Desain template dan Aksesoris kemasan cemilan kue basah yang bagus bikin penjual/produsen gak makan hati. Memakai berbagai tipe kemasan biji kopi dan kemasan kopi bubuk salah satunya kemasan kopi kertas memang leluasa dipilih oleh para produsen kopi. Pemilihan kemasan kopi tentu sudah dipikirkan dengan baik. Namun yang harus dicermati, apapun kemasan kopi yang dipakai sebaiknya mencantumkan info pada kemasan agar memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan.
Sempatkah melihat seseorang yang berdiri lama bimbang membaca data pada kemasan kopi. Bagi konsumen yang sudah terbiasa membeli kopi pasti sudah tidak asing dengan istilah-istilah yang ada pada kemasan kopi. Namun bagi yang pendatang baru pasti akan merasa kesulitan mengartikan informasi yang diberikan produsen.
Meski produsen memilih memanfaatkan kemasan aluminium foil atau plastik yang sangat simpel sekalipun. Pemberian info yang lengkap pada kemasan tetap harus diberikan. Hal ini bertujuan memberikan informasi cocok terkait kopi yang konsumen mau. Tidak hanya itu terutama yakni info tentang bertepatan pada kadaluarsa kopi itu sendiri agar tidak merugikan dan membahayakan konsumen.
Fungsi Adanya Data Pada Kemasan Kopi
1. Memudahkan konsumen menentukan pilihan
Informasi yang ada pada kemasan kopi kertas memiliki fungsi yang sangat penting bagi para konsumen. Mengingat produk kopi sangat banyak dari indonesia belum lagi produk kopi dari luar. Dengan adanya informasi yang lengkap dan jelas mempermudah konsumen alam menentukan pilihan kopi yang sesuai dengan selera mereka.
2. Melawan konsumen membeli kopi expired
Setiap kemasan kopi diharapkan selalu tertulis bertepatan pada kadaluarsa ataupun tanggal expired kopi tersebut. Hal ini bisa menghindari konsumen agar tidak membeli kopi basi. Kopi yang sudah expired kesegarannya jauh menyusut akibatnya dari segi rasa juga sudah berbeda. Tidak hanya itu kalau mengkonsumsi kopi expired bisa mempengaruhi kesehatan konsumen.
3. Mempermudah membedakan isi kopi dari info
Kemasan kopi yang dibikin dari kertas biasanya tertutup tidak sanggup lihat corak, bau dan isinya. Dengan adanya data yang jelas membuat konsumen bisa mengenali isi kopi yang ada pada kemasan tanpa harus membuka kemasannnya. Sampai-sampai konsumen tetap bisa mendeteksi kopi yang diinginkan dengan mudah.
Info sangat penting diberikan pada kemasan kopi karena akan mempengaruhi daya tarik pembeli. Beberapa istilah yang ada kemasan produk akan diuraikan dibawah ini. Rata-rata informasi yang ada pada kemasan memakai bahasa asing dan istilah-istilah khusus. Sampai-sampai dengan membaca ulasan singkat dibawah ini diharapkan bisa membantu.
Berartinya Informasi Yang Ada Pada Kemasan
Kemasan kopi kertas biasanya dibuat dari kertas tahan air dan cukup tebal. Akibatnya cahaya matahari tidak bisa menembus kopi secara langsung. Kemasan dari kertas juga tidak nerawang sehingga kopi didalamnya tidak bisa kelihatan. Hal inilah yang membuat pentingnya data pada kemasan kopi karena konsumen tidak bisa langsung memegang dan merasakan kopi secara langsung.
Selera kopi setiap konsumen berbeda satu sama lain akibatnya konsumen pasti mencari kopi sesuai dengan selera mereka. Untuk mempermudah mendeteksi kopi yang di idamkan, produsen kopi memberikan informasi yang lengkap dan jelas. Sampai-sampai dengan info yang disediakan secara tertulis pada kemasan, diharapkan konsumen bisa mendeteksi pilihannya tanpa harus membuka kemasan kopi tersebut.
Info Umum Yang Tertera Pada Kemasan Kopi
1. Brand kopi
Data umum yang ada pada kemasan kopi kertas ialah brand kopi itu sendiri. Brand kopi berada paling atas di setiap kemasan kopi dan sangat menonjol ketimbang informasi lain sampai-sampai mudah kelihatan. Hal ini bertujuan memberikan kemudahan kepada konsumen apabila kepingin berhasil membeli kopi dengan brand tertentu dan menjadi lebih mudah dijumpai.
