrastruktur, tidak tanggung-tanggung perusahaan menginvestasikan dana sebesar Rp 400 miliar di bidang infrastruktur dan Rp 55 miliar untuk pengembangan di bidang Informasi Technology (IT).
“Kami percaya bahwa untuk memperkuat perkembangan bisnis maka penguatan di sector teknologi dan infrastruktur memerankan peran sentral”, menurut bapak Feriadi. Lebih lanjut Bapak Feriadi juga bahwa focus dalam pengembangan perusahaan di bidang teknologi ini kemudian diterjemahkan dalam penciptaan berbagai produk layanan yang saat ini akan diluncurkan yaitu 7 magnificient.
Produk layanan 7 magnificient yang dikatakan Bapak Feriadi itu merupakan rangkaian produk andalan sebagai wujud komitmen perusahaan pada tahun 2016 dalam pengembenangan di sector teknologi dan infrastruktur. apa saja yang menjadi 7 magnificient nya nya JNE ini untuk memberikan layanana kepda para customernya, yaitu sebagai brikut :
1. MyJNE
MyJNE merupakan sebuah aplikasi yang berbasis android serta terhubung dengan nomor pelanggan JNE Express, baik itu sebagai pengirim maupun sebagai penerima paket. Keunggulan aplikasi ini kita bisa mengecek tariff pengiriman JNE ke seluruh Indonesia, bisa juga memonitor status pengiriman, mengecek lokasi kantor JNE yang terdekat, serta dengan aplikasi ini juga bisa melakukan transaksi jual beli. Selain itu di aplikasi MyJNE ini juga memberikan banyak fitur baru seperti sejarah data pengiriman yang terhubung dengan nomor telepon, yang paling menarik adalah fitur My COD.
Apa itu fitur My COD, fitur ini memberikan layanan pembayaran belanja online dengan system escrow melalui Bank Permata, fitur ini digunakan untuk mewadahi para penjual dan pembeli dalam melakukan transaski secara aman, mudah dan terkontrol dalam menggunakan fasilitas My COD ini tentunya kita harus terdaftar sebagai pengguna (registered user). aplikasi MyJNE bisa di download disini
Penggunaan escrow di MyJNE ini sangat mudah, yang pertama register, secara system anggota MYJNE secara otomatis memiliki data nasabah, nomor handphone menjadi kode unik cuntomer, mengunduh aplikasi mobile MyJNE di Google Play yang kemudian m,engisi informasi yang dibutuhkan pada saat registerasi.
Kedua payment, bisa dilakukan dari mobile apps MyJNE. Pembayaran dana nasabah yang tersimpan di escrow MyJNE akan terpotong secara otomatis dan berpindah ke rekening tujuan. Hal ini bisa dilakukan apabila dana nasabah sudah terdaftar sebagai member di MyJNE dan tentunya memiliki dana yang cukup.
Ketiga Withdrawal, aplikasi mobile MyJNE ini juga dapat melakukan permintaan penarikan saldo MyJNE ke rekening bank kita, kemudian settlement JNE kasir akan melakukan pemindahbukuan dari rekening JNE ke rekening nasabah yang bersangkutan.
Keempat Transfer, dalam hal transfer ini pelanggan MyJNE juga dapat melakukan transfer saldo MyJNE ke sesame pelanggan tentunya melalui mobile Apps MyJNE.
Kelima, Top UP disini pelanggan MyJNE bisa melakukan Top UP MyJNE melalui ATM mana saja dengan melakukan transfer ke kode bank di tambah dengan kode pelanggan MyJNE. Untuk saat ini dalam melakukan Top UP hanya bisa melalui bank Permata.
2. JNE – PopBOX
Layanan terbaru Pop BOX ini solusi bagi pelanggan yang mempunyai mempunyai mobilitas tinggi dan jarang sekali berada di rumah, sehingga dokumen / paket kiriman aman. PopBOX ini merupakan layanan yang diperuntukan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan seringkali tidak berada di rumah sehingga dokumen atau kiriman paket aman karena ditempatkan pada loker otomatis yang terjaga keamanan dan tentunya sangat mudah menggunakannnya.
Layanan PopBOX saat ini hanya disediakan bagi pengguna pemilik kartu JLC (JNE Loyalty Card), dan hanya tersedia di 32 lokasi yang tersebar di pusat perbelnajaan/mall, stasiun kereta dan kampus di sekitar Jakarta, ke depan akan terus bertambah PopBOX ini akan terus diperbanyak dan cakupannya akan lebih luas lagi tidak hanya di Jakarta, untuk pembelian layanan ini juga untuk saat ini hanya dilayani oleh 12 kantor perwakilan di Jakarta. Layanan PopBox juga terdiri dari 5 dimensi ukuran loker bisa menyesuaikan dengan kondisi dokumen atau paket pengguna, mulai dari XL (extra Large), L (Large), M (medium), S (small), XS (Extra Small).
