Mohon tunggu...
Husen
Husen Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan Swasta, Mahasiswa

Hobi Bulu Tangkis, Healing kemana saja yang penting gass. Hidup itu dinikmati dan disyukuri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Contoh Rencana Usaha

29 Juni 2024   18:02 Diperbarui: 29 Juni 2024   18:12 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG USAHA

Setelah memikirkan apa yang akan saya lakukan setelah lulus , saya lebih memilih untuk membangun usaha sendiri karena menurut saya dengan membuka usaha sendiri akan lebih menghemat tenaga juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,kesejahteraan masyaarakat sekaligus upaya melestarikan lingkungan.

Selain itu karena maraknya demam korea yang ada di Indonesia, memberikan saya ide untuk membuka sebuah caf and resto yang khusus menyajiakan makanan dan minuman khas korea. Juga melihat peminat korea yang begitu banyak khususnya di kota malang ini, maka akan memudahkan untuk mempromosikan usaha kami.

Remaja adalah salah satu pertimbangan kami untuk mendirikan usaha ini, karena mengingat penggemar korea lebih banyak dari kalangan remaja. Selain untuk tempat makan, caf juga bisa digunakan untuk nongkrong. Pemfasilitasan yang mencukupi juga akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap usaha kami. Dengan konsep yang berbeda dari caf-caf yang sudah ada

B. VISI MISI USAHA

Untuk belajar berwirausaha, Mengembangkan kreativitas, Memberikan layanan kepada konsumen, Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, memperoleh laba, membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup bagi usaha, memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjadi seorang pengusaha.

BAB II

GAMBARAN UMUM USAHA

A. DESKRIPSI USAHA

Starlight Japanese Food ini didirikan pada 22 September 2014, yang beralamat di Jl. Pahlawan Seribu No. 01, Pamulang, Tangerang Selatan. Caf kami menawarkan berbagai menu makanan dan minuman khas Korea. Tidak hanya itu kami juga menjual berbagi aseccoris dan berang-barang yang berhubungan dengan dunia hibur Korea.

Dua tahun berjalannya usaha tentunya banyak sekali kritik dan saran dari pihak luar untuk melakukan pembenahan, pembaharuan serta pengembangan usaha agar kemakmuran dan kesuksesan tetap terjaga dalam perusahaan ini.

Meskipun usaha ini masih seumur jagung,  tetapi para peminat dan konsumen sudah banyak yang menjadi pelanggan kami. Perencanaan sistematis yang digunakan sebagai pengembangan karakter serta jadi diri wirausaha yang professional dalam mengembangkan efisiensi dan efektifitas kegiatan produksi perusahaan.

Jam operasional cafe ini dimulai pukul 10.00 s/d 23.00 WIB dengan segmen pasar yaitu mahasiswa/i, pelajar/remaja dan para penikmat Kpop lainnya.

Adapun beberapa perbedaan fasilitas yang di tawarkan caf kami yaitu:

1. Hospot area

Setiap pelanggan yang datang ke caf kami dapat menggunakan fasilitas free Wifi  yang di sediakan di caf kami. System di caf kami yaitu pelanggan adalah prioritas utama, jadi setiap

2. Konsep yang berbeda

Caf kami memberikan kenyaman tempat yang berbeda dengan caf yang lain. konsep yang menarik dan tidak memberikan kesan membosankan akan menarik perhatian para pelanggan. Kami mengambil konsep Klasik dengan beberapa interior yang terbuat dari kayu, namun berkesan modern karena adanya berbagai hiasan dan pernak-pernik khas Korea. Kami juga memasang berbagai poster dan foto dari public figur Korea. Sehingga memberikan kesan yang menarik.

3. Memberikan bonus/discount

Bagi pelanggan yang memiliki kartu pelanggan akan mendapatkan potongan 20% setiap pembelian produk di caf kami. Dan setiap tahun baru kami akan membagikan hadiah undian kepada para pelanggan yang mendapatkan kode tertentu.

4. Full music

Tidak hanya poster dan foto-foto tetapi kami juga menayangkan berbagai music video yang menambah kesan menyenangkan.