2. Berat kopi dalam kemasan
Berat kopi dalam kemasan memang harus selalu dicantumkan oleh para produsen kopi sebagai informasi yang sangat penting. Agar konsumen bisa membiasakan harga dengan kopi yang didapatkan. Jika berat kopi tidak dicantumkan bisa membuat kekecewaan konsumen. Karena terkadang besarnya kemasan tidak sesuai dengan isi kopi yang ada didalam kemasan.
3. Bertepatan pada kadaluarsa
Data penting yang wajib ada pada kemasan kopi kertas merupakan taggal kadaluarsa ataupun bertepatan pada expired. Setiap produsen harus menghitung berapa lama kopi bisa bertahan dan mencantumkan bertepatan pada kadaluarsa pada setiap kemasan kopi. Hal ini demi menjaga kualitas kopi dan keamanan konsumen agar tidak membeli kopi yang sudah tidak layak untuk diminum.
4. Region
Data lain yang harus ada pada kemasan kopi adalah region. Informasi region yang dimaksud ialah data mengenai dimana kopi itu tumbuh. Biasanya dipaparkan secara lengkap dari negeri, wilayah hingga nama perkembunan. Info ini diharapkan bisa menarik para konsumen karena memang ada daerah-daerah tertentu yang dipercaya memiliki kopi yang kerasanya sangat bahagia.
5. Bertepatan pada sangrai
Data umum terakhir yang harus ada pada kemasan kopi kertas ialah tanggal kapan kopi disangrai. Biasanya konsumen akan mengaplikasikan pengecekan tanggal sangrai untuk menentukan mutu dan kesegaran kopi. Kopi yang masih segar akan memiliki rasa yang jauh lebih nikmat daripada kopi yang sudah lama melewati step by step sangrai.
Data Khusus Yang Tertera Pada Kemasan Kopi
1. Varietal
Data varietal masih jarang diketahui oleh para konsumen kopi, padahal data ini pengaruhi kerasa kopi. Varietal yakni data mengenai tipe kopi yang ada pada kemasan. Banyaknya jenis kopi yang ada di indonesia mempengaruhi kerasanya. Akibatnya setiap varietal akan memiliki kerasa dan kualitas yang berbeda di setiap kemasan.
2. Langkah-langkah kopi
Pemberian data tentang step by step kopi dalam kemasan kopi kertas perlu untuk dicantumkan. Langkah-langkah kopi yang dimaksudkan yaitu proses kopi pasca panen yang biasanya dry process ataupun wet process. Langkah-langkah pengolahan kopi akan mempengaruhi rasa dari kopi itu sendiri. Ada konsumen yang lebih menyukai produk kopi dry process maupun sebaliknya.
3. Level sangrai
Tingkat sangrai dalam kemasan biasanya ditulis dengan nama level roast maupun tingkat kegelapan kopi dalam langkah-langkah sangrai. Ada beberapa level sangrai yang akan mempengaruhi kerasa. Semakin gelap level sangrai maka akan semakin getir kerasa kopi. Akibatnya dengan adanya info ini konsumen bisa menentukan tingkat sangrai sesuai dengan selera.
4. Biji dan tingkatan kehalusan
Produsen biasanya menjual kopi dalam dua tipe yakni bentuk biji kopi atau kopi bubuk. Kopi bubuk memiliki ingkat kehalusan yang berbeda ialah fine, medium dan coarse. Konsumen bisa menentukan tingkatan kehalusan kopi bubuk dari info yang ada pada kemasan kopi kertas. Akibatnya bisa memutuskan dengan pas kopi yang di impikan.
5. Ketinggian
Data ketinggian yang dimaksud yakni tingkatan ketinggian dimana kopi itu ditanam. Bagi konsumen yang sudah expert terhadap kopi pasti bisa membedakan rasa kopi dari ketinggiannya. Biasanya semakin atas kopi ditanam maka rasa yang dihasilkan semakin flavourful. Namun semua kembali lagi ke selera masing-masing konsumen.
Memberikan informasi yang jelas pada penjual kemasan kopi baik kemasan kopi kertas, plastik atau foil sangat penting. Data membantu konsumen dalam menentukan kopi pilihan yang sesuai selera. Mengingat kopi yang dibikin sangat beragam baik dari segi warna dan rasa. Sampai-sampai dapat disimpulkan memberikan info pada kemasan kopi kertas wajib ada.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H