ENTERPRENEUR adalah istilah umum yang menggambarkan seseorang yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk dapat menbangun bisnis yang sukses. Seorang enterpreneur bukanlah orang yang hanya duduk dan menikmati kesuksesan usahanya, tetapi mereka terus mencarai ide-ide yang kreatif dan berinovatif baru agar usahanya bisa terus beradaptasi.
Seorang enterpreneur dapat di lihat dari ciri-cirinya :
Seseorang dapat di katakan sebagai enterpreneur apabila memiliki ciri-ciri khusus. Ciri -cirinya meliputi :
sikap dan pemikiran yang optimis
Enterpreneur adalah orang yang selalu berpikir positif, dan berani melangkah mengejar mimpi yang di yakini mimpinya akan menjadi kenyataan, sikap optimis ini akan sering menular ke rekan-rekannya yang lain.
Terbuka
Selain bersikap positif, enterpreneur juga bercirikan keterbukaan, cara berfikir ini akan membuat seseorang peka terhadap perubahan dan adaptasi yang tidak memakan waktu yang lama.
Tetap Fokus
Seorang enterpreneur wajib berkonsentrasi terhadap apa yang di kerjakan, sehingga hal-hal yang akan menggagu tidak akan mempengaruhi.
Dapat memecahkan masalah yang akan di hadapai kedepannya
Enterpreneur buakan hanya dapat menciptakan ide-ide inovasi baru, tetapi juga dapat memcahkan maslah yang akan datang menghampirinya dan bisa meminimalkan kerugian.
Mampu menciptakan peluang bisnis
Karena seorang enterpreneur selalu mampu membuat ide-ide yang inovatif, maka eneterpreneur juga dapat menciptakan peluang bisnis yang tidak dapat di  pikirkan oleh orang lain.
Berani mengambil resiko
Seorang enterpreneur harus berani mengabil resiko, tetapi dengan pemikiran yang matang
Key to success untuk menjadi seorang enterpreneur
1. Passion
Yang perlu di perhatian menjadi seorang enterpreneur adalah passion. Kamu harus menyukai apa yang kamu lakukan di masa depan untuk mengurangi keluahan, enterpreneur membutuhkan pondasi ini untuk terus melangkah dan berkembang tanpa kata menyerah
2. Yakin dan berani
Dalam menciptakan ide-ide dalam berusaha, seorang enterpreneur harus yakin dan optimis dalam mengeksekusi ide-ide baru yang akan mengembangkan bisnisnya, dan berani mengambil kemungkinan resiko gagal, dan cepat dalam mengatasinya.
3. Meningkatkan personal branding
Seorang enterpreneur dalam melakukan peningkatan usahanya, wajib meningkatkan personal brandingnya, merek yang di dapatkan sendiri harus di publikasikan, jangan pernah ada kata malu, disinilah ilmu marketingnya di pakai artinya kita harus rajin dalam melakukan promosi agar merek kita dapat di kenal luas dan dapat di terima dalam masyarakat.
"intinya seorang entrpreneur harus yakin dengan setiap langkah-langkahnya, dan mapu menyelesaikan maslah-masalah yang akan di hadapi kedepannya".
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H