           

B. IDENTITAS PERUSAHAAN

Nama dan Alamat Perusahaan

Nama              :           Starlight Japanese Food

Alamat             :           Jl. Pahlawan Seribu No. 01 , Pamulang, Tangerang Selatan

No.Tlp             :           (0341) 252 141

E-Mail             :           StarlightJapaneseFood@Gmail.Com

Instagram/      :           Sratlight_KFood_Malang

Nama dan Alamat Penanggung Jawab

Nama              :           Muksin

Alamat             :           Jl. M. Panjaitan Gg. V Malang, Jawa Timur

No.Tlp             :           085727609354

E-Mail             :           Muksin.22@gmail.com

ANALISA PRODUK

A. KUALITAS PRODUK

Kualitas Produk di Starlight Japanese Food kami memiliki kualitas yang baik karena kami sudah memilih bahan-bahan yang terbaik dan berkualitas tinggi. Serta kami sangat memperhatikan dalam proses perkrutan pegawai.

B. KUANTITAS PRODUK

Dengan menggunakan bahan-bahan yang masih fresh dan terjamin mutunya. Untuk makanan dan minuman kami akan menyajikannya dengansatu kali sajian. Sehingga tidak ada makanan maupun minuman yang basi/ menginap. Restoran kami sangat menjunjung kualitas produk dari restoran kami.

C. KEISTIMEWAAN

Keistimewaan produk dari restoran kami yaitu masakan dimasak langsung oleh orang asli Negeri Gingseng tersebut. Sehingga saat menikamati produk dari restokan kami para pelanggan tidak akan dikecewakan

ANALISIS PASAR

A. STRATEGI PEMASARAN

Strategi yang akan kami terapkan di Starlight Japanese Food yaitu :

  • Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
  • Memasang iklan di dunia internet khususnya social media seperti facebook, twitter, instagram yang banyak di ketahui oleh para kaula muda.
  • Membuat katalog yang berisikan tentang keadaan Starlight Japanese Food dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.

Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Mounth to Mounth, yaitu promosi melalui para kosumen yang sudah datang dan merasakan pelayan di tempat kami. Jika mereka puas dengan pelayanan kami, maka mereka akan menyebarluaskan berita tersebut. Secara tidak langsung para konsumen sudah membantu dalam proses promosi.

B. TARGET / SEGMEN PASAR YANG DITUJU

Starlight Japanese Food ini membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula muda dan mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidan mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama kedai kami.

C. ANALISIS SWOT

a) Strenghts (kekuatan) 

Harga terjangkau

Harga yang dipatok untuk makanan dan minuman di Starlight Japanese Food cukup beragam, namun tetap ramah di kantong. Kami mematok mulai harga Rp. 10.000.

Kualitas baik dan terjamin

Memiliki ciri khas

Fasilitas memadai

Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnta lengkap, maka hal itu lah yang kami prioritaskan.

Tempat yang bersih dan nyaman

Sehingga Pelanggan tidak was-was dalam menikamati makanan maupun minuman di caf kami. Dan pelanggan akan merasa betah berlama-lama.

Pelayanan yang memuaskan

Kepuasan anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi "Service with love" dan menomorsatukan pelanggan. Hal ini kami jamin karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan

Lokasi yang strategis

Kami telah memilih tempat usaha kami di pusat kota Malang yang mana lokasi ini merupakan tempat yang ramai dengan aktifitas masyarakat.

b) Weakness (kelemahan)

Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat minim

Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami. Serta kurangnya ahli/juru masak khas masakan korea.

c) Oportunities (peluang)

Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang begitu menggemari Japanesse Food.

Permintaan pasar yang selalu meningkat.

d) Threats (ancaman)

Akan ada banyak Caffe yang akan didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang bersaing. Selain faktor dari minuman itu sendiri, faktor cuaca dan musim juga menjadi problema yang sulit. Berikut adalah ancaman-ancaman lainnya :

Muncul produk baru yang lebih unggul.

Kenaikan harga bahan baku karena terbatas.

Adanya kompetitor yang lebih dikenal masyarakat.

       

ANALISIS SDM

Analisis Sumber Daya Manusia

*Latar Belakang*

Cafe starlight japanese food adalah sebuah kafe yang baru dibuka di kota tangerang selatan, dengan konsep modern dan menu beragam. Untuk memastikan keberhasilan operasional dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, penting untuk menganalisis dan mengembangkan strategi SDM yang efektif.

*Struktur Organisasi*

1. *Manajer Kafe:* Bertanggung jawab atas keseluruhan operasional kafe, termasuk manajemen staf, inventaris, dan layanan pelanggan.

2. *Barista:* Menyajikan minuman berkualitas dan berinteraksi langsung dengan pelanggan.

3. *Pelayan:* Melayani pesanan, mengantarkan makanan dan minuman, serta menjaga kebersihan area pelanggan.

