Jakarta - Boundless Business Group Indonesia, perusahaan manajemen acara internasional asal Korea Selatan mengadakan konferensi pers terkait launching event akbar I AM A K-POP STAR dan Webcomics World Indonesia 2024 di Hotel Grand Hyatt pada Kamis, 7 Maret lalu.Â
Menurut Indonesia Project Manager Boundless Business Group, Glen Israel  event "I AM A K-POP STAR"  akan diadakan pada tanggal 27 Juli 2024 dan  Webcomics World Indonesia akan diselenggarakan pada 21-22 Desember 2024 di SMESCO Exhibition Hall di Jakarta mendatang. Kedua event tersebut diakui Glen akan membawa nuasa yang berbeda denga  event-event K-POP sebumnya dan event seputar komik sebelumnya.Â
Beliau mengatakan "I AM A K-POP STAR" bukan sekadar kontes dan festival biasa melainkan sebuah platform dimana calon artis dapat bersinar, terhubung dengan sesama penggemar, dan mewujudkan impian mereka menjadi idola K-pop. Baik sebagai solois atau bagian dari grup, semua orang dipersilakan untuk ikut serta dalam festival tersebut menunjukkan keahlian mereka di atas panggung.
Kata Glen, Indonesia terkenal dengan industri hiburan yang berkembang dan basis penggemar K-pop yang penuh semangat menjadi latar belakang penyelenggaraan acara I AM A K-POP STAR ini. Potensi pasar dan sektor industri hiburan KPOP yang berkembang pesat menjadikan Indonesia sebagai pilihan & lingkungan yang ideal bagi para penggemar K-pop untuk berkumpul dan merayakan kecintaan mereka terhadap genre yang dinamis ini.
Ditambahkan Glen, para bagi para kontestan yang menjadi pemenang berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai total 100 juta rupiah dan mewakili Indonesia berkompetisi pada Grand Final 2025 dengan para pemenang dari negara lain.
Sementara Global Project Manager, Ms Ashley Zhu menambahkan Event Webcomics World Indonesia 2024 merupakan terobosan baru yang mampu menyatukan pencipta, pebisnis, dan penggemar bersama-sama merayakan dunia komik web yang dinamis. Dengan fokus pada persatuan, konektivitas, dan perdagangan, Webcomics World Indonesia 2024 bertujuan mengangkat industri webcomics ke tingkat yang lebih tinggi.
Upaya Bersama Sektor Publik & Swasta untuk Mempercepat Pertumbuhan Pasar Komik Indonesia
Menurut Ashley Zhu, ukuran pasar komik web global diperkirakan akan mendapatkan momentum dengan mencapai U$ 11,12 miliar pada tahun 2028 dengan CAGR sebesar 6,1% selama tahun 2021 hingga 2028 menurut Fortune Business Insights. Indonesia berada di garis depan revolusi webcomics di Asia Tenggara, dengan pasar terbesar dan pertumbuhan tercepat di kawasan ini. Pasar komik Indonesia telah meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 15% dari tahun 2015 hingga 2020.
Laju tersebut diperkirakan akan tetap kuat dengan ukuran pasar komik sebesar U$300 juta pada tahun 2020 menjadi U$450 juta pada tahun 2025 menurut agen Manga Jepang. Berkembangnya lanskap digital dan pembentukan Asosiasi Kartun Indonesia (AKSI) bekerja sama dengan BEKRAF (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang mendorong perluasan industri ini, Boundless Business Group siap menghadapi pertumbuhan dan berinovasi menghadirkan hal yang baru belum pernah terjadi sebelumnya.
Ashley memberikan bocoran bahwa beberapa keuntungan yang dapat direbut oleh para pegiat dan professional business pada event tersebut antara lain ; Pertama terhubung dengan lebih dari 10.000 pengunjung, termasuk penggemar webcomic, profesional industri, dan calon kolaborator untuk memperkenalkan merek dan bakat Anda sambil menjelajahi beragam konten di Area Pameran.
Kedua, benamkan diri Anda dalam cosplay yang sangat realistis dan pertunjukan panggung yang dinamis, menambah keseruan pengalaman Anda. Ketiga, bertemu pencipta dan artis webcomic favorit Anda dari dekat, hadiri sesi fansign yang unik, dapatkan tanda tangan, dan ciptakan kenangan tak terlupakan. Keempat, dapat memperluas jangkauan dan pengaruh Anda dengan terhubung melalui platform, perusahaan streaming, penerbit, dan pemain industri lainnya, memfasilitasi kolaborasi dan peluang distribusi.Â
Kelima, momentum terbaik bagi peserta pameran untuk mempromosikan dan menampilkan produk buatan, memungkinkan peserta mendapatkan pengalaman langsung yang unik dengan produk Anda, dan meningkatkan niat membeli serta loyalitas brand. Keenam, momentum mempromosikan dan menampilkan produk turunan yang berkaitan dengan animasi, sastra, film, dan banyak lagi yang menampilkan potensi kreatif dan kelayakan komersial IP webcomics.
Founder & CEO Boundless Business Group Joanne Lee menambahkan,"I AM A K-POP STAR" tidak hanya tentang kompetisi, lebih dari itu tentang koneksi. Kontes dan Festival "I AM A K-POP STAR" akan menampilkan rangkaian pertunjukan, kontes, dan acara khusus yang dinamis, menawarkan pengalaman mendalam dan menggembirakan yang belum pernah ada sebelumnya kepada peserta dan penonton. Peserta akan memiliki kesempatan untuk berjejaring dengan sesama penggemar K-pop, bertukar tips dan trik, dan menjalin persahabatan seumur hidup dengan orang-orang yang berpikiran sama.
Menurutnya, event Webcomics World Indonesia 2024 menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan, memadukan kreativitas, konektivitas, dan peluang bisnis dalam satu acara yang dinamis. Bergabunglah bersama Boundless Business Group merayakan kekayaan komik web Indonesia dan jelajahi kemungkinan tak terbatas dalam dunia cerita digital. (NT)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H