PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA
Disusun Oleh;
   Isma Masaid 34202200003
 Tunas Prasetyo 34202200038
Prodi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidian
Universitas Islam Sultan Agung
Bapak Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd. Dosen Pendidikan Matematika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Islam Sultan Agung
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam membangun sebuah bangsa yang maju dan berdaya saing. Dalam era globalisasi yang penuh tantangan ini, kurikulum pendidikan perlu terus disesuaikan agar relevan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satu upaya terbaru dalam memperbarui sistem pendidikan di Indonesia adalah dengan penerapan Kurikulum Merdeka.
Konsep pembelajaran matematika di atas menggaris bawahi pentingnya proses interaktif antara guru dan siswa dalam mengembangkan model pembelajaran berpikir dan logis. Guru bertanggung jawab untuk merancang metode yang akan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Matematika dianggap sebagai salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebagai mata pelajaran di sekolah, matematika memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, serta membantu membangun bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan berwawasan.
Siswa juga membutuhkan pemahaman dalam matematika untuk mengatasi tantangan di dunia nyata dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, penguasaan konsep matematika menjadi keterampilan yang berharga bagi siswa dalam menghadapi kehidupan sehari-hari dan masa depannya. Dengan adanya konsep pembelajaran matematika yang interaktif dan efektif, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, dan analitis, serta mampu menerapkan pengetahuan matematika mereka dalam berbagai situasi kehidupan.
Kurikulum Merdeka adalah sebuah inovasi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Dalam konteks pembelajaran matematika, Kurikulum Merdeka membuka peluang bagi pengembangan metode-metode yang lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka didesain untuk mengintegrasikan materi-materi pembelajaran dengan dunia nyata. Guru diharapkan dapat menggunakan situasi atau masalah dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan pembelajaran. Misalnya, siswa dapat belajar tentang konsep geometri melalui pemetaan wilayah sekitar sekolah atau mencari pola matematika dalam data-data lingkungan sekitar. \Guru mempunyai peranan sangat penting dalam pembelajaran matematika disini guru juga harus membuat siswa meningkatkan kreativitas siswa. Salah satu nabfaat dari Kurikulum merdeka yaitu pengembangan kreativitas siwa yang mungkin akan menonjol jika seirang guru dapat memicu kreativitas tersebut. Guru juga harus memfasilitasi kebutuhan untuk mendorong kreatifitas siswa Dengan mengadopsi metode-metode yang lebih interaktif dan berbasis masalah, siswa didorong untuk berpikir kritis dan mencari solusi-solusi baru. Mereka tidak hanya diajarkan untuk menghafal rumus-rumus matematika, tetapi lebih ditekankan pada pemahaman konsep dan penerapannya dalam situasi yang berbeda. Untuk memicu kreatifitas siswa guru juga harus melibatkan semua siswa di kelas agar guru tahu untuk memfasilitasi siswa yang mempunyai kreatifitas yang berbeda . Hal ini dapat juga dapat  meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi mereka, yang merupakan keterampilan penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bekerja di era modern ini.
Dalam Kurikulum Merdeka ini juga memberi inovasi terhadap pembelajaran matematika bagi siswa yang sudah mempunyai basic di pelajaran matematika dan kurikulum merdeka juga dapat mendorong siswa agar minat dalam pembelajaran matematika. Karena sbagian besar siswa akan merasa sulit dan jenuh apabila diajarkan materi tentang matematika. Selain dengan kurikulum merdeka guru juga bisa menerapkan permainan dalam pembelajaran matematika agar siswa bisa beranggapan bahwa belajar matematika itu seru dan menyenangkan. Hal ini dapat memacu siswa untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan matematika.
Dapat disimpulkan nerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika, serta membantu mencetak generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan solutif. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka berpotensi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tuntutan dunia global yang semakin kompleks dan beragam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H