4. *Koki:* Menyiapkan makanan sesuai dengan standar kafe.

5. *Staf Kebersihan:* Menjaga kebersihan dapur dan area kafe.

*Analisis Kebutuhan SDM*

1. *Jumlah dan Kualifikasi Staf:*

   - Manajer Kafe: 1 orang dengan pengalaman minimal 5 tahun di bidang manajemen kafe atau restoran.

   - Barista: 8 orang dengan pelatihan barista dan pengalaman kerja di kafe.

   - Pelayan: 5 orang dengan kemampuan komunikasi yang baik dan pengalaman di bidang pelayanan.

   - Koki: 4 orang dengan pengalaman memasak dan kemampuan bekerja di bawah tekanan.

   - Staf Kebersihan: 4 orang dengan kepribadian teliti dan disiplin.

2. *Pelatihan dan Pengembangan:*

   - *Pelatihan Awal:* Semua staf baru harus mengikuti pelatihan orientasi untuk memahami visi, misi, dan standar operasional kafe.

   - *Pelatihan Barista:* Pelatihan khusus untuk barista dalam menyajikan kopi dan minuman lainnya sesuai standar kualitas.

   - *Pelatihan Layanan Pelanggan:* Pelatihan bagi pelayan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan layanan pelanggan.

   - *Pelatihan Keamanan dan Higienis:* Pelatihan rutin untuk semua staf mengenai standar kebersihan dan keamanan pangan.

3. *Kesejahteraan dan Motivasi:*

   - *Kompensasi:* Gaji kompetitif yang sesuai dengan pasar lokal dan posisi kerja.

   - *Tunjangan:* Tunjangan kesehatan dan makan.

   - *Insentif:* Program bonus berdasarkan kinerja individu dan kinerja keseluruhan kafe.

   - *Lingkungan Kerja:* Menciptakan lingkungan kerja yang positif dan suportif untuk meningkatkan semangat kerja dan loyalitas staf.

*Evaluasi Kinerja*

- *Penilaian Rutin:* Evaluasi kinerja bulanan untuk menilai dan memberikan umpan balik mengenai kinerja individu.

- *Penghargaan:* Pemberian penghargaan bagi karyawan berprestasi untuk memotivasi staf lainnya.

- *Pengembangan Karir:* Peluang bagi karyawan untuk naik jabatan atau pindah ke posisi yang lebih sesuai dengan keterampilan dan aspirasi mereka.

*Kesimpulan*

SDM merupakan faktor kunci dalam kesuksesan operasional cafe starlight japanese food Dengan strategi yang tepat dalam perekrutan, pelatihan, dan pengembangan karyawan, cafe starlight japanese food dapat memastikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan mencapai target bisnis yang telah ditetapkan. Membangun tim yang kuat, termotivasi, dan terampil akan membantu kafe ini bersaing di industri yang kompetitif dan meraih kepuasan pelanggan yang tinggi.

Analisis ini memberikan pandangan menyeluruh mengenai kebutuhan dan strategi SDM di cafe starlight japanese food membantu pemilik kafe dalam membuat keputusan yang tepat untuk keberhasilan oper.

BMC

STARLIGHT JAPANESE FOOD

Customer Segments

Key Activities

Value Proposition

  • Masyarakat Umum
  • Muslim Non Muslim karena sudah sertifikasi Halal
  • Anak-anak, Remaja Dewasa.

1. Produksi

2. Pengemasan Produk

3. Menu

1. Kualitas Rasa yang konsisten ciri khas jepang

2. Varian rasa yang unik

3. Bahan baku impor dari jepang 

4. Harga sesuai dengan rasa yang didapat

5. masih terjangkau dengan kualitas yang didapat

Key Resources

Sumber daya yang ada dari bisnis kamu

Customer Relationship

Key Partnership

Cost Structure

1. Tiktok

2. Instagram

3. Web

1. SDM (Karyawan)

2. Modal

3. Material

4. Machine

5. Market

Total Biaya operasional Perbulan Rp. 16.150.000,-

Channels

Revenue Stream

1. Direct Marketing

2. Digital Marketing

3. Ojek Online

4. Web

Total Pendapatan perbulan Rp. 26.600.000,-

Total Biaya perbulan Rp. 16.150.000,-

Pendapatan sebelum pajak Rp. 10.450.000,-

Pendapatan setelah Pajak Rp. 7.315.000

ANALISIS KEUANGAN

A

ASAL MODAL

1

Pribadi

                                15.000.000

2

Investor

                                30.000.000

Jumlah

                                45.000.000

 

