Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dunia perbankan di Indonesia mulai berlomba-lomba memberikan layanan transaksi yang semakin modern. Jika kita menabung di bank sekarang hampir semua bank sudah on-line, baik antar cabang dari bank sejenis atau antar bank berbeda jenis.
Layanan transaksi perbankan selama 24 jam termasuk di antaranya adalah :
1. ATM
Mesin ATM atau Automatic Teller Machine merupakan alat transaksi yang dapat digunakan oleh nasabah untuk tarik uang secara tunai, atau pun transaksi lainnya berupa pembayaran angsuran pinjaman, uang kuliah, rekening listrik, pembelian pulsa dan lain sebagainya. Syarat untuk melakukan transaksi ini adalah Anda harus memiliki kartu ATM dan nomor PIN yang dijaga kerahasiaannya.
2. Phone banking
Phone banking adalah transaksi perbankan melalui telepon atau ponsel. Informasi non-finansial seperti cek saldo, mutasi rekening, informasi produk, lokasi ATM dan cabang bank, permintaan cetak rekening koran, dan lain sebagainya ada dalam genggaman. Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi finansial melalui telepon. Namun terlebih dahulu aktifkan layanan phone banking Anda melalui Registrasi E-Channel yang ada di ATM.
3. SMS banking
Anda malas bolak-balik ke ATM hanya untuk cek saldo atau melihat transfer uang sudah masuk atau belum ? Manfaatkan layanan SMS banking dengan mengetik perintah dan kirim ke nomor yang sudah diberikan oleh bank, Anda bisa tahu saldo dan notifikasi ke handphone Anda jika ada uang didebet atau dikredit dari rekening Anda.
4. Internet banking
Anda bisa melakukan monitoring atas keuangan pribadi maupun bisnis dari seluruh rekening Anda yang ada di bank dengan memanfaatkan internet. Ya, sudah barang tentu Anda akan memiliki user name dan password serta alat pengaman tambahan berupa token untuk menghasilkan kombinasi angka yang selalu berubah (dynamic PIN)
5. Mobile banking
Mobile banking adalah layanan perbankan melalui handphone, dengan teknologi Java application yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana, bayar tagihan, dan isi ulang pulsa, serta mengecek saldo dan mutasi seluruh rekening yang Anda miliki dalam satu CIF (Customer Information File). Dan layanan itu bisa diakses melalui ponsel Anda.
Sekarang kita hanya datang ke kantor bank hanya untuk transaksi seperti setor uang secara tunai, atau tarik uang secara tunai jika jumlah yang akan kita ambil nominalnya sangat banyak. Atau kadang kita perlu datang ke kantor bank jika kita perlu bertemu dengan customer service dari bank untuk menanyakan hal-hal yang kita belum tahu. Untuk pengajuan kredit ke bank memang kita perlu datang ke bank. Karena layanan transaksi perbankan secara elektronik lebih fokus kepada layanan pembayaran dan layanan non finansial seperti cek saldo, cek tagihan listrik dan lain sebagaianya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H