Mohon tunggu...
Agung Budi Santoso
Agung Budi Santoso Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan teknik dan penulis lepas tinggal di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Engineering consultant, content creator, and traveler.

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Melirik Perbankan yang Semakin Modern

9 Februari 2014   19:47 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:00 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dunia perbankan di Indonesia mulai berlomba-lomba memberikan layanan transaksi yang semakin modern. Jika kita menabung di bank sekarang hampir semua bank sudah on-line, baik antar cabang dari bank sejenis atau antar bank berbeda jenis.

Layanan transaksi perbankan selama 24 jam termasuk di antaranya adalah :

1. ATM

Mesin ATM atau Automatic Teller Machine merupakan alat transaksi yang dapat digunakan oleh nasabah untuk tarik uang secara tunai, atau pun transaksi lainnya berupa pembayaran angsuran pinjaman, uang kuliah, rekening listrik, pembelian pulsa dan lain sebagainya. Syarat untuk melakukan transaksi ini adalah Anda harus memiliki kartu ATM dan nomor PIN yang dijaga kerahasiaannya.

2. Phone banking

Phone banking adalah transaksi perbankan melalui telepon atau ponsel. Informasi non-finansial seperti cek saldo, mutasi rekening, informasi produk, lokasi ATM dan cabang bank, permintaan cetak rekening koran, dan lain sebagainya ada dalam genggaman. Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi finansial melalui telepon. Namun terlebih dahulu aktifkan layanan phone banking Anda melalui Registrasi E-Channel yang ada di ATM.

3. SMS banking

Anda malas bolak-balik ke ATM hanya untuk cek saldo atau melihat transfer uang sudah masuk atau belum ? Manfaatkan layanan SMS banking dengan mengetik perintah dan kirim ke nomor yang sudah diberikan oleh bank, Anda bisa tahu saldo dan notifikasi ke handphone Anda jika ada uang didebet atau dikredit dari rekening Anda.

4. Internet banking

Anda bisa melakukan monitoring atas keuangan pribadi maupun bisnis dari seluruh rekening Anda yang ada di bank dengan memanfaatkan internet. Ya, sudah barang tentu Anda akan memiliki user name dan password serta alat pengaman tambahan berupa token untuk menghasilkan kombinasi angka yang selalu berubah (dynamic PIN)

5. Mobile banking

Mobile banking adalah layanan perbankan melalui handphone, dengan teknologi Java application yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana, bayar tagihan, dan isi ulang pulsa, serta mengecek saldo dan mutasi seluruh rekening yang Anda miliki dalam satu CIF (Customer Information File). Dan layanan itu bisa diakses melalui ponsel Anda.

13919496212001352233
13919496212001352233

Sekarang kita hanya datang ke kantor bank hanya untuk transaksi seperti setor uang secara tunai, atau tarik uang secara tunai jika jumlah yang akan kita ambil nominalnya sangat banyak. Atau kadang kita perlu datang ke kantor bank jika kita perlu bertemu dengan customer service dari bank untuk menanyakan hal-hal yang kita belum tahu. Untuk pengajuan kredit ke bank memang kita perlu datang ke bank. Karena layanan transaksi perbankan secara elektronik lebih fokus kepada layanan pembayaran dan layanan non finansial seperti cek saldo, cek tagihan listrik dan lain sebagaianya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun