Tri Wahyuni
1405620003
Pendidikan Sosiologi
A. Pendahuluan
Berkembangnya teknologi pendidikan sampai saat ini memberikan warna dalam proses pembelajaran, menurut suprapno (2021: 13) Dampak teknologi pendidikan di masa pandemi yang pertama adalah terciptanya berbagai platform pembelajaran. Hal ini memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran jarak jauh. Hadirnya berbagai platform, baik aplikasi, web/blog, video, podcast, ataupun yang lainnya dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada peserta didik mengenai perkembangan teknologi. Selain itu adanya bimbingan pembelajaran jarak jauh seperti ruang guru, zenius dan lain-lain dapat menjadi jembatan peserta didik dalam belajar.
Teknologi pendidikan memudahkan peserta didik dalam mencari sumber belajar. Melihat dari media pembelajaran yang digunakan saat pandemim, peserta didik lebih leluasa mencari dan mengakses sumber belajar yang mereka butuhkan. Namun, apabila internet tidak digunakan dengan baik, peserta didik akan dapat mengakses hal-hal yang tidak dibutuhkan dan merusak moral.Â
Teknologi memberikan  kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dengan adanya teknologi pendidikan, pembelajaran lebih mudah dilakukan tanpa harus bertatap muka.
Dalam pembelajaran menggunakan teknologi juga memperlukan metode pembelajaran dimana teknologi memberikan pilihan lebih banyak untuk metode pembelajaran di masa pandemi ini. Menurut Hamdini (2011) Metode pembelajaran dapat dipandang sebagai alat yang digunakan untuk menciptakan proses belajar mengajar, pemilihan metode pembelajaran oleh guru selayaknya dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kemampuan guru, karateristik siswa, dukungan sarana dan prasarana, lingkungan, karateristik materi yang akan disampaikan, ragam sumber belajar dan media pembelajaran yang kurang tepat akan berdampak pada kenyamanan dan kualitas belajar siswa (keri, 2021)
Tentunya pendidikan dan teknologi telah berdampingan untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang baik di masa pandemi ini, metode pembelajaran online menurut Varetha Lisarani (2021: 3) Secara umuml, pembelajaran online adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan bantuan internet di mana pengajar dan peserta didik dapat berinteraksi walau tak bertatap muka langsung. Omar Et Al. (2020) Menjelaskan bahwa penyampaian pembelajaran online dapat dibagi menjadi dua, yaitu pembelajaran yang disampaikan secara synchronous dan secara asynchronous.
B. Teknologi dan Pendidikan
Teknologi kini erat sekali dengan pendidikan karena di masa pandemi ini pendidikan membutuhkan teknologi dan sebaliknya pun sama teknologi membutuhkan pendidikan. Menurut Castells (2004) menyebutkan bahwa teknologi merupakan suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.Â
menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan merupakan tuntunan hidup seseorang. Dimana tuntunan inilah yang harus diajarkan sejak seseorang masih anak-anak. Pendidikanlah yang sebenarnya menuntun menemukan kekuatan kodrat masing diri seseorang itu sendiri.Â
Dalam masa pandemi Covid-19 ini pendidikan terus berkembang bersama teknologi untuk dapat melakukan pembelajaran seperti biasa dengan segala dampak positif dan negatifnya dalam pembelajaran jarak jauh, lewat platform-platform pembelajaran hal itu akan mempermudah pembelajaran jarak jauh ini bagi peserta didik dan pengajar.