Mohon tunggu...
Tuhu Nugraha Dewanto
Tuhu Nugraha Dewanto Mohon Tunggu... Konsultan - Principal of Indonesia Applied Digital Economy & Regulatory Network (IADERN)

I am a digital and metaverse business consultant with a broad experience in various fields including consulting, training, lecturing, and digital campaign execution. My expertise lies in social media, digital transformation, integrated digital strategy, cybersecurity, and new technology such AI, blockchain, and metaverse. I have collaborated with over 100 clients across diverse industries and have been involved as a mentor in multiple startup incubation programs. In addition to my consultancy work, I am also an experienced trainer and guest lecturer, with over 2000 hours dedicated to teaching digital transformation, digital marketing, and social media. I have worked with large companies and institutions across Indonesia, and my opinions on digital marketing and social media have been featured in prestigious Indonesian media. Moreover, I have expanded my expertise to the international stage, speaking about new technologies like AI and blockchain in various countries including Dubai, Istanbul, and Singapore.

Selanjutnya

Tutup

Money

Social CRM: The Future of Social Media & Digital Strategy

3 Oktober 2012   15:58 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:18 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan Sumarketer lalu terjadi diskusi yang menarik. Dan kita akhirnya berdiskusi seru tentang beragam kampanye digital di Indonesia. Pada satu titik, diskusi mengerucut pada sebuah temuan, kampanye digital di Indonesia lebih banyak one shot campaign.

Bikin kampanye heboh, lalu kemudian selesai begitu saja. Berikutnya lagi bikin kehebohan lagi lalu selesai sudah. Tidak ada pemikiran jangka panjang, apa benang merah dari semua kampanye ini. Padahal sangat disayangkan, dari setiap kampanye yang dilakukan, ada sesuatu yang sangat berharga yang bisa dikumpulkan. Apakah itu? DATABASE.

Sebenarnya ide tentang database dan Customer Relationship Management (CRM), bukanlah hal yang baru. Intinya adalah bagaimana membuat konsumen loyal, dan membeli produk kita lagi, lagi dan lagi. Dengan begitu kita tidak perlu sibuk terus nyari pelanggan dan konsumen baru.

Tapi menariknya digital adalah, mengumpulkan database ini biayanya menjadi jauh lebih murah dibandingkan era sebelumnya. Dimana kita harus mengumpulkan data melalui sebuah event dll. Sayangnya belum banyak perusahaan yang menyadari bahwa banyak data yang bisa diminta dari konsumen, yang kemudian bisa kita manfaatkan di masa mendatang.

Namun sebenarnya Social CRM itu bukan melulu hanya mengumpulkan database, lalu membuat orang beli dan beli lagi. Dahsyatnya Social CRM, seperti yang ditulis di Social Media Examiner bisa menjadi sarana bagi brand untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan konsumennya dalam memecahkan persoalan bisnis.

Ini tentunya sebuah pandangan yang menarik, tetapi sekaligus seperti mengawang-ngawang ketika realita saat ini, brand lebih sibuk kampanye di social media dengan cara pandang ketika mereka kampanye di media konvensional.

Ketika semua pesan dari brand harus dikontrol, konsumen hanya dijadikan obyek dari sebuah pesan. Tanpa dilibatkan secara utuh, dan didengarkan untuk melakukan sebuah kolaborasi. Tapi saya sangat yakin, seiring waktu berjalan. Dan ketika e-commerce nantinya menjadi mainstream maka database, kolaborasi, dan komunitas menjadi sangat penting bagi brand.

Bagaimana kira-kira bentuk implementasinya? Database apa yang seharusnya dimiliki brand dari konsumenya? Lalu mengapa e-commerce punya peran penting mendorong Social Commerce? Nanti akan dibahas di tulisan-tulisan selanjutnya.

Saya pribadi sangat tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai hal ini, untuk mengantisipasi masa depan. Ketika para konsumen digital native beranjak dewasa, dan menjadi kaum mayoritas dalam struktur konsumen.

Tuhu Nugraha Dewanto

Follow on Twitter: @tuhunugraha

LinkedIn: http://www.linkedin.com/in/tuhunugraha

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun