Mohon tunggu...
Money

Telekomunikasi Informasi Sebagai Keunggulan Strategis

17 April 2016   12:18 Diperbarui: 17 April 2016   12:33 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

NAMA : TRI YHAN GUNTUR ROCHMADHON

KELAS ES 2

NIM :E20152063

JURUSAN EKONOMI SYARI'AH

MATKUL : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

 

Peran sistem informasi itu sangat di perlukan untuk mendukung strategi bersaing bisnis sehingga keuntungan pun dapat diraih.di zaman ini siapa sih yang tidak tahu akan internet, ya internet sekarang menjadi keunggulan untuk mendapatkan informasi bagi penggunannya. Banyak sekali orang orang yang memanfaaat kan internet sebagai sarana mendapatkan informasi,memberi informasidan selain itu internet pun dapat dijadikan untuk sarana berbisnis yaitu dengan cara berjualan sepatu, baju, maupun jaket. Ya, internet sekarang sedang marak untuk dijadikan sarana berbisnis.

Adapun keunggulan keunggulan menggunakan telekomunikasi informasi dengan internet yaitu dalam kemampuan strategis : mengatasi halangan geografi yaitu kita dapat memberi kan informasi kepada konsumen walaupun dengan jarak yang cukup jauh,dengan adanya telekomunikasi melalu internet. Tetapi selain menggunakan telekomunikasi dengan internet yang mudah dan cepat, kita pun juga harus cerdik dalam membeli atau pun ber transaksi. Pasalnya di jaman ini sedang maral maraknya penipuan yang bermotif pembelian secara online.

Ada beberapa jenis jenis informasi yang harus anda ketahui yaitu :

1.  informasi relevan.

informasi relevan  yaitu dalam mengelola informasi harus sesuai dengan sebenarnya dan sesuai dengan kondisi yang ada serta sesuai dengan yang diharapkan baik oleh si pemakai maupun si pengambil keputusan.

2.  Informasi yang mempunyai nilai.

Informasi yang dihasilkan itu hendaknya mempunyai nolai yang berharga. Dengan adanya nilai yang berharga terhadap informasi tersebut maka alternatif pemilihan informasi lain tidak perlu diadakan dan bagi i pengambil keputusan akan sangat berharga sekali, waktu dan tenaga adalah faktor yang sangat penting bagi si pengambil keputusan di dalam mendatangkan hasil yang sesuai dengan ke inginan si pemakai.

Contoh: kita mau membeli hp, di online kita pun mencari informasi manakah hp yang paling murah, jika kita mendapatkan kan harga yang kita inginkan, kita pun tidak perlu mencari informasi yang lain.

3.  Informasi yang dapat di percaya.

Informasi yang disajikan harus benar benar sesuai dan bisa di pertanggung jawab kan sehingga informasi tersebut bisa di percaya orang yang membaca informasi.

Contoh nya : saat kita membaca berita informasi itu harus jelas, bagaimana kejadian nya, dimana kejadiannya dan lain lain yang dapat meyakinkan kita, bahwa berita itu dapat kita percaya.

4.  Informasi bedasarkan waktu.

Informasi yang disampaikan juga harus sesuai dengan waktu yang benar dan sesuai dengan informasi yang disampaikan nya.

5.  Informasi sasaran

Informasi yang disampaikan harus sesuai dengan sasaran yang ingin di capai, sangat disayangkab kalau informasi yang disampaikan tidak tepat sasaran.

6.  Informasi yang tepat waktu.

Informasi yang tepat waktu merupakan informasi yang disampaikan dengan secara on time dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Contoh: berita hasil skor sepak bola itu tepat waktu karena saat permainnan selesai maka skor akan diberitakan di media.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun