Oleh : Assoc. Prof.Dr.Tumiran,M.Pd
Dosen UNPAB MedanÂ
Era digital telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam hal administrasi belajar dan proses pembelajaran. SMA Swasta Darussalam Medan, sebagai institusi pendidikan yang visioner, telah mengadopsi inovasi SMART Digitalisasi untuk menjawab tantangan ini. SMART adalah akronim dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound, yang menjadi prinsip utama dalam merancang dan menerapkan strategi transformasi pendidikan. Tujuan dari transformasi ini adalah untuk menciptakan ekosistem belajar yang lebih efektif, efisien, dan relevan dengan perkembangan zaman, sekaligus mempersiapkan siswa dengan keterampilan abad ke-21.
SMART adalah sebuah akronim yang terdiri dari lima kriteria yang digunakan untuk merencanakan tujuan yang jelas, terukur, dan dapat dicapai dengan cara yang efisien. Di SMA Swasta Darussalam Medan, prinsip SMART diterapkan dalam berbagai aspek pendidikan, terutama dalam administrasi belajar dan proses pembelajaran, untuk memastikan bahwa setiap inisiatif, program, dan pencapaian dapat dinilai secara jelas dan mencapai hasil yang diinginkan.
Penerapan prinsip SMART di SMA Swasta Darussalam Medan memberikan dasar yang kuat untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai inisiatif pendidikan. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu yang jelas, sekolah ini dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada, memotivasi semua pihak yang terlibat, serta memastikan bahwa tujuan pendidikan dapat tercapai secara efisien dan efektif.
Penerapan prinsip SMART ini tidak hanya membantu dalam mencapai tujuan jangka pendek, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan budaya pendidikan yang progresif dan berorientasi pada masa depan.
Berikut adalah penjelasan luas mengenai masing-masing elemen SMART di SMA Swasta Darussalam Medan:
1. Specific (Spesifik)
Tujuan yang ditetapkan harus jelas dan terperinci, agar tidak ada kebingungannya. Setiap tujuan harus mencakup apa yang ingin dicapai, siapa yang terlibat, kapan itu akan dilakukan, di mana itu akan terjadi, dan mengapa tujuan tersebut penting.
Di sekolah SMA Swasata Daussalam Medan, setiap program dan tujuan pendidikan yang dirancang harus spesifik. Implementasi pembelajaran berbasis digital, tujuan yang spesifik adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi informasi  dengan menyertakan semua guru dalam pelatihan penggunaan sistem digital. Tujuan yang spesifik ini memberikan arah yang jelas bagi semua pihak yang terlibat, baik siswa, guru, maupun staf administrasi. Program tujuan spesifikn seperti halnya Mengimplementasikan pembelajaran menggunakan platform Google Classroom di semua mata pelajaran selama tahun ajaran 2024-2025 untuk mempermudah distribusi materi dan tugas.
2. Measurable (Terukur)