  

1

Sewa Gedung

             2.500.000

2

Peralatan

- 20 Set Meja dan Kursi @350.000

 Rp.   7.000.000

- 3 Meja Dapur @3.000.000

 Rp.   9.000.000

- 3 Kompor Besar @300.000

 Rp.      900.000

- 2 Set Peralatan Masak @1.200.000

 Rp.   2.400.000

- 2 Rak Gantung @500.000

 Rp.   1.000.000

- Rak Piring

 Rp.      200.000

- 5 Lusin Sendok @12.000

 Rp.        60.000

- 5 Lusin Piring Saji @50.000

 Rp.      250.000

- 3 Lusin Piring Kecil @ 25.000

 Rp.        75.000

- Blender

 Rp.      265.000

- 4 Pacs Sumpit @30.000

 Rp.      120.000

3

Perlengkapan

- 10 Kotak Tisu @10.000

 Rp.      100.000

- Poster, Accesories, dan Pernak-Pernik

 Rp.      300.000

- 25 Vas Bunga @20.000

 Rp.      500.000

- Wallpaper

 Rp.      100.000

- 10 Pacs Tisu @10.000

 Rp.      100.000

4. Biaya LAT

 Rp.      650.000

5. Biaya Transportasi dan Promosi

(termmasuk brosur,panflet,dll)

 Rp.      400.000

6. Biaya Gaji Karyawan Perbulan

 Rp. 10.000.000

7. Biaya Pembelian Bahan Baku

 Rp.   4.000.000

8. Biaya pembelian Seragam karyawan

 Rp.      600.000

9. Biaya pembelian Alat Pembersih

 Rp.      100.000

10. OPERASIONAL

 Rp.(4.280.000) 

JUMLAH Rp. 45.000.000

 

 

 

C. PREDIKSI PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN

1. Penjualan Makanan Perbulan

Rp. 12.000.000

2. Penjualan Minuman Perbulan

Rp.   9.600.000

3. Penjualan Dessert Perbulan

Rp.   5.000.000

4. Biaya Pengeluaran Perbulan

(Rp. 16.150.000)

Total Pendapatan

Rp.  10.450.000

Laba Perbulan Rp. 10.450.000

 

 

D. PEMBAGIAN KEUNTUNGAN

1. Operasional Usaha

40%

Rp.  4.000.000

2. Pelaksana

30%

Rp.  3.000.000

3. Investor

30%

Rp.  3.000.000

 

 

 

 

LAPORAN LABA-RUGI

JAPANESE FOOD

Pendapatan Usaha

    26.600.000

Beban Gaji

10.000.000

Beban Perlengkapan

1.100.000

Biaya LAT

650.000

Biaya Transfomasi dan Promosi

400.000

Biaya Bahan Baku

4.000.000

Total Beban Usaha

16.150.000

Pendapatan Usaha sebelum Pajak

10.450.000

Pajak Usaha

30%

3.135.000

Pendapatan Setelah Pajak

7.315.000

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Cafe kami merupakan cafe masa kini yang berkualitas serta mengedepankan kepuasan pelanggan, selain menyajikan masakan ddan minuman korea kami juga menawarkan berbagai dessert dan minuman  yang tentunya masalah harga sudah tidak perlu di pertanyakan. Sangat terjangkau dan pas buat kantong pelajar / mahasiswa yang hanya ingin sekedar Hang-out atau Nongki. Kita juga memiliki interior indoor dan outdoor yang bagus dan kekinian.

Sertifikasi Halal

Starlight Japanese food sudah mendapatkan sertifikasi halal. Kepatuhan terhadap standar halal merupakan bagian penting dari kepatuhan terhadap peraturan di berbagai negara, terutama di negara-negara mayoritas Muslim. Dengan memiliki sertifikasi ini, perusahaan Starlight Japanese food  dapat memastikan produknya mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di berbagai pasar.

Logo usaha

Kami mengambil sampel logo usaha tersebut karena Starlight Food Japanese mayoritas menghidangkan menu-menu yang memiliki ciri khas yang sangat kuat khalayak warga jepang. Berbeda dengan masakan negara-negara lain, makanan Jepang sama sekali tidak menggunakan bumbu berupa rempah-rempah dari biji-bijian (merica) atau penyedap yanng mengandung biji (seperti cabai) yang harus ditumbuk atau dihaluskan. Masakan Jepang juga tidak menggunakan bumbu yang berbau tajam seperti bawang putih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun