Guru adalah sebuah profesi yang seringkali disebut sebagai profesi yang mulia, sering juga dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Bagaimana seorang pejabat, Ilmuwan, dan pengusaha sukses pastinya semasa sekolah mendapatkan "care" dari para gurunya, dan para guru tersebut tidak memiliki tendensi apapun terhadap hasil belajar anak didiknya, kecuali untuk menjadikan mereka individu yang unggul secara moral maupun intelektual.Â
Ketika saya lulus dari SMU (Sekarang SMA) pada tahun 2002, saya masih bingung mau daftar kuliah pada Fakultas apa? Hingga akhirnya saya melihat guru saya mata pelajaran Ekonomi waktu itu, dan saya langsung kepikiran untuk menjadi guru.Â
Mengapa saya terinspirasi dari guru tersebut? Saya dan guru tersebut memiliki hobi  yang sama, yaitu sama-sama suka main musik, dan saya melihat bagaimana guru saya tersebut masih bisa bermusik sementara tetap bisa memberikan ilmu ekonomi bagi muridnya, dan saya menilai guru adalah profesi yang imbang antara hobi dengan pengabdian.Â
Kemudian saya memilih jurusan Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada salah satu Universitas di Surakarta. Di kampus tersebut saya ditempa menjadi seorang pendidik dengan diberikan ilmu-ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu ekonomi, terutama pemasaran. Buku-buku tentang perkembangan seperti buku-buku dari Jean Piaget, dan Auguste Comte, kemudian buku pemasaran milik Philip Kotler, hingga ekonom lokal macam Bambang Riyanto dan Freddy Rangkuti saya "lahap".Â
Namun seiring berjalannya waktu, saya menjadi semakin mencintai profesi menjadi pendidik, hingga hobi saya bermusik perlahan-lahan saya singkirkan, padahal pada saat awal kuliah saya masih berangan-angan menjadi musisi.Â
Saya magang di sebuah SMK Swasta di Surakarta pada tahun 2005, kemudian mengabdi pada program PBA (Pemberantasan Buta Aksara) tahun 2007 di Rembang, sebelum sejak 2008 Saya mengajar di tempat saya mengajar sekarang.Â
Sekadar untuk tambahan, saya pernah membuka Taman Kanak-kanak bersama ayah saya tahun 2004, pada saat saya masih berusia 20 tahun, sebelum diserahkan ke pihak Desa pada tahun 2006.Â
Setelah lulus kuliah, banyak teman-teman saya yang lulusan FKIP bekerja di bidang lain, seperti di industri dan di lembaga keuangan dengan alasan lebih mudah "mendapatkan uang" daripada mengajar, terutama di sekolah swasta.Â
Namun bagi saya, menjadi guru adalah bukan masalah uang, namun hal itu adalah sebuah kehormatan, seperti seseorang yang dianggap berkompeten di masyarakat dijadikan tokoh atau panutan bagi warga di sekitarnya.Â
Bagaimana bagi saya menjadi seorang guru adalah kehormatan, karena bagaimana orang tua siswa yang sedemikian banyak mempercayakan buah hatinya untuk saya didik, dan hal tersebut adalah sebuah kehormatan, dimana kepercayaan adalah hal yang paling mahal di jaman yang modern.Â
Bagaimana kepercayan tidak penting, lihatlah bagaimana investor tidak akan mempercayakan asetnya untuk berinvestasi bila tidak ada kepercayaan, sehingga seberapapun besar potensi yang dimiliki negara, apabila tidak mendapatkan kepercayaan dari investor, maka potensi tersebut hanya menjadi "gincu yang memudar" dalam penawaran kerjasama.
Kembali lagi ke dunai pendidikan, Pemerintah Indonesia  sekarang juga sudah semakin memperhatikan kesejahteraan guru, diantaranya dengan memberikan berbagai macam tunjangan bagi para guru, dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan taraf hidup para guru, namun ingat yang pertama adalah peningkatan kinerja, bukan peningkatan kesejahteraan, jangan sampai terbalik.Â
Profesi guru, terutama guru swasta dan di sekolah kecil, tentu saja di atas kertas akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup guru tersebut.
Namun yang sering dilupakan adalah bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap guru membuat para guru mendapatkan penghasilan yang besar di luar mengajar di sekolah, sebagai contoh, apabila ada tetangga yang kesulitan mendampingi anak mereka saat belajar, maka akan meminta tolong tetangganya yang menjadi guru, dan dari situ akan ada rejeki yang tidak diduga.Â
Selain itu bagaimana profesi guru akan selalu diberikan kepercayaan di masyarakat, dan selallu memegang peran penting dalam kegiatan masyarakat, dan disadari taupun tidak kegiatan tersebut memberikan penghasilan finansial yang tidak diduga-duga. Hidup ini tidak bisa dihitung dengan matematika, bagaimana banyak hal yang tidak terduga dapat terjadi.
Prinsip guru sebaiknya adalah bagaimana apabila menyedekahkan ilmu maka akan diberikan limpahan pengetahuan, dan pengetahuan tersebut akan menjadi penunjang bagi guru untuk mendapatkan rejeki yang melimpah.Â
Masyarakat sekarang adalah masyarakat yang semakin sadar, bahwa pendidikan yang layak itu tidak terbatas nilainya, maka apabila ada guru dengan pengetahuan yang luas, para orang tua tersebut tidak akan "sayang" untuk mengeluarkan uang demi anak mereka agar mendapatkan ilmu yang berguna.
Menjadi seorang guru adalah sebuah amanah yang entah disadari ataupun tidak disadari dapat mendatangkan rejeki. Ingat, apabila orang mengejar uang, maka hanya uang yang akan dia dapatkan, sedangkan apabila seseorang ingin mengabdi kepada masyarakat, maka rejeki atau uang akan ikut "mendampingi".Â
Saat ini banyak lulusan FKIP yang melupakan tujuan harafiah mereka berkuliah dulu, dimana menganggap bekerja di pendidikan tidak ada "uangnya", dan melupakan bahwa menjadi guru itu adalah sebuah kehormatan, dimana kehormatan tersebut akan memberikan kebahagiaan, dan kebahagiaan tidak hanya sebatas uang.
Kebahagiaan adalah ketika kita bisa menikmati hidup, dan apabila kita dapat menikamti hidup, rejeki itu akan datang dengan sendirinya.
Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk tetap ikuti protokol kesehatan di masa kenormalan baru, dan salam hangat bagi semua.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H