3. JNE Trucking
Dalam rangka terus meningkatkan pelayanan pengiriman barang, perusahaan JNE kemudian pada bulan Maret 2016 ini akan meluncurkan produk layanan baru bagian dari 7 Magnificient yaitu JNE Trucking yaitu layanan pengiriman melalui jalur darat yang saat ini hanya tersedia untuk wilayah Sumatera, Jawa dan Bali dengan minimum berat pengiriman 10 kg. pada layanan ini truk yang digunakan adalah berjenis double decker sehingga paket lebih aman dan tentunya dapat meminimalisir resiko dalam proses pengiriman.
Layanan ini memiliki jadwal yang tetap serta jumlah, ukuran dan jenis paket yang dapat dikirmakn lebih banyak, besar dan bervariasi, JNE Trucking juga melayani pengiriman sepeda motor untuk kategori 150 cc tentunya dengan tariff tersendiri, adapaun estimasi dalam pengiriman paket ini kisaran antara 3 sampai 7 hari kerja tergantung kota tujuan.
4. JNE Internasional Shipment
Layanan JNE Inetrnational Shipment ini adalah hasil kerjasama dengan mitra strategisnya dalam rangka terus meningkatkan pengiriman international tentunya dengan harga yang kompetitief, selain itu juga pelanggan JNE ini dapat melakukan trace and track melalui website JNE untuk melihat status update dari pengirimannya. JNE dalam hal ini telah bekerjasama dengan DHL untuk pengiriman paket ke Negara-negara Eropa, dengan Sung Fung untuk pengiriman paket Negara-negara Asia. Pada bulan Januari ini JNE telah melakukan pengiriman international ini sekitar 1000 kiriman, prospek ke depan akan lebih baik lagi.
5. Ad Box Pre-Paid
Ad Box Prepaid adalah layanan atau produk terbaru JNE yang berbentuk kardus kotak (Box) sebagai alat pendukung pengiriman, untuk saat ini ad Box Pre-Paid diperjualbelikan hanya untuk kepentingan pengiriman wilayah DKI Jakarta. System layanan ini adalah dimana harga box sudah termasuk ongkos kirimnya. Ada dua macam jenis box prepaid yang disediakan JNE untuk saat ini
Box 2 prepaid (Rp 22.000)
Ukuran : P.30 x L 30 x T. 12
Berat maksimum : 3Kg
Box 3 prepaid (rp 40.000)
Ukuran : P 35 x L 33 x T 17
Berat maksimum 5 Kg
6. Promo Service Super Speed
Promo service super speed ini merupakan layanan paket kiriman tidak lebih dari satu hari, promo ini telah dimulai dari 8 Februari sampai dengan 7 Maret 2016 jam 08.00 – 15.00 khusus dari dan tujuan Jakarta, tariff yang diberlakukan dalam masa promo ini adalah Rp 40.000 per kilogram dan besaran selanjutnya adalah Rp 4.000 per kilogram, paket ini berlaku juga walk ini customer yang dating ke 28 kantor perwakilan JNE di Jakarta atau paketnya ada di pick up.
7. CD Musik
Dalam rangka memberikan sumbangsih perusahaan kepada kemajuan dan perkembangan industry music Indonesia, JNE kemudian memberikan layanan CD Musikyaitu dimana jaringan JNE yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dapat dimanfaatkan oleh para musisi Indonesia guna memasarkan karaya musiknya. Layanan CD music ini telah dijual di 153 gerai JNE di seluruh Indonesia dan juga websitenya Pesona (pesanana oleh-oleh nusantara), untuk melayani CD Musik ini JNE juga telah bekerjasama dengan KAMI (Kirai Adiwarna Musik Indonesia) hal ini sebagai bentuk dukungan JNE terhadap music Indonesia dengan kampanye “Stop CD Bajakan”.
Dengan diluncurkannya 7 magnificent ini diharapkan layanan serta produk yang telah baik selama ini akan menjadi lebih baik lagi, dan juga JNE bisa menjadi perusahaan yang tidak hanya bertaraf nasional akan tetapi bisa menjadi international sehingga memberikan sumbangsih kepada perkembangan ekonomi yang lebih baik terhadap Indonesia. Selamat untuk JNE
Salam Kompasiana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H